Selain Makanan, Ini Dia 5 Minuman Khas Imlek di Indonesia - Reservasi Travel Blog

Selain Makanan, Ini Dia 5 Minuman Khas Imlek di Indonesia

Travel Inspirations2.8K
Selain Makanan, Ini Dia 5 Minuman Khas Imlek di Indonesia

Travel Blog Reservasi – Selain makanan ternyata tak banyak yang tahu minuman khas Imlek yang disajikan pada hari besar warga keturunan Tionghoa di Indonesia. Beberapa resep minuman khas Imlek ternyata mudah sekali untuk diolah dan disajikan untuk tamu, kerabat dan keluarga.

1. Teh Krisan

Beruntung Indonesia merupakan negara tropis yang bisa tumbuh berbagai jenis teh termasuk teh dari negeri Tiongkok. Salah satu sajian khas warga keturunan Tionghoa pada saat Imlek adalah menyajikan teh tradisional yaitu teh dari bunga Krisan (Chrysanthemum)

Teh ini tidak berwarna terlalu kental namun tetap nikmat untuk sajian pada saat pagi hari ataupun sore hari saat bersantai di rumah. Ternyata teh krisan ini dipercaya memiliki berbagai khasiat diantaranya seperti bisa mengobati flu hingga dipercaya bermanfaat untuk penderita gangguan saraf otak.

Wangi bunga Krisan juga memiliki efek aromaterapi sehingga siapapun yang mengkonsumsinya akan merasakan ketenangan. Nah, teh Krisan ini cocok sekali disajikan pada saat Imlek untuk menikmati suasana santai bersama keluarga jauh yang sudah tak lama bertemu.

2. Milk Tea

Jenis teh susu ini rasanya sudah tidak asing lagi di Indonesia. Awalnya milk tea adalah minuman yang populer di Taiwan. Kemudian dimodifikasi dengan berbagai topping dan isian seperti jelly, buah hingga mengkombinasikan rasa yang nikmat.

Milk Tea juga menjadi salah satu bisnis yang prospektif sehingga banyak sekali UKM yang membuka warung-warung milk tea dan menjajakannya kepada pelanggan hingga sampai ke beberapa pusat perbelanjaan elit menengah atas.

Mungkin tidak ada yang sadar bahwa sajian ini juga termasuk minuman khas yang disajikan pada saat Imlek. Cocok sekali untuk menjembatani beda generasi masa kini dalam satu meja yang sama.

3. Jus Buah Plum

Nah, minuman khas Imlek ini memang sedikit berbeda dari dua minuman sebelumnya. Minuman ini cocok untuk yang menjalani hidup sebagai vegan dan juga sedang diet.

Jus buah Plum menjadi salah satu sajian minuman khas Imlek yang menyegarkan terutama jika diminum pada saat suasana terik. Jus buah Plum dijajakan di beberapa sudut kota di Tiongkok dengan pelanggan dari berbagai macam usia.

Rasanya sedikit asam namun ada rasa manisnya juga. Jika masih kurang manis biasanya bisa ditambahkan dengan gula. Buah Plum kaya akan kandungan vitamin C sehingga cocok juga sebagai imun tubuh saat musim hujan.

4. Mai Dong

Minuman ini termasuk salah satu yang banyak dikonsumsi pria dewasa. Minuman Mai Dong adalah sejenis minuman berenergi yang merupakan campuran dari beberapa buah dan rempah untuk menambah energi.

Minuman ini amat terkenal di negara asalnya sebagai minuman berenergi yang menyehatkan terutama diminum saat setelah bekerja berat atau berolahraga.

5. Baijiu

Minuman ini hanya khusus bagi orang dewasa saja. Baijiu adalah arak putih yang merupakan salah satu minuman khas dari daratan Tiongkok.

Minuman ini biasanya hanya dikonsumsi pada malam hari. Bagi beberapa orang, arak putih dipercaya sebagai salah satu obat yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Selain itu juga tidak sedikit yang menggunakannya sebagai terapi patah tulang dengan cara mengoleskannya ke sendi atau bagian yang mengalami cedera.

Arak putih memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi antara 40-60 persen. Jadi, sebaiknya jika sudah mengkonsumsi minuman ini agar tidak menyetir kendaraan sendiri untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa minuman khas Imlek yang disajikan untuk merayakan pergantian tahun dalam kalender Tionghoa.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *