Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

Travel Tips321.2K
Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

Travel Blog Reservasi – Saat berencana untuk traveling ke luar negeri, hal pertama yang nggak boleh kamu lupakan adalah membawa paspor.

Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara.

Jadi, kalau kamu belum memiliki barang wajib ini tapi sudah buat rencana perjalanan liburan ke luar negeri sebaiknya segera bikin paspor dari sekarang deh.

Untuk kamu ketahui, pembuatan paspor saat ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan tahun sebelumnya lho. Nggak cuma dengan cara manual, kamu pun bisa membuatnya secara online atau melalui Whatsapp.

Supaya kamu nggak bingung, simak yuk ulasan lengkap pembuatan paspor berikut ini!

Syarat Pembuatan Paspor Baru

Pembuatan Paspor Baru
shutterstock.com

Sebelum membuat paspor baru, ada beberapa syarat yang kamu penuhi terlebih dahulu. Ketentuan tersebut meliputi beberapa dokumen asli dan fotokopi yang harus dibawa ke kantor imigrasi setempat.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu bawa:

  • E-KTP asli dan fotokopi
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • Materai

fikdesign

Pembuatan Paspor Baru Secara Manual

1. Datanglah ke kantor imigrasi setempat yang ada di wilayah kabupaten atau kota tempatmu tinggal. Usahakan datang pagi hari sebelum pukul 12.00, sebab jumlah pemohon hanya dibatasi 200 orang setiap harinya.

2. Jangan lupa untuk bawa seluruh dokumen yang sudah dipersiapkan ya.

3. Setelah sampai, isi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket permohonan paspor kantor imigrasi. Pastikan mengisi data sesuai dengan informasi yang ada di dokumen resmi.

4. Jika sudah selesai, kamu bisa menyerahkan formulir tersebut ke loket untuk pembuatan paspor baru untuk mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal pengambilan sidik jari dan foto.

5. Setelah melalui proses pengambilan sidik jari dan foto, tahap yang harus kamu lewati adalah tahap wawancara. Wawancara ini dilakukan untuk memverifikasi dokumen asli dengan keterangan yang ditulis di formulir pembuatan paspor.

6. Kalau semua tahapan ini telah selesai kamu lalui, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Jika sudah, kamu akan mendapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan bisa diambil.

Pembuatan Paspor Baru Secara Online

blog.reservasi.com

Untuk kamu yang ingin menghindari antrian panjang saat membuat paspor, sebaiknya lakukan langkah secara online yang lebih praktis dibandingkan dengan cara manual.

1. Unduh aplikasi Antrian Paspor Online resmi.

2. Daftarkan diri kamu dengan mengisi identitas lengkap yang tertera dalam aplikasi antrean paspor. Setelah daftar, akun kamu akan diverifikasi melalui email.

3. Login kembali setelah akun terverifikasi.

4. Pilih kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggalmu.

5. Lengkapi data permohonan antre paspor. Data tersebut meliputi tanggal rencana pengurusan paspor.

6. Cek kembali jadwal antre yang kamu ajukan apakah sudah disetujui atau belum.

7. Jika sudah disetujui, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal. Tunjukan barcode saat datang ke sana untuk mendapatkan bukticetak nomor urut panggilan.

8.  Tunggu hingga mendapatkan panggilan, lalu serahkan berkas pengurusan paspor dan melakukan pembayaran. Tunggu hingga semua proses berhasil dilakukan.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh ponsel Android dengan sistem operasi minimal 4.2 (Jelly Bean) dan di atasnya. Lanjut…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Firstrianisa Gustiawati

1,913 thoughts on “Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

  1. siang blog reservasi saya mau nanya
    apa bisa hari berfoto nya mundur ? karena terhimpit pekerjaan masuk pagi dan belum bisa ambil cuti . apakah bisa hari berfoto itu mundur ? atau bisa di reschedule ?
    kalau bisa balas di email : fidianij@gmail.com
    tq reservasi !

  2. Ass..
    Mas sy rncana mau ke malaysia bulan juni nanti.. tp ada kendala di nama saya krn spasi, dan KK asli jg blm kluar dr dispenduk cm dpt ftokopiam sj. Dan apkah utk membuat pasport hrs sdh membeli tiket trlbih dhulu? Trmaksih

  3. Maaf pak mau nanya.. Saya punya 1 aplikasi tapi saya buat daftar untuk 3 orang… Semuanya saya kasih (pribadi) dan ketiganya dapat barcode… Apakah bisa… Kalau memang tidak bisa apa kah ke 3 pendaftar di batalkan oleh pihak imigran… Makasih sebelum nya

    1. Maaf mas sya mau nanya juga,ktp sya ktp padang mas.mau bikin paspor di jakarta.apa harus mintak surat domisili dlu mas,ktp sya udh elektrik kok

  4. Bos diatas diterangkan kalau gak ada akta asli bisa diganti dengan dokumen yg lain seperti ijasah, tapi komen penjelasan diatas ini bilang kalau akta harus asli, jadi yg benar yg mana?
    Dan saya juga mau nanya, saya asli semarang dan lagi kerja di pekanbaru, mau bikin pasport di pekanbaru ,di atas diterangkan kalau harus pakai surat keterangan?
    Surat keterangan apa bos? Dan itu dibuat di pekanbaru atau disemarang surat keteranganya?
    Terimakasih

    1. Akte lahir mas harus ada aslinya, klo g ada akte bisa ganti pk dokumen resmi lain misal akte nikah, surat baptis dll yg disebutkan di atas.

      Ektp, KK wajib ya.

      Klo ktp Semarang mau urus di Pekanbaru itu kan beda pulau. Mas minta surat keterangan dulu ke catatan sipil mau urus paspor di pekanbaru. Surat keterangannya ya buat di pekanbaru tempat mas mau ngurus paspor.

  5. Tolong minta infonya,, 1 antrian online bisa 5 org apa harus dalam 1 kk? Kalau beda kk boleh ngak ya??
    Dan jika dokumen semua ada hanya tidak ada akte bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *