Masjid Terindah di Iran yang Biasa dari Luar, Luar Biasa dari dalam - Reservasi Travel Blog

Masjid Terindah di Iran yang Biasa dari Luar, Luar Biasa dari dalam

Travel Destinations481
Masjid Terindah di Iran yang Biasa dari Luar, Luar Biasa dari dalam

Travel Blog Reservasi – Kamu akan terperangah melihat indahnya masjid ini. Masjid dengan nama Shah Cheragh jadi monumen pemakaman dan masjid yang terletak di kota Shiraz, Iran.

Jika diterjemahkan, nama masjid ini berarti “King of the Light”, karena pada bagian dalamnya kamu bisa lihat desain interior yang gemerlap dari jutaan pecahan cermin kecil yang memantulkan cahaya dari segala arah layaknya berlian.

Shah Cheragh jadi salah satu masjid paling indah dan pusat ziarah penting di kota Shiraz yang tampak biasa dari luar tapi luar biasa dari dalam.

masjid-shah-cheragh-tampak-dari-luar
Masjid Shah Cheragh tampak dari luar, Sumber gambar: Maite Elorza

Di masjid ini terdapat makam Amir Ahmad dan saudaranya Mir Muhammad, putra Imam ketujuh dan saudara Imam Reza. Amir Ahmad dan Mir Muhammad diburu dan dibunuh oleh khalifah dinasti Abbasiyah di situs ini pada tahun 835 selama perseteruan Sunni-Syiah.

masjid-terindah-di-iran-yang-biasa-dari-luar-luar-biasa-dari-dalam
Masjid terindah di Iran, Shah Cheragh, sumber gambar: imgur.com
keindahan-masjid-yang-gemerlap-dibagian-dalam-masjid
Keindahan masjid yang gemerlap di dalam masjid, sumber gambar: IslamSciFi

Awalnya masjid ini hanya masjid sederhana yang menjadi tujuan ziarah terkenal di abad ke-14, namun karena seorang ratu yang mencintai seni, Ratu Tashi Khatun memperbaiki beberapa bagian masjid. Sang ratu memerintahkan untuk menutup makam dengan jutaan potongan kaca berwarna yang berkilauan nan gemerlap.

Di bagian atas masjid terdapat hiasan ratusan ribu keping ubin halus, dan dinding interior ditutupi dengan potongan-potongan berbagai kaca menyilaukan bercampur dengan ubin berwarna-warni – hijau, kuning, merah dan biru.

Jendela besar dan tinggi, serta mosaik kaca warna-warni juga menghiasi masjid ini. Pada bagian dindingnya juga terdapat ayat-ayat Al-Qur’an yang ditulis di atas kertas sutra dan dibingkai.

Melengkapi kemegahan masjid pada bagian langit-langit masjid terdapat lantai marmer hijau yang ditutupi dengan karpet merah persia dan lampu Kristal.

(Baca juga: Suasana 20 Masjid Terindah di Dunia Ini Akan Membuat Kalian Rindu dan Ingin Selalu Kembali)

keindahan-masjid-yang-gemerlap-dibagian-dalam-masjid2
Keindahan masjid yang gemerlap di dalam masjid, sumber gambar: IslamSciFi
keindahan-masjid-yang-gemerlap-dibagian-dalam-masjid3
Langit-langit masjid yang tampak berkilau, sumber gambar: IslamSciFi
Kubah masjid Shah Cheragh
Kubah masjid Shah Cheragh, sumber gambar: wikipedia

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

6 thoughts on “Masjid Terindah di Iran yang Biasa dari Luar, Luar Biasa dari dalam

  1. Kalau menurutku itu bukan masjid tapi monumen pemakaman. Namanya masjid dilarang ada kubur didalam itu sudah sesuai dgn hadist rasulullah

  2. Subhanallah.. rumah Mu begitu indah Ya Allah.. semoga arsitek & pencetus ide pembuatan mesjid itu mndapat pahala dari Allah SWT

    1. Subhanallah.. rumah Mu begitu indah Ya Allah.. semoga arsitek & pencetus ide pembuatan mesjid itu mndapat pahala dari Allah SWT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *