Oymyakon, Kota Paling Dingin di Dunia! - Reservasi Travel Blog

Oymyakon, Kota Paling Dingin di Dunia!

Travel Destinations365
Oymyakon, Kota Paling Dingin di Dunia! anastasiagav

Travel Blog Reservasi – Apa jadinya kalau kamu punya kesempatan untuk tinggal di kota terdingin di dunia? Nggak kebayang ya rasanya.

kota paling dingin di dunia
Atlas Obscura

“Oymyakon, The Pole Of Cold”

Siapa pun yang datang liburan ke kota ini, pasti akan disambut kalimat dalam bahasa Rusia di atas. Saking dinginnya, kota ini pernah dilanda suhu dingin hingga mencapai -71 derajat Celcius!

Memang, orang-orang yang jarang melihat salju akan merasa sangat senang dan terpukau dengan pemandangan indah serba putih di sana. Namun, bagi para penduduk setempat, melakukan aktivitas sehari-hari dalam suhu yang luar biasa dingin bisa jadi sesuatu yang cukup menyulitkan.

kota paling dingin di dunia
Getty Images

Bahkan kegiatan sesederhana menulis di sekolah bisa jadi sulit karena temperatur dingin terkadang membekukan tinta pulpen dan spidol. Selain itu, bagi yang memiliki masalah pengelihatan siap-siap nih.

Di kota paling dingin di dunia ini, kacamata dapat dengan mudah membeku di dalam suhu dinginnya. Wah, jadi bingung kan gimana bisa melihat dengan jelas. Cara satu-satunya adalah dengan menggunakan contact lense atau lensa kontak.

Sebuah studi yang dilakukan US Airforce telah menguji ketahanan lensa kontak pada ketinggian dan suhu dingin yang ekstrim di udara. Hasilnya, tidak ditemukan banyak masalah pada hal tersebut selama lensa kontak tetap terjaga kelembapannya.

Terkadang, cara berkedip pun bisa  jadi berbeda di Oymyakon

Logikanya, saat kita berada di sebuah kondisi di mana suhu jatuh di bawah 0 derajat Celcius, akan ada bagian tubuh yang memiliki kemungkinan untuk membeku. Tidak terkecuali, bulu mata.

Ya, kamu tidak salah baca. Bagian tubuh sekecil bulu mata pun tidak akan luput partikel-partikel es yang kecil yang bisa membuat gumpalan beku.

Habis bagaimana, tidak mungkin menggunakan google setiap bepergian kan, tidak mungkin juga menutupnya dengan syal.

Sempat viral, bulan lalu ada satu akun instagram yang terkenal dengan hashtag #snowlashesyakutia. Akun Anastasia Gruzdeva memperlihatkan bagaimana kondisi kota paling dingin di dunia yang sampai membekukan bulu mata.

Ini adalah kenyataan yang harus dilalui setiap hari oleh sekitar 500 penduduk di Oymyakon

Musim dingin bagi penduduk lokal berarti sinar matahari selama 3 jam per hari. Namun, meski di musim panas mereka akan mendapatkan sinar matahari selama 21 jam dalam satu hari, ironisnya, itu tidak cukup untuk mencairkan sisa salju dari musim dingin.

Bagaimana mereka selamat dari mati kedinginan?

Tidak banyak jenis hewan ternak yang mampu bertahan dalam suhu tersebut. Yang biasa menjadi sumber protein warga Oymyakon adalah daging kuda dan rusa, dan tentunya aneka biota laut.

Oh ya, kamu perlu tahu. Di Oymyakon, para kuda yang tinggal di peternakan harus disisir dengan sisir metal secara berkala setiap 4 minggu untuk menghilangkan partikel es yang membeku di setiap bulunya. Kalau tidak, jelas mereka akan mati beku.

kota paling dingin di dunia
Maarten Takens

Awal terbentuknya kota Oymyakon

Tahukah kamu? Oymyakon sendiri artinya adalah “non-freezing water” atau ‘air yang tidak membeku’. Sangat bertolak belakang dengan keadaan kota yang sebenarnya, kan?

Awalnya kota ini merupakan tempat transit bagi mereka yang bepergian jauh dengan rute Rusia di bagian timur laut. Kota ini adalah sebuah “pit stop” untuk mengistirahatkan dan memberi makan para rusa setelah melakukan perjalanan panjang.

Di kota ini pun terdapat sebuah mata air panas yang biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh rusa dan juga hewan ternak lainnya. Dari situlah akhirnya Oymyakon menjadi nama resmi kota tersebut.

Apa yang bisa dilakukan di Oymyakon?

Tentu, selain menjelajahi setiap sudut kota ini, ada satu hal yang sering dilakukan para turis dalam kunjungan mereka ke Oymyakon.

kota paling dingin di dunia
Siberian Times

Ya, berenang di sungai dalam suhu jauh di bawah 0 derajat Celcius! Hanya mereka yang bernyali besar yang mencoba berenang di sungai es tanpa pakaian lengkap.

Jadi, bagaimana setelah mengenal Oymyakon? Tertarik untuk pergi ke sana? Kalau sudah membuat rencananya, tinggal menyiapkan perlengkapan musim dingin saat traveling ke luar negeri. #YukBrangkat!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Septania W. Zakiyah

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *