Hindari Kesialan, Kenali Dulu Pantangan Tahun Baru Imlek Ini

Kenali Dulu Pantangan Tahun Baru Imlek

Travel Tips119
Kenali Dulu Pantangan Tahun Baru Imlek

Travel Blog Reservasi – Pantangan tahun baru imlek adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada tahun baru imlek. Meskipun kini sudah memasuki tahun baru ayam api, ada baiknya kamu mengetahui tradisi ini.

Tahun baru Imlek memang sangat meriah, bukan hanya di negeri asalnya di China tapi juga kemeriahannya terasa sampai ke beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Semarang hingga Surabaya.

Tahun baru Imlek juga dianggap sebagai salah satu waktu paling tepat untuk pulang ke kampung halaman, atau istilahnya populer disebut dengan mudik. Mudik bukan hanya terjadi saat lebaran saja, saat Imlek pun warga China pulang kampung ke kota asalnya.

Tahun baru Imlek sangat lekat dengan warna merah yang merupakan simbok keberuntungan dan kesejahteraan, tak heran jika warna merah akan menjadi salah satu warna yang mendominasi saat perayaan Imlek hingga Cap Gomeh 2018 nanti.

Berikut adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada tahun baru imlek seperti dilansir dari cnn.com (30/1).

Dianjurkan Pada Tahun Baru Imlek

Menyalakan kembang api

Tradisi menyalakan kembang api dan petasan merupakan tradisi yang diadopsi dari tradisi tahun baru Imlek. Bahkan tradisi ini digunakan suku Betawi ketika sedang memiliki hajatan. Petasan dinyalakan pada pagi hari sebagai sebuah tanda keberadaan tuan rumah yang menyelenggarakan hajatan.

Tradisi menyalakan kembang api memiliki makna dalam tradisi warga China. Tradisi ini bermakna mengusih ruh jahat dan mengusih makhluk-makhluk penganggu dengan bunyi-bunyi nyaring.

Kini, hampir setiap pergantian tahun baru masehi pun beberapa warga menyalakan kembang api agar penyelenggaraannya lebih meriah dan semarak.

Makan Dumpling (Pangsit/Dim Sum)

Beberapa warga China percaya bahwa dengan makan dumpling, sejenis dimsum, merupakan simbol mengganti sesuatu hal yang lama dengan yang baru. Selain rasanya enak, dumpling juga merupakan simbol emas pada masa lalu sehingga bermakna kesejahteraan pada tahun yang akan datang.

Membersihkan Rumah

Tradisi bersih-bersih rumah sehari sebelum hari raya ternyata bukan hanya dilakukan saat jelang lebaran saja, tapi juga dilakukan saat menyambut tahun baru Imlek.

Tradisi bersih-bersih rumah ini dipercaya membuang kesialan yang terkumpul selama setahun sebelumnya. Selain bersih-bersih rumah, disarankan juga untuk melunasi segala tagihan utang seperti utang kartu kredit dan utang jenis lainnya agar tahun depan semakin beruntung dan jauh dari ketidakberuntungan.

Pantangan Tahun Baru Imlek

Keramas dan Memotong Rambut

Pantang untuk keramas bahkan memotong rambut pada hari raya Imlek. Simbol membersihkan rambut atau memotong rambut pada hari raya Imlek dalam tradisi China bermakna mengurangi rezeki pada tahun yang akan datang.

Inilah salah satu pantangan tahun baru imlek yang tidak banyak diketahui oleh anak muda.

Bersih-bersih pada hari Raya Imlek

Membersihkan apapun pada hari pertama hari Raya Imlek sangat dilarang atau menjadi pantangan terbesar saat tahun beru imlek. Bahkan untuk keramas sekalipun tidak dianjurkan.

Untuk itulah semua kegiatan yang berkaitan dengan bersih-bersih selalu dilakukan sehari sebelumnya, sebelum hari raya tiba.

Membeli Buku

Percaya atau tidak pantangan tahun baru imlek yang juga tidak banyak diketahui orang adalah membeli buku saat tahun baru dan 15 hari setelah Imlek. Pasalnya kata buku dalam bahasa China berarti “shū” yang bermakna “kalah”.

Jadi, membeli buku pada saat Imlek hingga 15 hari setelahnya dianggap mengundang kesialan atau ketidakberuntungan. Hindari juga memberi buku kepada orang lain sebagai hadiah selama masa tersebut. Hal tersebut sama saja melimpahkan kesialan pada orang lain.

Seputar Imlek

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *