Global Donut Day? Masyarakat Indonesia Ikut Merayakannya Juga? - Reservasi Travel Blog

Global Donut Day? Masyarakat Indonesia Ikut Merayakannya Juga?

Travel News155
Global Donut Day? Masyarakat Indonesia Ikut Merayakannya Juga?

Travel Blog Reservasi – Global Donut Day atau dalam Bahasa Indonesianya Hari Donat Sedunia. Mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, faktanya Global Donut Day memang benar dirayakan. Seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia, tahun ini Global Donut Day jatuh pada tanggal 3 Juni 2016. Penasaran kan seperti apa perayaan Global Donut Day ini?

Walaupun menggunakan kata ‘Global’ pada Global Donut Day, nyatanya yang rutin merayakan Global Donut Day adalah masyarakat Amerika Serikat. Mungkin karena pertama kali yang mencetuskan Global Donut Day adalah sebuah organisasi sukarelawan yang bernama Salvation Army di Benua Amerika. Nah, berikut ini adalah sejarah Global Donut Day kenapa bisa dijadikan sebagai hari internasional.

Awalnya mereka mengadakan hari donat ini bertujuan untuk menghormati anggota-anggota mereka dengan cara meneyediakan donat bagi para prajurit saat Perang Dunia I. Global Donut Day diperingati setiap hari Jum’at pertama di bulan Juni, setiap tahunnya.

Walaupun perayaan ini masih belum populer di Indonesia, di beberapa negara perayaan ini sudah rutin dirayakan. Salah satunya di Amerika Serikat dan Belanda, negara ini rutin merayakan Global Donut Day ini. Bahkan banyak gerai donat di kedua negara tersebut, pada hari ini memberikan donat secara gratis ke setiap pengunjung.

global-donut-day

Nah, mungkin sebagian dari kalian sering bertanya-tanya kenapa donat bentuknya seperti huruf O dan memiliki lubang ditengahnya? Rasa penasaran kalian akan terjawab jika kalian membaca artikel ini hingga selesai.

Pada abad ke-16 banyak orang-orang Belanda yang berlayar menuju benua Amerika. Seperti pada umumnya, disebuah kapal tak hanya berisi para kelasi dan kapten kapal saja. Tentu mereka memiliki juru masak di kapal tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam perjalanan.

Karena hampir keseluruhan awak kapal ini adalah orang-orang Belanda, para juru masak ini selalu membuatkan olikoeks untuk para awak kapal selama perjalanan. Salah satu orang yang ikut dalam pelayaran menuju Benua Amerika ini bernama Kapten Hanson Gregory.

Saat itu Kapten Hanson Gregory yang sedang menyantap kue olikoeks harus segera memegang kemudi kapal, karena kapalnya menghantam ombak yang pada saat itu cuaca lautan tengah buruk. Bingung menaruh kuenya, tanpa piker panjang ia tancapkan kue olikoeks pada salah satu batang kemudinya, sehingga membuat kue itu berlubang di tengah.

donat-gula

Setelah kondisi cuaca membaik, ia baru menyadari bahwa yang dilakukannya ini membuat kue oliekoeks terlihat menarik. Segera ia kemukakan idenya kepada juru masak di kapal tersebut, dan kue olikeoeks pun berubah nama menjadi doughnut. Doughnut berarti adonan manis yang dicampur dengan remah kacang.

Ketika pelayarannya tiba di Benua Amerika, doughnut mulai menyebar luas di daratan ini hingga kini. Untuk mengenang sejarah dari kue berbentuk bulat seperti roda ini, maka diperingatilah hari donat sedunia atau Global Donut Day.

Nah, jika kalian akan melakukan perjalanan ke Amerika tepat pada awal bulan juni tahun depan, jangan sampai melewatkan Global Donut Day ya. Siapa tahu kalian bisa mendapatkan donat gratis. Kalau kalian bingung mencari tiket penerbangan ke Amerika, kalian bisa mencarinya di sini!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *