Wisata Sejarah Hari 17 Agustusan, Kenapa Tidak? Ini Destinasinya... - Reservasi Travel Blog

Wisata Sejarah Hari 17 Agustusan, Kenapa Tidak? Ini Destinasinya…

Travel Destinations119
Wisata Sejarah Hari 17 Agustusan, Kenapa Tidak? Ini Destinasinya… HildaWeges Photography / Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Hari Kemerdekaan 17 Agustus lekat dengan upacara dan seremonial. Namun, kamu juga bisa mengisinya dengan wisata sejarah untuk mengenal para pahlawan lebih dekat.

Masing-masing daerah memiliki museum sesuai dengan peristiwa yang berkaitan. Kini museum bukan lagi menjadi tempat peninggalan benda bersejarah tapi juga sebagai tempat wisata berswafoto bersama.

Baca 7 Pantai yang Pernah Jadi Lokasi Upacara 17 Agustusan dalam Air

Berikut beberapa museum yang berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, seperti dihimpun Reservasi dari beberapa sumber.

Museum Perjuangan 10 November

Museum Perjuangan 10 November ini terletak persis di Jalan Pahlawan Surabaya. Lokasinya sangat berdekatan dengan kantor Gubernur dan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Selain foto sejarah, Museum ini memiliki beberapa koleksi Bung Tomo hingga koleksi senjata yang pernah digunakan semasa zaman perjuangan.

Enaknya lagi, sekarang kamu bisa jalan-jalan dengan bus sampah di Surabaya. Maksudnya, kamu bisa jalan-jalan dengan ongkos sampah daur ulang agar bisa naik bus gratis.

Bus Suroboyo menawarkan tiket gratis yang ditukar dengan botol air kemasan. Dengan menggunakan sampah tersebut kamu bisa keliling seharian selama dua jam menggunakan bus Suroboyo yang diluncurkan pada medio April 2018 lalu.

Bahkan lucunya, banyak juga warga Surabaya yang belum mengetahui keberadaan bus sampah ini. Kalau kamu tertarik untuk jalan-jalan dengan menggunakan bus sampah, cobalah untuk menukarkan sampah botol atau kemasan minuman di terminal Bungurasih, Surabaya. Dengan menggunakan bus sampah tersebut kamu bisa keliling Surabaya sepuasnya selama libur 17 Agustusan.

Museum Fatahillah

Museum ini menjadi salah satu tempat paling instagramable di Jakarta. Lokasinya sangat mudah diakses baik menggunakan Transjakarta maupun menggunakan Commuter Line dari Stasiun Kota. Kamu hanya perlu berjalan kaki saja sedikit untuk bisa mencapai Museum Sejarah Jakarta ini. Sesuai namanya, Museum ini berada di Jalan Taman Fatahillah Jakarta.

Selain bisa melihat koleksi sejarah, kamu juga bisa piknik bersama keluarga dengan menyewa sepeda tua, atau berswafoto dengan patung-patung manusia yang sudah didandani dengan aksesori para tentara dengan seragam tempo dulu. Tempat yang sangat menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Mau ke museum Fatahillah gratis? Tenang, Jakarta punya bus wisata yang stand by di depan lapangan parkir IRTI Monas Jakarta. Ada beberapa rute bus wisata Jakarta yang beroperasi.

Bus wisata yang dioperasikan merupakan bus double decker alias bus tingkat. Jadi, jangan sampai kesiangan ya untung menikmati bus wisata ini. Bisa-bisa kamu tidak akan kebagian kursi.

Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala secara khusus merupakan museum yang banyak menyimpan benda benda sejarah Tentara Nasional Indonesia. Koleksinya bukan hanya sekadar meriam tempur yang pernah digunakan namun hingga koleksi kendaraan seperti helikopter, hingga pesawat terbang yang pernah dioperasikan pada masa perjuangan.

Tak heran jika Museum Satria Mandala kerap dijadikan sebagai salah satu tempat pemotretan karena koleksi-koleksi kendaraan tempurnya yang ikonik dan sangat lengkap. Harga tiketnya pun sangat terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No 14, Jakarta Selatan.

Museum Bahari

Inilah cikal bakal perdagangan kota Batavia pada masa VOC. Museum Bahari dulunya merupakan sebuah gudang penyimpanan hasil bumi yang siap dikirim ke luar negeri. Lokasinya sangat berdekatan dengan Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Di museum inilah kamu bisa melihat langsung replika kapal Pinisi yang sangat membanggakan.

Museum Sumpah Pemuda

Museum inilah yang menjadi saksi bisu bersatunya perbedaan pemuda dari berbagai etnis dan suku bangsa. Museum ini berlokasi di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Selain lukisan dan diorama, kamu bisa melihat kembali urutan peristiwa Sumpah Pemuda secara utuh melalui bukti-bukti yang masih terawat dengan baik.

Baca 17 Kuliner Khas 17 Agustusan Hidangan Syukuran Kemerdekaan RI

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *