9 Tips Solo Traveling Agar Makin Aman dan Nyaman - Reservasi Travel Blog

9 Tips Solo Traveling Agar Makin Aman dan Nyaman

Travel Tips102
9 Tips Solo Traveling Agar Makin Aman dan Nyaman

Travel Blog Reservasi – Ada saat ketika kamu ingin trip ke luar kota atau luar negeri, eh teman-temanmu pada sibuk semua. Saking pengennya, kamu malah memutuskan untuk solo traveling. Padahal solo traveling itu sedikit berisiko dari segi keselamatan, terutama bagi kaum perempuan.

Baca Tempat Liburan Solo Traveling Terbaik di Indonesia!

Agar momen solo traveling kamu tetap aman, coba terapkan 9 tips solo traveling berikut ini.

1. Simak kabar terbaru dari negara tujuan

Jika kamu sudah memiliki destinasi liburan, sebaiknya luangkan waktumu untuk menyimak beberapa kabar terbaru dari kota atau negara yang bersangkutan. Semakin banyak informasi yang didapat, semakin banyak cara antisipasi yang kamu persiapkan agar terhindar dari kejadian yang kurang mengenakkan.

2. Persiapkan mental sekuat baja

Bagi yang solo traveling untuk pertama kalinya, persiapkan mental yang kuat untuk tinggal di kota atau negara asing. Jangan malu untuk bertanya jika kamu tidak tahu arah untuk menuju suatu tempat. Siapapun pasti bersedia membantu jika kamu memintanya dengan baik dan tanpa maksud atau tujuan jelek.

3. Siapkan itinerary dari jauh-jauh hari

Tempat wisata apa yang akan kamu kunjungi sesampainya di kota atau negara lain nanti? Supaya tidak jadi orang yang hidup tanpa arah dan tujuan, siapkan itinerary jauh hari sebelum tanggal keberangkatan tiba.

Jika kamu ingin mengunjungi dua atau tiga tempat wisata sekaligus, lihat jarak antar tempat wisata. Kunjungi yang paling dekat terlebih dahulu supaya kamu tidak bolak-balik.

4. Jangan mudah mengatakan “ya”

Jika ada orang yang menawarkan bantuan tanpa diminta, jangan langsung mengatakan “ya”. Kamu seharusnya curiga, bisa saja orang tersebut bermaksud jahat kepadamu.

Memang tidak semua orang bermaksud jahat, tapi sebagian besar menghalalkan segala cara untuk maksud tertentu. Maka dari itu, jangan sungkan untuk menolak tawaran orang lain demi keselamatanmu selama traveling ya.

Shutterstock

5. Bawalah peta saat bepergian

Khusus untuk liburan di luar negeri, sebaiknya bawalah peta selama bepergian. Entah itu yang jaraknya dekat maupun jauh, selalu sediakan peta. Peta akan membantumu untuk mencari lokasi tujuan, sehingga kamu tidak perlu terlalu sering bertanya kepada orang lain.

6. Bawa power bank untuk mengisi daya

Jika kamu ingin pergi seharian, jangan lupa bawa power bank ya. Apabila handphone mati, kamu tidak kebingungan mencari tempat charger. Tinggal keluarkan power bank, daya baterai bisa langsung terisi sampai penuh. Pastikan kamu sudah mengisi power bank terlebih dahulu ya supaya bisa dipakai seharian.

7. Simpan nomor orang-orang penting

Kejadian seperti perampokan tidak bisa dihindari selama traveling. Tapi tenang, dengan menyimpan nomor  penting seperti polisi, kamu bisa langsung menghubungi dan meminta tolong kepada polisi. Apalagi di luar negeri, kasus perampokan sangat cepat diatasi, sehingga wisatawan tetap nyaman saat traveling.

Pastikan kamu benar-benar memiliki nomor darurat saat solo traveling. Utamanya meminta bantuan pada orang yang dikenal. Catat juga nomor KBRI di negara tujuan kamu untuk antisipasi jika sewaktu-waktu paspor kamu hilang atau kamu mengalami kemalangan di jalan.

8. Bawa headset saat bepergian

Bukan bermaksud untuk sombong, tapi headset ini juga berguna selama traveling. Ketika kamu sedang berada di dalam bus misalnya, kamu bisa memakai headset untuk menghindari keributan di sekitar. Tapi, tetap waspada juga agar kamu tetap menggunakannya dengan aman.

Headset bahkan menjadi sahabat terbaik bila suatu saat kamu merasa bosan. Download juga playlist terbaik untuk menemani solo traveling kamu.

9. Cari teman sesama traveller

Ini dia enaknya menjadi solo traveler karena kamu bisa lebih akrab dengan sesama traveler. Apalagi kalau kalian berdua sama-sama solo traveler. Mencari teman di tempat destinasi liburan tidak sulit kok asal kamu pintar mencari topik pembahasan yang menarik, sehingga orang lain merasa nyaman ketika berada didekatmu.

Baca Solo Traveling Makin Digandrungi Perempuan, Lirik 10 Manfaatnya Buat Kamu

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *