Rahasia Patung Lady Liberty yang Tak Banyak Diketahui Orang - Reservasi Travel Blog

Rahasia Patung Lady Liberty yang Tak Banyak Diketahui Orang

Travel Destinations379
Rahasia Patung Lady Liberty yang Tak Banyak Diketahui Orang

Travel Blog Reservasi – Siapa yang tidak mengenal dengan negara yang dijuluki sebagai negara adidaya ini. Sebut saja Amerika Serikat, memang secara umum lebih sering disebut Amerika. Negara yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal ini memang selalu memiliki cerita tersendiri. Negara dengan landmark patung Liberty ini memiliki cerita unik yang terselip diantara kemegahan negara yang menjadi polisi dunia saat ini. Salah satunya adalah rahasia kisah dibalik pembuatan landmark terbesar negara ini.

Patung Liberty tak sekedar landmark di Amerika Serikat, patung ini juga merupakan simbol dari kebebasan publik di Amerika. Siapa sangka patung yang diresmikan pada tahun 1886 ini ternyata menyimpan kisah yang mengejutkan yang tak banyak orang tahu tentangnya. Seperti apa rahasia dibalik patung Lady Liberty ini. Yuk, kita simak! Sebelum angkat ransel kalian ke Amerika ada baiknya telusuri dulu sejarahnya!

Lady Liberty Hadiah dari Pemerintah Perancis, Fakta atau Mitos?


Kabar tentang patung Lady Liberty hadiah dari pemerintah Prancis memang sudah tersebar luas di penjuru Amerika. Namun faktanya adalah patung Lady Liberty ini merupakan gagasan dari pemahat yang berasal dari Perancis bernama Frederic Auguste Bartholdi. Ia terinspirasi oleh patung-patung raksasa yang ada di Mesir. Jadi jawaban tepat adalah patung Lady Liberty memang bukan hadia pemberian dari pemerintah Prancis, namun warga Prancis terlibat dalam pembuatannya. Karena sebagian besar biaya pembangunan patung Lady Liberty diperoleh dari masyarakat Amerika sendiri.

Filosofi di Kaki dan 40 Cakram Kosong pada Patung Lady Liberty

A photo posted by Katrina S (@snowballviking) on


Budak-budak Prancis turut andil dalam pembuatan patung Lady Liberty, salah satu nama yang dikenang adalah Edouard de Laboulaye. Rantai yang terdapat pada kaki patung Lady Liberty adalah sebuah simbol dari berakhirnya perang saudara. Rantai rusak itulah simbolnya, ini merupakan tanda bahwa perbudakan di Amerika sudah berakhir. Tujuan awal dari pembuatan patung inipun memang ditujukan untuk merayakan akhir dari perbudakan di Amerika.


40 cakram kosong diatas kepala patung Lady Liberty ini tak sekedar dibuat tanpa makna. Ada kisah diballik pembuatannya, sehingga Bartholdi membuat 40 cakram kosong diatas kepala Lady Liberty. Saat itu Bartholdy bermasalah dengan pengumpulan dana untuk membangun patungnya. Kemudian ia mengirimkan perwakilan keseluruh Amerika untuk mendapatkan bantuan dana. Pada akhirnya usaha yang dilakukan Bartholdi berhasil, ia mendapatkan sumbangan dari 40 negara bagian di Amerika. 40 Cakram dibuatnya untuk melambangkan negara-negara bagian yang turut mendanai pembuatan patung Lady Liberty.

Lady Liberty Asalnya adalah Sosok Petani Muslimah, Benarkah?


Menurut sejarawan Michael B Oren, Awalnya Bartholdi memang mengukir wajah wanita petani di Mesir yang sedang memegang obor kebebasan yang besarnya dua kali lipat lebih tinggi dari patung Spinx. Selama dua tahun Bartholdi mencoba menyelesaikan sketsa patung ini. Bartholdi juga meminta Ismail Pasha yang kala itu menjadi Raja Muda Mesir untuk membantunya dalam proyek pembuatan patung ini.

Tetapi kala itu Ismail Pasha mengalami bangkrut dan tidak bisa melanjutkan membantu pembuatan patung ini. Bartholdi yang bingung dan sedih, mencoba menghibur diri dengan berlayar ke benua Amerika. Ia berlayar menuju pelabuhan New York, dan melihat kearah Pulau Bedloe yang bentuknya seperti telur dan membayangkan betapa megahnya apabila patung yang dibuatnya jika diberdirikan di tempat ini.

New York 22 // #newyork #libertyisland #libertystatue #watertaxi

A photo posted by Camilo Guerrero del Río (@camilo_gdr) on

Akhirnya dengan bantuan budak-budak Prancis, ia mendirikan patung yang sekarang dikenal dengan nama Patung Lady Liberty. Namun ia petani muslimah itu telah diganti dengan sosok wanita barat biasa . Semboyan pada patung yang sebelumnya berbunyi “Membawa Cahaya untuk Asia” menjadi “Liberty Mencerahkan Dunia”.

Sumber Featured Image

Sumber artikel: Dream.co.id

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *