Yuk Traveling! 6 Tempat Wisata di Serang yang Harus Dikunjungi - Reservasi Travel Blog

Yuk Traveling! 6 Tempat Wisata di Serang yang Harus Dikunjungi

Travel Destinations112
Yuk Traveling! 6 Tempat Wisata di Serang yang Harus Dikunjungi Shutterstock - Wisata di Serang Banten

Travel Blog Reservasi – Sebagai ibukota provinsi Banten, Serang bukanlah kota yang memiliki tempat wisata yang menarik. Itulah yang setidaknya terlintas di pikiran kita. Tapi nyatanya, Serang memiliki ragam tempat wisata yang tidak kalah bagusnya dengan Bandung.

Penasaran? Simak 6 tempat wisata di Serang yang berhasil Reservasi.com rangkum untuk kamu.

Shutterstock – Masjid Agung Banten

1. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid peninggalan sejarah tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini didirikan pada tahun 1569. Ini artinya masjid ini sudah berumur 449 tahun! Umurnya bisa dibilang lebih lama dibandingkan saat Belanda menjajah Indonesia.

Meski berdiri di Indonesia, budaya yang ada di dalam masjid ini tidak hanya berbau Indonesia saja, lho! Masjid ini memiliki 4 perpaduan budaya yaitu Hindu, Eropa, Jawa dan China. Penasaran kan sama masjid tertua ini? Jangan lupa masukin masjid ini dalam bucket list kamu ya!

2. Makam Sultan Yusuf Maulana

Setelah berkunjung ke Masjid Agung Banten, kamu bisa mampir ke Makam Sultan Yusuf Maulana juga. Yusuf Maulana seorang pemimpin di Serang yang akhirnya mewarisi tahta kerajaan setelah ayahnya yang bernama Sultan Maulana Hasanuddin meninggal dunia pada tahun 1570.

Selama masa pemerintahannya, Sultan Yusuf Maulana berhasil menaklukkan beberapa daerah, sehingga wilayah kekuasaan Sultan Yusuf bertambah luas. Selain itu, kondisi perekonomian di Kota Serang juga bertambah baik selama masa kepemimpinan Sultan Yusuf. Hebat, kan? Jangan lupa mampir ke sini jika kamu ingin kepoin tentang Sultan Yusuf Maulana ya!

3. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk menjadi salah satu warisan tentara kolonial Belanda yang masih tersisa di wilayah Serang, Banten. Benteng ini dibangun di atas lahan yang sangat luas dan memiliki lorong-lorong yang digunakan sebagai tempat perlindungan dikala perang.

Benteng Speelwijk dikelilingi oleh dinding batu yang terlihat ikonik banget, cocok dijadikan latar belakang untuk foto di Instagram. Jika ingin berkunjung ke sini, datanglah di sore hari saat terik matahari tidak terlalu membakar.

4. Vihara Avalokitesvara

Berkunjung ke Benteng Speelwijk tidak lengkap bila kamu tidak menginjakkan kaki ke Vihara Avalokitesvara. Kedua tempat wisata di Serang ini letaknya bersebelahan satu sama lain dan hanya dipisahkan oleh sebuah sungai yang dangkal.

Di pintu masuk vihara, terdapat dua buah arca naga yang terukir cantik. Arca naga ini sering dijadikan sebagai tempat berfoto oleh wisatawan. Apalagi kalau bukan karena bentuknya yang cantik dan unik. Kalau kamu nggak mau ketinggalan, kamu bisa mampir ke sini. Lumayan lho bisa berfoto sama naga, meskipun cuma patung naga.

5. Gunung Pinang

Mau berkunjung ke tempat wisata kekinian di Serang? Ke Gunung Pinang saja! Dari atas puncak gunung, kamu dapat menikmati keindahan laut, Kota Serang, Kota Cilegon dan Pulau Panjang sekaligus. Kapan lagi kamu bisa menikmati empat pemandangan sekaligus dalam satu waktu?

Pada penasaran kan? Yuk, berkunjung ke sini! Setelah menikmati pemandangan, kamu dan teman-teman bisa melanjutkan perjalanan untuk keliling kota Serang dan Cilegon, lho!

6. Danau Tasikardi

Tempat wisata di Serang yang berbau alam juga bisa kamu dapatkan di Danau Tasikardi, lho! Danau ini diambil dari dua kata berbahasa Sunda yaitu Tasik dan Ardi yang artinya danau buatan. Menurut cerita masyarakat setempat, Danau Tasikardi dibangun pada masa pemerintahan Sultan Yusuf Maulana, sultan kedua di Banten.

Sembari bermain air danau, kamu juga bisa keliling-keliling di sekitar danau untuk melihat barang-barang peninggalan kerajaan Banten. Asyik kan? Yuk, mampir!

Jika kamu tertarik untuk menjelajahi Kota Serang, maka 6 tempat wisata di Serang di atas bisa kamu jadikan referensi. Meskipun hari libur telah usai, tapi untuk jalan-jalan dan menjelajah kota baru pasti selalu ada waktu dong ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *