Tips Liburan Anti-Bokek Sehabis Mudik, Gak Bikin Kantong Bolong - Reservasi Travel Blog

Tips Liburan Anti-Bokek Sehabis Mudik, Gak Bikin Kantong Bolong

Travel Tips238
Tips Liburan Anti-Bokek Sehabis Mudik, Gak Bikin Kantong Bolong pexels

Travel Blog Reservasi – Momen Lebaran sudah berlalu, sekarang saatnya untuk kembali memulihkan kantong yang terkuras setelah mudik dan bagi-bagi THR.

Pada momen ini, kita dipaksa cermat mengelola uang agar kondisi keuangan kembali stabil seperti semula. Tapi apa jadinya kalau kita masih ingin menikmati liburan di sela-sela waktu libur yang tersisa, padahal kantong sudah menipis?

Baca Banyak Tempat Wisata Gratis, Yuk Liburan Murah ke Kuala Lumpur Sekarang!

Jangan jadikan uang sebagai penghalang kebahagiaan. Terapin tips liburan anti-bokek yang sudah berhasil Reservasi.com rangkum berikut ini.

1. Pilih destinasi wisata dalam negeri

Berhubung sisa liburan tidak panjang dan kantong sudah menipis, sebaiknya pilihlah destinasi wisata dalam negeri. Kalian bisa pergi ke Bali, Bandung, Yogyakarta, atau Malang untuk beberapa hari. Empat kota ini menjadi destinasi wisata favorit karena memiliki bentang alam yang memukau. Selain itu, sajian kulinernya juga sangat beragam. Sembari menikmati pemandangan, sembari icip-icip kuliner juga, asik kan?

2. Pilih tanggal keberangkatan pada hari kerja

Mumpung Lebaran sudah usai, harga tiket pun sudah kembali normal. Meskipun begitu, kalian harus tetap bijak terutama kalau ingin beli tiket pesawat.

Hindari membeli tiket di akhir pekan, tapi belilah tiket saat hari kerja, misalnya Hari Rabu. Sebab perbandingan harga tiketnya lumayan lho. Selisih harga tiketnya bisa kalian pakai untuk membiayai keperluan lain.

perempuan cantik di kamar hotel
pexels

3. Manfaatkan promo maskapai dan penginapan

Meski momen lebaran telah berakhir, tapi yang namanya promo akan tetap berlanjut sampai kapanpun. Luangkan waktu kalian untuk mengecek promo menarik dari maskapai penerbangan dan tempat penginapan. Meskipun promonya berupa potongan diskon Rp 100 ribu saja, tapi jumlah ini sudah sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran. Jadi jangan disia-siakan ya!

Untuk mengetahui promo yang ditawarkan oleh Reservasi, kamu bisa cek di halaman berikut ini.

4. Kurangi intensitas makan di restoran

Ini nih yang gak kalah pentingnya dengan poin yang lain. Meskipun berstatus sebagai wisatawan di tempat orang, tapi usahakan untuk live like a local!

Misalnya saat makan siang atau malam, jangan keseringan mampir di restoran atau kafe saja karena kalian harus icip-icip makanan kaki lima yang ada di kota tersebut. Aneka makanan yang dijual di kaki lima juga gak kalah enaknya lho jika dibandingkan dengan makanan di restoran atau kafe. Apalagi harganya murah. Cocok banget buat kalian yang ingin tetap irit saat liburan.

5. Perhitungkan durasi berlibur

Perencanaan waktu liburan sangat bagus agar liburan kalian efektif, efisien, dan pastinya hemat. Jangan sampai waktu liburan hanya dihabiskan untuk menginap di hotel, menonton tv, atau mendengarkan lagu.

Kalau kegiatannya seperti ini, ngapain kalian liburan karena kalian bisa lakuin semua ini di rumah sendiri. Jangan sia-siakan kesempatan liburan yang kalian miliki. Ayo berpetualang, kunjungi tempat wisata, dan cicipi sajian kuliner lokal supaya liburan lebih berkesan.

liburan murah di Bali
shutterstock

6. Ajak rombongan untuk liburan bareng

Solo traveler memang asik, tapi sedikit membosankan karena kalian harus melakukan semua hal sendirian. Ajaklah keluarga, teman, atau sahabat untuk liburan bareng.

Kalau perlu kumpulkan semua pasukan yang ingin liburan dan jadikan satu rombongan. Berlibur dengan rombongan tentu lebih murah, terutama untuk penginapan. Sebab kalian gak perlu menyewa hotel yang biayanya cukup mahal, tapi langsung satu rumah untuk menginap selama beberapa hari.

7. Gunakan angkutan umum untuk bepergian

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 4, live like a local! Gunakan angkutan umum kemanapun kalian pergi. Jika jarak tempat yang ingin dikunjungi dekat, kalian bisa jalan kaki.

Cara ini sangat efektif untuk menekan pengeluaran selama liburan. Jadi sebisa mungkin hindari alat transportasi online karena biayanya lebih mahal.

Ingin liburan tapi kantong menipis? Coba dulu tips yang sudah Reservasi.com jelaskan di atas agar liburan jauh lebih hemat.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *