Pulau Semak Daun, Destinasi Liburan Menarik di Jakarta - Reservasi Travel Blog

Pulau Semak Daun, Destinasi Liburan Menarik di Jakarta

Travel Destinations733
Pulau Semak Daun, Destinasi Liburan Menarik di Jakarta

Travel Blog Reservasi – Pulau kecil ini tak begitu populer di kalangan travellers meskipun lingkungannya cukup bersih. Tak hanya pantai, air lautnya pun tak kalah jernih. Pulau kecil ini merupakan salah satu destinasi wisata baru yang berada di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Banyak yang mengujungi pulau ini terutama saat liburan tiba. Para wisatawan tak hanya bisa menikmati pemandangan indah pulau saja. Bahkan tak sedikit diantara mereka yang membangun tenda dan menginap di pulau ini.

Bermalam di sebuah pulau tak berpenghuni memang punya sensasi tersendiri. Terlebih pulau ini begitu jauh dari hiru-pikuk penatnya kota Jakarta. Berkunjung kesini harus mampu bertahan dengan fasilitas yang sangat terbatas. Jangankan listrik, air tawar pun tak ada di pulau kecil ini.

saat-tiba-di-pulau-semak-daun

 

Air tawar seperti barang mahal disini. Maklum ukuran pulau ini sangat kecil dan yang perlu diantisipasi lagi karena pulau ini tak berpenghuni. Oleh karena itu, siapkan banyak air ketika mengunjungi pulau ini. Terlebih lagi jika ingin berkemah di pulau ini. Pulau kecil yang dimaksud tak lain adalah Pulau Semak Daun.

Pulau Semak Daun adalah salah satu diantara pulau wisata lain selain pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Bidadari yang bisa dikunjungi di wilayah Kepulauan Seribu. Untuk menuju pulau Semak Daun ini, kalian dapat melakukan perjalanan dari pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara kemudian melanjutkan menggunakan kapal menuju Pulau Pramuka. Perjalanan dari pelabuhan Muara Angke menuju pulau Pramuka ini ditempuh sekitar 2,5 jam. Tak lama kok yang penting bisa menikmati perjalanannya.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Semak Daun, kalian bisa beristirahat dulu disini, di Pulau Pramuka sembari mengecek kembali perlengkapan yang ada. Jika ingin bermalam di Pulau Semak Daun, kalian bisa menyewa tenda di Pulau Pramuka. Setalah semua perlengkapan sudah siap, tinggal mencari kapal untuk menyebrang ke Pulau Semak Daun. Penyeberangan menuju Pulau Semak Daun tak lama, yaitu hanya sekitar 30 menit saja.

 

Salah satu aktivitas yang menarik yang bisa dilakukan adalah snorkeling. Ya, kalian bisa snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut yang ada di pulau ini. Saat mencari kapal untuk melakukan penyeberangan, biasanya para penyedia kapal akan menawarkan paket snorkeling di sekitar pulau. Nah, jika kalian ingin menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Seribu, Jakarta tak ada salahnya untuk mengambil paket snorkeling juga.

Perlengkapan siap dan kapal juga siap, tinggal berangkat menuju Pulau Semak Daun. Untuk wisatawan yang mengambil paket snorkeling biasanya akan di antar terlebih dahulu ke Pulau Semak Daun. Disini, para wisatawan akan membangun tenda dan menyimpan barang-barang bawaan. Setelah selesai, baru kembali ke kapal untuk menuju spot-spot snorkeling yang ada di sekitar pulau.

Tapi ingat, barang berharga tetap dibawa saat snorkeling. Hanya sekedar jaga-jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Puas menikmati keindahan bawah laut dan bermain dengan ikan-ikan yang ada, saatnya kembali ke pulau. Di pulau, kalian bisa menyiapkan peralatan untuk memasak. Menunya, tergantung selera masing-masing.

memancing-di-dermaga-pulau-semak-daun

 

Untuk melengkapi liburan di pulau tak berpenghuni ini, kalian bisa mengisi waktu dengan memancing di dermaga yang ada di pulau. Saat malam, dermaga ini sangat bagus untuk dijadikan tempat memancing. Sembari menunggu ikan, anda bisa melihat indahnya kerlap-kerlip lampu dari pulau sekitar. Bagaimana kalau tidak membawa alat pancing? Tenang aja, bagi yang tidak membawa alat pancing anda masih bisa menikmatinya kok.

snorkling-di-sekitar-pulau-semak-daun

Salah satu alternatifnya adalah bernyayi sambil main gitar di dermaga pulau atau di pinggir pantai sambil membuat api unggun. Gimana, seru bukan? Jadi buat kalian yang ada di Jakarta tak perlu khawatir tentang tempat liburan. Tak perlu terlalu jauh mencari referensi tempat liburan karena Jakarta pun punya destinasi menarik untuk liburan.

 

Pulau Semak Daun hanyalah salah satu dari berbagai destinasi pulau yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, masih banyak pulau-pulau lain di sekitar Jakarta yang menanti untuk dijelajahi keindahanya. Buat kalian yang tidak mempunyai waktu luang untuk berlibur ke tempat yang jauh, mungkin destinasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta ini bisa menjadi pilihan alternatif liburan anda.

Penulis kontributor Sahrul Rusli, @sahrulrusli

*Disclaimer, semua konten merupakan tanggung jawab penulis

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *