Perbedaan Es Krim dan Gelato yang Perlu Kalian Tahu! - Reservasi Travel Blog

Perbedaan Es Krim dan Gelato yang Perlu Kalian Tahu!

Travel Inspirations175
Perbedaan Es Krim dan Gelato yang Perlu Kalian Tahu! shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kalau boleh jujur, siapa sih yang tidak suka es krim? Hampir semua orang yang ada di muka bumi menyukainya. Cita rasanya yang begitu enak dan lembut dipadu dengan varian rasa yang legit di mulut, membuat penikmat es krim selalu ingin membelinya lagi dan lagi.

Baca Cari Tempat Nongkrong di Jogja yang Instagramable?

Selain es krim, ternyata ada juga gelato yang belakangan ini menjadi favorit anak muda. Dari segi bentuk dan cita rasa, baik es krim maupun gelato sangatlah mirip. Sehingga banyak orang yang sering salah menyebut nama keduanya.

Bagi kamu yang kebetulan belum tahu perbedaan es krim dan gelato, Reservasi.com akan coba jelaskan di bawah ini ya.

1. Cita rasa es krim sedikit lebih tajam dibandingkan gelato

Bagi kamu yang sudah sering mencicipi es krim dan gelato pasti tahu kalau keduanya berbeda dari segi cita rasa. Dimana cita rasa gelato sedikit lebih tajam di lidah. Hal ini disebabkan karena area pendingin keduanya berbeda.
Es krim didinginkan pada suhu di bawah 20 derajat Celsius, sedangkan gelato hanya 10 derajat Celsius saja.

2. Bahan dasar pembuat gelato lebih alami dibanding es krim

Bahan dasar pembuat es krim dan gelato sebenarnya hampir sama yaitu kuning telur, air, gula dan susu. Namun, takaran susu dan kuning telur yang dicampurkan pada es krim lebih sedikit dibandingkan gelato.

Tidak hanya itu, kebanyakan es krim juga dicampur dengan krim di atasnya. Inilah penyebab kenapa cita rasa es krim lebih tajam yang dapat mengakibatkan cepat enek atau bosan saat memakannya.

3. Kandungan gizi dari gelato lebih tinggi daripada es krim

Gelato terbuat dari bahan yang nilai gizinya cukup tinggi, juga bisa dibilang terbebas dari campuran krim. Wajar saja kalau kandungan lemak di dalam gelato lebih rendah dibandingkan dengan es krim.

Berhubung karena kandungan lemak dari gelato lebih rendah, nilai kalorinya juga lebih rendah jika dibandingkan dengan es krim. Maka dari itu gelato ini lebih cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

gerai gelato
shutterstock

4. Tekstur gelato jauh lebih padat dibandingkan es krim

Pernah memerhatikan tekstur antara es krim dan gelato belum? Coba deh sesekali diperhatikan. Tekstur gelato pasti jauh lebih padat dibandingkan es krim. Kenapa? Karena kandungan udara yang terdapat pada es krim lebih tinggi, sehingga memengaruhi tekstur dari es krim itu sendiri.

Banyak tidaknya kandungan udara yang terdapat pada es krim dan gelato ditentukan oleh teknik pengadukan saat proses pengolahan keduanya.

5. Di luar negeri, gelato lebih populer dibandingkan es krim

Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama gelato. Sebaliknya, orang-orang lebih familiar dengan nama es krim. Kenapa? Karena gerai es krim memang jauh lebih banyak dibandingkan dengan gerai gelato. Es krim juga lebih mudah ditemukan, bahkan es krim bisa dibeli di supermarket terdekat.

Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya gelato itu jauh lebih populer di luar negeri. Misalnya saja di Amerika Serikat. Jarang sekali orang yang menyebut ‘gerai es krim’, dan sebaliknya lebih sering menyebut ‘gerai gelato’.
Itu dia perbedaan es krim dan gelato yang perlu kamu tahu. Meski keduanya terlihat sangat mirip, tetapi keduanya tetap berbeda. Baik dari segi nama, tekstur, kandungan gizi, cita rasa maupun popularitas.

Baca 7 Kafe Es Krim Paling Hits di Jogja

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *