10 Pertanyaan Seputar Perpanjang Paspor yang Perlu Kamu Ketahui - Reservasi Travel Blog

10 Pertanyaan Seputar Perpanjang Paspor yang Perlu Kamu Ketahui

Travel Tips625
10 Pertanyaan Seputar Perpanjang Paspor yang Perlu Kamu Ketahui Paspor baru Indonesia, sumber gambar: merdeka.com

Travel Blog Reservasi – Perpanjang paspor 2018 sebetulnya lebih mudah dengan kebijakan baru. Cukup membawa e-KTP dan paspor lama saja sudah bisa langsung melakukan perpanjangan paspor. Tetapi, ternyata masih banyak yang bertanya seputar perpanjangan paspor ini.

Baca Mau Mengurus Paspor Beda Domisili? Perhatikan Syarat Ini!

Oleh karena itu, Reservasi.com berusaha untuk menghimpun beberapa pertanyaan seputar perpanjangan paspor yang perlu kamu ketahui. Berikut informasinya seperti dihimpun dari berbagai sumber (8/7).

1. Kapan harus perpanjang paspor?

Pertanyaan ini sebetulnya tergantung pada negara tujuan. Jika ingin traveling ke Amerika atau benua Eropa sebaiknya perpanjang paspor sebelum masa berlakunya habis ketika memasuki tahun ke 4 atau perpanjang sebelum 12 bulan masa berlaku paspor habis.

2. Apakah bisa memperpanjang sebelum 6 bulan?

Untuk memperpanjang paspor sebelum memasuki 6 bulan habis masa berlakunya sangat dimungkinkan. Apalagi jika kamu memang sudah berencana untuk traveling ke negara di ASEAN dalam waktu dekat. Yang penting kamu bisa menjelaskan kepada petugas alasan kamu memperpanjang paspor.

3. Apakah bisa masuk Singapura ketika paspor akan habis 6 bulan lagi?

Beberapa traveler yang kerap kali bepergian ke Singapura memang ada yang pernah bisa masuk ketika paspor akan habis dalam 3 bulan. Namun, bagi kamu yang jarang bepergian ke Singapura tentu petugas bisa mencurigai kamu dan punya alasan untuk menolak kedatangan kamu. Agar tidak mengalami masalah sebaiknya minimal patuhi ketentuan masa berlaku paspor minimal 6 bulan.

3. Apa saja syarat perpanjang paspor 2018?

Syarat perpanjang paspor kini lebih mudah kok.

Kamu cukup membawa syarat perpanjang paspor berikut ini:

  • Paspor lama (asli)
  • Fotokopi paspor lama
  • Fotokopi e-KTP dan membawa serta aslinya

4. Bagaimana cara memperpanjang paspor 2018?

Pertama kamu harus mendapatkan nomor antrean terlebih dahulu. Nomor antrean bisa didapatkan dengan cara menggunakan aplikasi antrian online di smartphone Android, melalui sistem Whatsapp Gateway Imigrasi masing-masing kantor Imigrasi yang dituju dan juga menggunakan website Imigrasi yang menyediakan sistem permohonan antrean.

5. Berapa biaya perpanjangan paspor?

  • Paspor 24 Halaman Rp 155 Ribu
  • Paspor 48 Halaman Rp 355 Ribu
  • E-Paspor Rp 655 Ribu

5. Apa syarat perpanjang paspor untuk paspor yang terbit di bawah tahun 2009?

Syarat perpanjang paspor untuk paspor yang terbit pada tahun 2009 atau di bawah tahun tersebut harus melampirkan syarat seperti membuat paspor baru. Untuk persyaratan membuat paspor baru bisa dicek di halaman berikut ini.

6. Apa syarat perpanjang paspor untuk paspor yang hilang?

Setiap paspor yang hilang wajib menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan dokumen seperti ketika akan membuat paspor baru.

7. Bagaimana memperpanjang paspor yang sudah lama kedaluwarsa?

Untuk memperpanjang paspor yang sudah kedaluwarsa cukup membawa persyaratan seperti memperpanjang paspor dengan syarat paspor baru. Jangan lupa lampirkan juga paspor lama sebagai bukti bahwa kamu sudah pernah memiliki paspor sebelumnya.

8. Apakah bisa upgrade paspor dari paspor 24 halaman ke paspor 48 halaman?

Saat memperpanjang terdapat formulir yang bisa diisi dengan mencentang paspor yang hendak diurus. Kamu bisa mengupgrade paspor 24 halaman ke paspor 48 halaman. Begitu juga ketika kamu menggunakan paspor biasa 48 halaman bisa upgrade ke e-passport atau paspor elektronik saat melakukan perpanjangan paspor.

Baca Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online

drama-mengurus-paspor
shutterstock

9. Berapa lama perpanjang paspor selesai?

Proses perpanjang paspor sama dengan proses pengerjaan paspor biasa. Rata-rata perpanjang paspor bisa diselesaikan dalam waktu 3-4 hari kerja. Sabtu dan Minggu tidak dihitung sebagai hari kerja. Jadi, setelah wawancara dan mendapatkan notice pembayaran, sebaiknya pada hari yang sama segera lakukan pembayaran agar proses pengerjaan paspor bisa selesai pada waktunya.

10. Di mana bisa melakukan perpanjang paspor?

Hampir semua kantor Imigrasi bisa melayani perpanjang paspor. Di Jakarta bahkan kini sudah ada Mal Pelayanan Publik di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan yang melayani perpanjang paspor.

Stan di Mal Pelayanan Publik ini khusus hanya untuk melayani perpanjang paspor saja. Jadi, buat yang mau mengajukan paspor baru bisa ke Kantor Imigrasi lainnya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *