Mau Cari Tempat Sarapan Enak di Semarang? Cek Aja Daftar Ini Bosque

Awali Pagi di Semarang, Mampir Dulu ke 8 Tempat Sarapan Legendaris

Travel Destinations305
Awali Pagi di Semarang, Mampir Dulu ke 8 Tempat Sarapan Legendaris shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bicara soal Semarang, apa yang terlintas di benakmu mendengar ibu kota Jawa Tengah ini? Rata-rata pasti menjawab Lawang Sewu dan lunpia, dua ikon kota Semarang untuk urusan wisata serta kulineran. Tapi nggak cuma dua hal itu, ada banyak tempat sarapan enak di Semarang yang menarik untuk dieksplorasi.

Sebelum mulai menjelajah dan berwisata, ada baiknya sarapan dulu mengisi tenaga. Reservasi.com merangkumkan 8 tempat sarapan enak di Semarang berikut ini. Yuk, catat lokasinya!

Baca 50 Wisata Semarang Paling Hits yang Direkomendasikan oleh Google

Warung Asem-asem Koh Liem

Kawasan pecinan Semarang bisa dibilang sebagai pusat kuliner enak. Tapi rata-rata menjual olahan daging non halal, sehingga pengunjung yang beragama Islam harus lebih jeli. Salah satu kulinernya yang wajib dicoba adalah Asem-asem Koh Liem.

Kedai legendaris di Jalan Karang Anyar, Gabahan ini menjajakan asem-asem daging dan aneka chinese food. Warung Koh Liem buka dari jam 7 pagi, bisa buat sarapan nih!

Soto Kudus Mbak Lin

Nggak perlu ke Kudus untuk mencicipi kelezatan soto khasnya. Warung Soto Kudus Mbak Lin di dalam Taman Kuliner Ventura Semarang bisa kamu kunjungi sejak jam 7 pagi. Cocok nih, kuahnya yang segar dan hangat bisa menghangatkan perut di pagi hari.

Taman Kuliner Ventura berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro, tepatnya di seberang Stadion Diponegoro Semarang.

Soto Bokoran

Selain Soto Bangkong yang legendaris, Semarang juga punya soto bokoran yang nggak kalah lezat. Kalau kamu kurang suka nasi soto yang dicampur, katakan di awal saat memesan. Soto bokoran menyajikan nasi, isian dan kuah soto jadi satu dalam satu mangkok kecil.

Warung soto bokoran berlokasi di Jalan Plampitan, agak masuk sedikit dari ruas Jalan Gajah Mada. Buka dari jam 6 pagi sampai jelang sore, soto bokoran juga nikmat dijadikan menu makan siang.

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Apa saja kuliner khas Semarang yang sudah kamu tahu? Selain lunpia, bandeng presto dan tahu gimbal, kamu wajib mencoba kelezatan mie kopyok. Salah satunya yang legendaris adalah mie kopyok Pak Dhuwur di Jalan Tanjung, kawasan Sekayu.

Jika menaiki kereta api menuju Semarang dan tiba di Stasiun Poncol pada pagi hari, langsung saja menuju warung mie kopyok Pak Dhuwur. Jaraknya cukup dekat, bisa dengan menaiki becak atau ojek.

Seporsi mie kopyok berisi mi kuning, potongan tahu dan taoge lalu disiram kuah bawang bening. Di atasnya ditaburi kerupuk yang sudah diremuk dan bawang goreng. Warung mie kopyok Pak Dhuwur ini buka dari jam 7 pagi.

Gudeg Abimanyu

Siapa bilang gudeg cuma ada di Yogyakarta? Mampir dulu ke gudeg Abimanyu Semarang. Lokasinya ada di Jalan Abimanyu VI, kawasan Pindrikan Lor. Warung gudeg ini juga dekat dengan Stasiun Poncol lho! Buka dari jam 6 pagi, pas banget nih buat sarapan.

Toko Oen

Kalau ngomongin rumah makan legendaris di Semarang, Toko Oen wajib masuk dalam daftar. Resto tua ini masih kokoh berdiri sampai sekarang tanpa mengubah bentuk bangunan asli dan desain interiornya.

Meski baru buka jam setengah 10 pagi, banyak pengunjung yang mampir untuk sarapan dengan menu-menu masakan tempo dulu. Kalau kamu tertarik, Toko Oen berlokasi di Jalan Pemuda no. 52, Pandansari Semarang.

Nasi Ayam Bu Pini

Ada satu lagi kuliner khas Semarang yang cocok dijadikan sarapan. Sudah pernah coba nasi ayam? Sekilas mirip nasi liwet khas Solo, berisi sayur labu siam, suwiran ayam dan kuah santan kental yang disiram di atasnya.

Nasi ayam sebenarnya termasuk kuliner malam. Tapi kamu bisa juga menikmatinya saat sarapan dengan mengunjungi warung Nasi Ayam Bu Pini. Lokasinya ada di Gang Pinggir, Kranggan kawasan pecinan Semarang.

Warung ini buka 2 kali dalam sehari, pertama dari jam 6 pagi – 1 siang lalu dilanjut pada jam 5 sore – 11 malam.

Bubur Ayam Pak Soleh

Kalau yang satu ini adalah menu sarapan sejuta umat. Ada beberapa warung bubur ayam enak di Semarang, salah satunya milik Pak Soleh yang berlokasi di Tembalang, sekitar kawasan kampus Universitas Diponegoro.

Buka dari jam 6 pagi, kedai yang berlokasi di wilayah Bulusan, Tembalang ini selalu ramai pengunjung. Nggak cuma mahasiswa, para pelanggannya dipuaskan dengan porsi besar, potongan ayam melimpah dan kuah gurihnya. Hmm, jadi makin lapar nih!

Sudah dicatat semua lokasinya? Yuk, langsung susun agenda liburan ke Semarang!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *