20 Tempat Wisata di Banyuwangi Pikat Turis Asing - Reservasi Travel Blog

20 Tempat Wisata di Banyuwangi Pikat Turis Asing

Travel Destinations873
20 Tempat Wisata di Banyuwangi Pikat Turis Asing

Travel Blog Reservasi – Jika kamu bosan berwisata ke Bali, Bandung dan Yogyakarta, sudah saatnya menjejakkan kaki di Banyuwangi. Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur berbatasan dengan Bali yang dipisahkan dengan selat Bali.

Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur dan di Pulau Jawa. Tak heran jika keanekaragamannya yang lengkap mulai dari satwa hingga tumbuhan tumbuh subur dan gembur di Banyuwangi. Salah satu yang menarik adalah keberadaan suku asli yaitu suku Osing yang masih memegang nilai-nilai leluhur.

Selain Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran yang disebut-sebut sebagai padang savana Afrika di Indonesia. Masih banyak tempat wisata di Banyuwangi yang kini sudah memikat turis asing. Lokasinya yang dekat dengan Bali sehingga memiliki keindahan yang tak berbeda jauh dengan pulau dewata tersebut.

Baca 15 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

1. Pantai Pulau Pandanan

Inilah satu-satunya pantai di Banyuwangi Jawa Timur yang diproyeksikan akan menjadi salah satu pantai yang hanya dikhususkan untuk perempuan semata. Jadi, para kaum Hawa tidak perlu merasa malu dan risih karena pantai ini akan dikelola khusus untuk para pengunjung perempuan dan anak-anak.

2. Bukit Mondoleko

Inilah salah satu wisata gardu pandang di Banyuwangi yang menyajikan panorama indah di Jawa Timur dari ketinggian. Bukit Mondeleko menawarkan pemandangan dengan latar belakang deretan pegunungan Raung yang indah. Tak heran jika spot wisata ini sangat dikenal di kalangan anak muda penggemar selfie.

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini memang lebih populer sebagai tempat swafoto anak muda. Apalagi saat ini memang tengah hits dengan wisata yang memiliki fasilitas gardu pandang. Tak heran jika popularitasnya cepat menanjak dibanding tempat wisata di Banyuwangi lainnya.

3. Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

A post shared by Land of Osing Banyuwangi (@landos.banyuwangi) on


Green Bay atau populer disebut Teluk Hijau memiliki kawasan yang masih alami dan asri dengan pepohonan khas pesisir pantai. Pasir putih yang bersih dan air laut yang hijau toska membuat pantai ini berbeda dengan beberapa pantai lainnya di Banyuwangi.

4. Pantai Plengkung


Warga Indonesia mungkin juga heran jika tahu bahwa Pantai Plengkung ini termasuk salah satu pantai terbaik di Indonesia yang menjadi spot selancar para peselancar asing dari luar negeri. Pantai Plengkung disebut G-Land karena memiliki ombak tinggi hingga mencapai 6 meter. Tak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai The Seven Giant Wave Wonder yang masuk jajaran pantai terbaik bagi peselancar di dunia kedua setelah Hawaii.

Baca Bukan di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Hits di Jawa Timur

5. Pantai Sukamade


Pantai Sukamade merupakan kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai inilah yang kerap dikunjungi penyu-penyu yang hendak bertelur. Tak heran jika kawasan ini mejadi salah satu pusat konservasi tukik. Kamu bisa mengamati penyu yang sedang bertelur di malam hari sekaligus melepaskan tukik ke laut lepas.

6. Pantai Pulau Merah


Pantai Pulau Merah memiliki air laut yang bening dan panorama Gunung Tumpang Pitu yang berdiri kokoh si pinggir pantai. Ombak Pantai Pulau Merah termasuk berbahaya sehingga mampu menyeret ke tengah lautan. Pengelola sudah memberikan tanda zona berbahaya yang tidak boleh dijadikan tempat untuk berenang.

7. Waduk Bajulmati


Tak ada yang menyangka bahwa Waduk yang dijadikan sumber irigasi ribuan hektar sawah di Banyuwangi dan Situbondo ini merupakan waduk buatan yang terlihat sangat alami. Waduk ini bahkan disebut-sebut mirip sekali seperti miniatur Wayag, Raja Ampat di Papua. Lokasinya sangat dekat dengan Taman Nasional Baluran, dengan jarak hanya sekitar 5 kilometer.

8. Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi


Tak perlu jauh-jauh ke hutan Amazon untuk menikmati pesona hutan bakau dan pengalaman unik menyusuri sungai dengan perahu. Karena, Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi menawarkan sensasi yang tak jauh berbeda. Tempat wisata di Banyuwangi ini memiliki luas sekitar 1.350 hektar, Hutan Mangrove ini menjadi habitat satwa khas pesisir pantai. Kamu juga bisa sekaligus berkeliling dengan perahu menikmati ekowisata di Taman Nasional Alas Purwo.

9.  Kawah Biru Ijen

pesona-kawah-ijen-2
shutterstock

Salah satu pesona yang paling langka di dunia ternyata ada di Banyuwangi. Benar, pesona blue fire atau kawah berwarna biru ini hanya ada dua di dunia. Satu di Islandia dan satunya lagi ada di Kawah Ijen, Banyuwangi. Jadi, rasanya tak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak berkunjung ke Kawah Ijen ini. Tempat wisata di Banyuwangi inilah yang paling diincar oleh turis asing dari berbagai negara.

Baca 50 Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Hits

10. Savana Baluran

taman nasional baluran jawa timur
shutterstock

Untuk menyaksikan banteng dan kerbau liar di habitat aslinya yang paling tepat adalah mengunjungi Taman Nasional Baluran. Tempat wisata terfavorit di Jawa Timur ini bahkan disandingkan dengan padang savananya Afrika. TNB punya koleksi burung liar hingga 155 jenis dan 26 mamalia yang lepas di alamnya. Salah satu diantaranya adalah Macan Tutul. Next…

Baca Banyuwangi, Jawa Timur dan Tiket Murah ke Banyuwangi

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

2 thoughts on “20 Tempat Wisata di Banyuwangi Pikat Turis Asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *