5 Tips Mudik dengan Mobil Pribadi - Reservasi Travel Blog

5 Tips Mudik dengan Mobil Pribadi

Travel Tips183
5 Tips Mudik dengan Mobil Pribadi Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mobil pribadi masih menjadi salah satu alternatif transportasi pilihan untuk mudik ke kampung halaman. Alasannya karena mobil bisa digunakan untuk bersilaturahmi pada saat berada di kampung halaman.

Dengan menggunakan mobil pribadi untuk mudik lebaran, keluarga bisa lebih banyak mengajak anggota keluarganya yang lain. Sebelum berangkat mudik dengan menggunakan mobil pribadi ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisa aman dan nyaman serta selamat sampai dengan tujuan.

Baca 6 Tips Cerdas yang Wajib Dipatuhi Pemudik Bersepeda Motor

Isi penuh tangki bensin

Perlu diperhatikan bahwa saat ini tol Trans Jawa sudah bisa dilewati namun beberapa ruas tol masih bersifat fungsional sehingga belum banyak fasilitas yang menunjang mulai dari tempat pengisian bahan bakar sampai dengan rest area.

Untuk menghindari kesulitan mencari tempat pengisian bahan bakar sebaiknya tangki bensin kendaraan kendaraan sudah diisi penuh sejak dari rumah. Sehingga ketika berada di tol fungsional tidak perlu lagi repot untuk mencari bahan bakar.

Pastikan untuk mengecek kondisi bahan bakar jangan sampai kurang dari 50 persen. Tujuannya agar bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan seperti kemacetan di beberapa titik.

Isi penuh kartu e-toll

Bagi keluarga yang hendak mudik melewati tol Trans Jawa atau melewati jalur utara Pulau Jawa sebaiknya mengisi penuh kartu e-toll Anda.

Biaya tol dari Jakarta hingga Surabaya diperkirakan sekitar Rp500.000 untuk satu kali perjalanan.

Biaya tol tersebut jika dikalkulasi memang cukup mahal. Namun dengan menggunakan tol trans-jawa Anda bisa memotong durasi perjalanan sehingga menjadi lebih cepat.

Jika dalam waktu normal bisa ditempuh dengan waktu 18 jam, sedangkan dengan menggunakan jalur tol Trans Jawa bisa ditempuh dalam waktu sekitar 12 jam saja.

Namun perlu diantisipasi bahwa pada saat mudik lebaran volume kendaraan akan mengalami peningkatan Jadi kemungkinan durasi perjalanan melalui tol Trans Jawa bisa jadi lebih lama dari yang sudah diperkirakan.

Bawa minum dan camilan

Meskipun sudah menentukan waktu keberangkatan pada saat bulan puasa namun tidak ada salahnya membawa bekal berupa minuman dan juga camilan terutama jika membawa serta anak-anak.

Jangan memaksa anak-anak untuk tetap berpuasa selama berada dalam perjalanan. Perjalanan yang panjang lebih dari 6 jam akan menguras energi serta konsentrasi anak-anak. Untuk itu agar perjalanan menyenangkan dan tidak membuat mereka rewel Tidak ada salahnya bagi mereka untuk berbuka selama berada dalam perjalanan.

mudik lewat darat
shutterstock

Pastikan kondisi kendaraan prima dengan mengecek 3 hal ini

Ada tiga hal yang perlu diperiksa sebelum menggunakan mobil pribadi untuk mudik lebaran di antaranya adalah mengecek air radiator Kemudian yang kedua adalah mengganti oli mesin dan yang terakhir adalah mengganti kampas rem.

Tiga hal tersebut sudah menjadi salah satu tolak ukur untuk bisa mudik lebaran dengan aman dan nyaman. Namun akan lebih baik lagi jika memeriksakan kondisi kendaraan dan juga kondisi ban ke bengkel terdekat sehingga bisa dianalisa dan diperiksa apa yang perlu diganti atau apa yang perlu diperbaiki.

Waspada dalam kondisi darurat dan modus kejahatan di jalan

Meskipun dalam kondisi mudik lebaran tetap harus waspada dengan beberapa modus di perjalanan misalnya seperti ketika mobil mengalami pecah ban jangan sampai lengah dan Berhentilah di tempat yang aman meskipun dalam kondisi rombongan.

Selain itu Jangan mudah percaya dengan prediksi atau analisa dari montir-montir yang belum qualified. Beberapa atpm kendaraan memberikan layanan bengkel mudik yang siap melayani para pemudik selama mudik lebaran.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *