9 Pilihan Transportasi Umum di Thailand, Pengetahuan Wajib Sebelum Menjelajah - Reservasi Travel Blog

9 Pilihan Transportasi Umum di Thailand, Pengetahuan Wajib Sebelum Menjelajah

Travel Tips53
9 Pilihan Transportasi Umum di Thailand, Pengetahuan Wajib Sebelum Menjelajah

Travel Blog Reservasi – Terkenal dengan kuil dan deretan street food lezatnya, Thailand menjadi salah satu destinasi backpacking favorit di Asia Tenggara. Biaya hidup di sana pun relatif murah, ramah dengan kantong backpacker.

Baca Cari Tempat Wisata di Bangkok Thailand? Jangan Lupa Singgah ke Tempat Ini!

Termasuk transportasi umumnya, banyak pilihan kendaraan yang bisa digunakan untuk mengeksplor seluruh tempat menarik. Catat nih, Reservasi.com merangkum 9 pilihan transportasi umum di Thailand untuk bekalmu berwisata.

ARL (Airport Rail Link)

Di Thailand ada 2 bandara utama yang melayani penerbangan internasional, yaitu Don Mueang dan Suvarnabhumi. Jika kamu mendarat di Bandara Internasional Suvarnabhumi, ada layanan kereta cepat menuju pusat kota Bangkok.

Airport Rail Link atau ARL sebutannya, kereta cepat dengan rute pulang-pergi dari pusat kota ke bandara dan sebaliknya.

Taksi

Seperti di Indonesia, taksi di Thailand juga memasang argo yang cukup terjangkau. Ada juga beberapa jasa taksi online, dengan mayoritas sopirnya bisa berbahasa Inggris. Kalau kamu punya budget lumayan besar, naik taksi akan lebih nyaman untuk mengeksplor area dalam kota.

Songthaew

Ingin menjajal moda transportasi sejuta umat? Cobain naik songthaew atau angkot versi Thailand. Sama seperti di Indonesia, rute songthaew dibedakan menurut nomor yang tertera di bagian depan.

Bedanya dengan angkot Indonesia, pintu songthaew terletak di belakang. Jika kamu bepergian sendiri tanpa menguasai bahasa Thailand, lebih baik cari tahu dulu rute songthaew dari Google atau bertanya pada petugas penginapan.

Jangan lupa siapkan pecahan Baht kecil untuk membayar ongkosnya ya.

Tuk Tuk

Ini dia alat transportasi khas Thailand yang ikonik, Tuk Tuk punya bentuk mirip bajaj di Indonesia. Rodanya ada tiga, tapi kanan kirinya terbuka dan hanya ada penutup di bagian atap.

Tuk Tuk menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke sana. Transportasi ini memang cocok untuk menjelajahi macetnya beberapa ruas jalan di Thailand.

tuk tuk di bangkok

Transportasi sungai

Ada beberapa sungai di Thailand yang menjadi destinasi wisata, salah satunya Chao Praya yang alirannya melewati kuil Wat Arun dan Wat Pho. Nah, di sungai ini ada kapal besar dan kecil yang bisa kamu pilih.

Tarif kapal di sungai Chao Praya rata-rata 15 Baht. Bisa kurang atau lebih tergantung jarak yang ingin kamu tempuh.

Kereta api (antar kota)

Untuk berwisata antar kota, ada beberapa rute kereta api yang bisa kamu pilih. Kereta cepat atau MRT hanya tersedia di kota Bangkok saja. Sementara kota lain dijangkau dengan kereta antar kota.

Kereta di Thailand terbagi dalam beberapa kelas. Ada kelas ekonomi dan bisnis seperti kereta di Indonesia. Lalu ada juga sleeper train dengan fasilitas kasur di dalamnya.

Bus umum

Di Thailand juga terdapat bus umum yang punya 2 pilihan rute. Ada bus umum dalam kota dan antar kota yang siap memenuhi kebutuhan transportasimu. Tiket bus umum antar kota bisa dibeli sehari sebelumnya melalui petugas penginapan.

Untuk bus dalam kota, kondisinya hampir mirip kopaja di Jakarta. Ada kondektur yang akan menarik ongkos, jadi siapkan kode-kode tertentu jika kamu belum menguasai bahasa Thailand.

Mini van (antar kota)

Untuk perjalanan antar kota tersedia juga transportasi mini van yang bentuknya seperti travel di Indonesia. Ongkosnya jelas lebih mahal dari bus umum, tapi dijamin lebih nyaman dan tiketnya bisa dibeli melalui agen wisata.

Sewa sepeda motor

Terakhir, kalau kamu ingin berwisata dengan bebas di Thailand sebaiknya pilih sewa motor saja. Kamu bisa berkendara sepuasnya dengan jarak sesuai keinginan. Jadi lebih bebas juga menjangkau tempat-tempat yang nggak dilalui kendaraan umum.

Tarif sewa motor per hari rata-rata dibanderol harga 200 Baht, dengan jaminan paspor atau kartu identitas. Lebih asyik kan kalau bisa mengeksplor Thailand dengan bebas?

Buat kamu yang berencana backpackeran ke Thailand dalam waktu dekat, semoga informasi di atas cukup membantu ya!

Baca Wisata Kuliner di Bangkok, Jamin Bikin Air Liur Jatuh Deh!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *