Wisata ke Gunung Bromo, Ini 10 Tempat yang Wajib Dikunjungi - Reservasi Travel Blog

Wisata ke Gunung Bromo, Ini 10 Tempat yang Wajib Dikunjungi

Travel Destinations132
Wisata ke Gunung Bromo, Ini 10 Tempat yang Wajib Dikunjungi shutterstock

Travel Blog Reservasi – Gunung Bromo masuk dalam jajaran wisata favorit di Indonesia. Kamu tahu nggak kalau Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif? Letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2015, namun dampak yang ditimbulkan nggak terlalu parah.

Baca Tips Membuat Video Timelapse di Gunung Bromo

Gunung ini terletak di tengah 4 kabupaten yaitu Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Keindahan alamnya sudah tersohor sampai ke mancanegara. Kalau berwisata ke sini, ada 10 tempat yang wajib kamu kunjungi selain menikmati indahnya Gunung Bromo. Yuk, simak lokasinya!

Padang rumput savana

Ini dia salah satu spot favorit di kawasan wisata Gunung Bromo. Padang rumput savana ini menjadi latar foto favorit para pengunjung atau pasangan yang tengah sedang melakukan sesi pemotretan pre wedding.

Padang rumput di sebelah tenggara Gunung Bromo ini punya pemandangan yang nggak kalah indah dari deretan savana di Afrika.

Pasir berbisik

Belum ke Gunung bromo kalau nggak menyempatkan mampir ke pasir berbisik. Sesuai namanya, lahan lapang yang sangat luas ini dipenuhi hamparan pasir di permukaannya. Ketika angin bertiup, butiran pasir yang tersapu menimbulkan suara seperti orang berbisik.

Bukit teletubbies

Selain berfoto di padang rumput savana dan pasir berbisik, bukit teletubbies juga menjadi incaran para pengunjung. Bentuknya memang seperti perbukitan di sinema anak ‘Teletubbies’ yang populer di awal tahun 2000-an.
Hamparan rumput di bukit ini asyik buat tidur-tiduran, bersantai menikmati udara sejuk di pagi hari. Bukit teletubbies juga menjadi favorit para pasangan yang akan melakukan pemotretan pre wedding.

Bukit Mentigen

Ada beberapa titik sunrise yang bisa dipilih di kawasan Gunung Bromo, salah satunya yaitu Bukit Mentigen. Bahkan nggak cuma sunrise, pemandangan sunset dari bukit ini pun nampak indah.

Dengan ketinggian yang lebih rendah dari Gunung Bromo, banyak pendaki yang tertarik menjajal jalur bukit ini. Aksesnya bisa ditempuh dengan sepeda motor atau menaiki jeep dari kawasan Cemoro Lawang.

B 29 Argosari

Gunung Bromo berdiri di atas 4 kabupaten sekaligus, makanya punya beberapa titik pendakian favorit yang mengarah ke tiap-tiap kabupaten. Jika Bukit Mentigen lebih mudah diakses dari Probolinggo, kamu yang berangkat dari arah Lumajang bisa memilih Puncak 29 Argosari.

Perbukitan ini punya banyak area perkemahan untuk para pendaki, dan menawarkan pemandangan sunrise yang nggak kalah indah di pagi hari.

Penanjakan

Puncak lainnya yang jadi favorit para wisatawan adalah Penanjakan, atau sering juga disebut Gunung Penanjakan. Kawasan ini adalah bagian lereng Gunung Bromo yang mengarah ke Pasuruan.

Kamu yang berminat mengambil paket wisata dengan fasilitas mobil jeep, pasti akan dibawa ke Penanjakan 1 dan 2. Lokasinya berdekatan dan medannya cukup mudah dilalui.

Air terjun Madakaripura

Beralih dari suasana puncak gunung dan perbukitan, ada Air Terjun Madakaripura di sekitar kawasan Taman Nasional Bromo-Semeru-Tengger. Keunikan air terjun ini adalah lokasinya, terletak di celah tebing yang membuatnya seperti tersembunyi dari dunia luar.

air terjun madakaripura bromo
shutterstock

Air terjun Coban Pelangi

Ada juga Air Terjun Coban Pelangi yang lebih hits di kalangan wisatawan ketimbang Madakaripura. Air terjun ini berlokasi di kawasan Tumpang, Kabupaten Malang.

Nggak perlu menunggu musim hujan, pengunjung selalu bisa melihat pelangi jika berkunjung pada siang hari. Pancaran sinar matahari yang mengenai air terjun menghasilkan semburat warna-warni pelangi. Seru banget nih buat latar foto!

Pura Luhur Poten

Kawasan Bromo-Semeru-Tengger juga identik dengan nuansa ajaran Hindu yang kental. Mayoritas penduduk di sini yang berasal dari Suku Tengger menganut agama Hindu. Pura Luhur Poten inilah yang dijadikan sebagai tempat ibadah.

Selain menjadi tempat suci, banyak pengunjung yang tertarik mampir ke Pura Luhur Poten untuk ziarah atau sekadar mengagumi keindahan arsitekturnya.

Bromo Milky Way

Terakhir, ada satu tempat unik di sekitar Gunung Bromo yang baru memperlihatkan kecantikannya di malam hari. Kamu pasti pernah mendengar tentang Bromo Milky Way. Kawasan perbukitan di sekitar Bromo yang asyik buat memandangi lautan bintang di langit malam.

Waktu kunjungan yang paling tepat ke Bromo Milky Way adalah pada bulan Mei – September. Langit malam sedang cerah-cerahnya di puncak musim kemarau. Jadi kamu bisa lebih puas menikmati hamparan bintang yang bersinar terang di tengah gelapnya malam. Pasti romantis banget deh suasananya!

Sudah ada rencana mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo dalam waktu dekat? Jangan lupa mampir ya ke 10 tempat di atas!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *