Menikmati Keindahan dari Tempat Wisata Situ Gunung Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi

Situ Gunung Sukabumi, Tempat Wisata yang Indahnya Kebangetan!

Travel Destinations5.7K
Situ Gunung Sukabumi, Tempat Wisata yang Indahnya Kebangetan! Pemandangan Alam Situ Gunung Sukabumi (Instagram @isnaenikoestianti)

Travel Blog Reservasi – Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki potensi tempat wisata yang sangat indah dan banyak sekali. Salah satunya Situ Gunung Sukabumi.

Berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Situ Gunung Sukabumi ini terletak pada ketinggian kurang lebih 850 mdpl dengan menyajikan panorama alam yang indah dan ditambah lagi dengan udara yang segar dan bisa membuat kamu betah di tempat ini.

Indahnya Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung Sukabumi
Dananu Situ Gunung Sukabumi (Instagram @djeproet)

Tak hanya keindahan alamnya saja, di sini kamu bisa bersantai dan piknik di pinggi danau yang berada di Situ Gunung Sukabumi. Tak jarang para wisatwan yang berdatangan dengan memasang maupun menyewa tenda di tempat ini.

Situ Gunung Sukabumi
Mengelilingi Danau di Situ Gunung Sukabumi (Instagram @isnaa_c)

Selain berkemping, para wisatawan juga bisa diajak berkeliling dengan menggunakan perahu kayu sambil keliling danau. Selain itu, jika sudah menginjakan kaki di Situ Gunung Sukabumi kamu wajib banget nih, nyobain air terjun Curug Sawer yang letaknya tak jauh dari lokasi sekitar.

Situ Gunung Sukabumi
Situ Gunung Sukabumi (Instagram @zularmain91)

Para pelancong yang datang bisa mengabadikan momen dengan berfoto di sekitar. Lihat saja, Situ Gunung Sukabumi benar-benar menyajikan keindahan alam yang luar biasa dan bisa membuat kamu betah dan ingin berlama-lama di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Situ Gunung

Tapi, untuk bisa berkunjung ketempat ini, para wisatawan nantinya akan dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp 5.000 per orangnya. Hmm, harga yang ditawarkan tentunya terbilang sangat murah. Dengan mengeluarkan kocek lima ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati danau, air terjun, piknik di Situ Gunung, dan masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa dilakukan.

  • Hari kerja : Rp 11.000 per orang
  • Hari Libur : Rp 13.500 per orang

Jika kamu ingin berkemah di tempat ini, tentunya biaya yang dikeluarkan berbeda-beda, kamu aman dikenakan biaya Rp 12.500 per hari jika ingin berkemah di tempat ini. Oh iya, harga di atas sudah termasuk karcis masuk, jasa wisata dan karcis asuransi untuk para wisatawan ya.

Buat kamu yang ingin berkunjung bersama rombongan maupun keluarga, tentunya harga yang ditawarkan akan lebih murah. Akan dikenakan Rp 8.000 per orang, jika kamu datang secara rombongan dengan minimal 10 orang per kunjungan.

Lokasi Wisata Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung Sukabumi
Pemandangan Alam Situ Gunung Sukabumi (Instagram @isnaenikoestianti)

Untuk bisa sampai di Situ Gunung Sukabumi, kamu bisa menggunakan angkutan umum maupun kereta api. Silakan mengambil jalur dengan rute Bogor Paledang – Sukabumi – Cianjur, dan melabuhkan pemberhentian kamu di Stasiun Cisaat Sukabumi.

Tak jauh dari stasiun kereta api, kamu bisa mencari angkutan umum dan langsung mengantar kamu sampai ke Situ Gunung. Jika kamu tidak ingin menggunakan jasa angkutan umum, kamu juga masih bisa menyewa angkot yang melintas di sekitar. Biasanya para supir tak segan menawarkan jasanya kepada para wisatawan. Namun, biaya yang harus kamu keluarkan kisaran Rp 100.000 maupun lebih.

Lokasi: Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Sukabumi, Jawa Barat 43153

Tips Liburan ke Situ Gunung, Sukabumi

  1. Jangan lupa membawa baju maupun jaket tebal, karena lokasi wisata ini berada dalam ketinggian dengan suhu udara yang mampu membuat kamu menggigil dan kedinginan, jangan sampai terkena hiportemia nantinya.
  2. Sebaiknya menggunakan jasa angkutan umum dan tidak membawa kendaraan pribadi, karena para penjaga parkir di sini tidak 24 jam.
  3. Buat kamu yang berniat untuk berkemah di tempat ini, jangan lupa membawa perbekalan yang cukup dan membawa makanan maupun minuman sendiri. Karena, di tempat ini tidak menjual maupun menyediakan makanan.
  4. Jangan lupa mengenakan alas kaki yang membuat kamu nyaman, dan untuk para wanita tidak disarankan menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi. Kalau bisa bawa juga sandal jepit.
  5. Untuk mengantisipasi terjadinya hujan, usahakan membawa jas hujan maupun payung jika ingin berkunjung ke Situ Gunung Sukabumi, karena lokasi ini memang cenderung sering turun hujan.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu dong, apa saja yang harus kamu persiapkan jika ingin berkunjung ke Situ Gunung Sukabumi ini? Selamat berlibur!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *