6 Tips Menghindari Rasa Kantuk Selama Perjalanan Arus Balik - Reservasi Travel Blog

6 Tips Menghindari Rasa Kantuk Selama Perjalanan Arus Balik

Travel Tips116
6 Tips Menghindari Rasa Kantuk Selama Perjalanan Arus Balik shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kembali dari kampung halaman ke Jakarta dengan jarak tempuh yang jauh acap kali membuat pengemudi mengantuk. Jika perjalanan tetap dipaksakan, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan yang tidak diharapkan. Menghindari rasa kantuk tidak sulit kok.

Memaksakan diri untuk mengemudi saat mata sedang tidak bersahabat sebaiknya jangan dilakukan, apalagi di tengah arus balik yang sama-sama padat.

Baca 5 Tanda Kelelahan Saat Mengemudi, Segeralah Menepi

Alangkah baiknya jika perjalanan dihentikan sejenak, dan biarkan supir beristirahat apabila rasa kantuk sudah tidak tertahankan lagi. Selain itu, ada 6 tips lain yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa kantuk diantaranya:

1. Hindari makanan berkarbohidrat tinggi

Mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi ternyata menjadi pemicu utama rasa kantuk. Bagi yang ingin menempuh perjalanan yang cukup jauh, hindari sarapan nasi atau roti di pagi hari. Ganti makanan tersebut dengan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti telur, susu, buah-buahan, atau sayuran hijau. Makanan berprotein sangat ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk. Kalau perlu, siapkan bekal makanan yang mengandung protein tinggi pula untuk di perjalanan.

2. Lakukan olahraga ringan di perjalanan

Kalau rasa kantuk sudah mulai menyerang, lakukanlah olahraga ringan seperti peregangan kaki, tangan, kepala, dan otot leher. Olahraga ringan seperti ini bisa dilakukan saat mengisi bensin, singgah di supermarket, ataupun di dalam mobil itu sendiri. Pastikan otot-otot tubuhmu sudah enakan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Memutar musik atau lagu favorit

Suasana tenang di perjalanan sebaiknya harus dihindari karena hal ini dapat memicu rasa kantuk. Untuk menghilangkannya, putarlah musik atau lagu favoritmu lalu bernyanyilah sampai rasa kantuk tersebut hilang.

Bernyanyi selama di perjalanan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, bukan hanya ampuh menghilangkan rasa kantuk tapi juga ampuh menghilangkan rasa bosan. Sehingga perjalanan yang cukup jauh sekalipun bisa dilalui tanpa rasa lelah yang berarti.

playlist mudik

4. Mengajak teman untuk mengobrol

Selain memutar musik atau lagu favorit, kamu juga bisa mengajak orang yang duduk di sampingmu untuk mengobrol. Buka dengan obrolan yang menyenangkan agar orang tersebut betah mengobrol denganmu. Walau sedang asyik mengobrol, kamu tetap harus menjaga konsentrasi saat menyetir ya. Perhatikan kendaraan di samping kiri, kanan, depan, dan belakang. Jangan sampai karena keasikan mengobrol kamu jadi tidak fokus dan menabrak sesuatu.

5. Jauhi alkohol dan obat-obatan terlarang

Selain karena faktor kecepatan, kecelakaan mobil juga disebabkan karena konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Jika kamu ditunjuk menjadi supir untuk perjalanan mudik nanti, sebaiknya jauhkan dirimu dari minuman beralkohol dan segala bentuk obat-obatan. Sebab keduanya dapat bereaksi dengan cepat untuk menurunkan tingkat kesadaran seseorang. Jika kamu ingin menenggak obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu dalam satu atau dua hari sebelum berangkat mudik.

6. Mengemudi dengan santai

“Biar lambat asal selamat”, ungkapan inilah yang harus kamu pegang teguh selama menyetir nanti. Bukankah mengemudi santai menjadi penyebab utama munculnya rasa kantuk? Tidak selamanya ya! Terburu-buru saat mengemudi justru akan menguras tenaga, sehingga kamu cepat kelelahan. Jadi akan lebih baik jika kamu mengemudi dengan santai dan tenang, apalagi di tengah arus mudik yang begitu padat. Alhasil, kamu dan keluarga dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan tentunya dalam keadaan sehat.

Demikianlah 6 tips kembali ke Jakarta dalam arus balik agar tidak ngantuk yang bisa Reservasi.com berikan kepada kamu. Semoga perjalanan mudikmu tahun ini terasa menyenangkan dan pastinya selamat sampai tempat tujuan!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *