7 Jenis Oleh-Oleh Khas Solo, Bukan Cuma Batik! - Reservasi Travel Blog

7 Jenis Oleh-Oleh Khas Solo, Bukan Cuma Batik!

Travel Destinations696
7 Jenis Oleh-Oleh Khas Solo, Bukan Cuma Batik! shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kota Solo mungkin sudah sangat terkenal dengan aneka ragam batik yang bagus dari segi kualitas dan bagus pula dari segi harga. Tidak hanya batiknya saja yang sudah populer sampai ke beberapa belahan dunia, tapi oleh-oleh khas Solo juga sudah dikenal dan disukai oleh para wisatawan.

Oleh-oleh khas Solo juga memiliki harga yang pas di kantong. Beli dalam jumlah banyak pun rasanya tidak bakalan rugi. Berikut 7 jenis oleh-oleh khas Solo yang berhasil Reservasi.com rangkum buat kalian yang bingung cari oleh-oleh di kota batik ini.

Baca Rekomendasi Hotel Murah di Solo di Bawah 200 Ribu Rupiah

1. Serabi Solo

Makanan berkabohidrat yang mengenyangkan bernama serabi wajib kalian coba kalau berkunjung ke Solo. Bentuk serabi solo berbeda dengan serabi yang ada di kota lain. Dimana bagian atas serabi ini diberi potongan pisang, taburan meses, dan santan kelapa. Jadi, rasanya jadi manis-manis gimana gitu. Ujung serabi ini pun sangat gurih saat dimakan.

Satu buah serabi solo dibanderol seharga Rp 2.000 saja. Sangat murah, kan? Serabi solo bisa kalian temukan di pusat kuliner atau pusat oleh-oleh khas Solo.

2. Ampyang

Meskipun sudah hidup di ranah modern, makanan tradisional ini tampaknya masih jadi favorit masyarakat Indonesia. Ya, namanya ampyang. Oleh-oleh khas Solo yang satu ini terdiri dari kacang, gula merah, dan jahe yang dikeringkan membentuk sebuah keripik. Rasanya gurih, manis, juga wangi saat dicium.

Harga satu bungkus ampyang biasanya dibanderol Rp 10 ribuan. Sangat ekonomis, kan? Oleh-oleh khas Solo, ampyang, sangat mudah kalian temukan di pusat oleh-oleh ataupun di Pasar Gedhe. Kalian wajib beli ampyang dalam jumlah yang banyak, apalagi ampyang ini tahan sampai berminggu-minggu.

3. Roti Kecik Ganep

Nama roti kecik ganep sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Solo. Meskipun bentuknya lonjong, tapi ukuran roti ini memang sangat kecil dan kurus. Jadi sah-sah saja kalau dinamakan roti kecik ya. Berbeda dari roti pada umumnya. Cita rasa dari roti kecik petis ini sangat enak dan gurih. Roti ini pun cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat kembali ke kampung halaman.

4. Inthip

Inthip adalah salah satu jajanan ringan yang terbuat dari kerak nasi yang dikeringkan selama beberapa hari. Makanan ini sangat renyah, rasanya juga gurih dan asin, sangat cocok sebagai teman saat makan siang. Supaya lebih enak, inthip biasanya disirami dengan gula aren panas supaya rasanya sedikit lebih manis.

Harga satu bungkus inthip sangat bervariasi yaitu berkisar Rp 10.000 – Rp 50.000. Harga ini tergantung dari varian dan ukuran dari makanan ini sendiri. Kalau semakin besar ukurannya, wajar saja kalau harganya semakin mahal.

5. Serbat

Suka minum teh yang terbuat dari jahe? Kalian bisa coba sarbet, salah satu oleh-oleh khas Solo yang banyak diburu oleh para pecinta minuman jahe. Karena terbuat dari jahe, maka sarbet sangat cocok dijadikan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh.

Meskipun berbahan dasar jahe, tapi minuman ini juga dibuat dengan campuran rempah-rempah tradisional khas Kota Solo. Kalau kalian kelupaan membeli serbat saat perjalanan pulang, tidak perlu takut ya. Kalian tetap bisa mendapatkan minuman ini di beberapa toko online yang ada di Indonesia. Harganya juga tidak jauh berbeda.

6. Rambak Petis

Makanan ini bernama rambak petis. Terbuat dari olahan kulit sapi atau kulit kerbau yang dikeringkan, lalu digoreng, kemudian dibungkus. Rambak petis rasanya renyah gurih, dan sedikit asin, sangat cocok sebagai cemilan saat makan siang. Supaya lebih enak lagi, kalian bisa mencampurkan rambak petis dengan olahan sambal pedas. Rasanya pasti nendang.

Baca 17 Tempat Wisata di Solo yang Unik, Bersejarah dan Cocok untuk Liburan Keluarga

7. Serundeng

Serundeng juga termasuk oleh-oleh khas Solo yang sayang kalau tidak dibawa pulang ke kampung halaman. Serundeng terbuat dari kelapa parut yang digongseng sampai kering, lalu dicampur dengan aneka rempah-rempah. Rasanya gurih, baunya juga sangat enak. Sangat cocok disajikan saat makan siang untuk menambah selera makan.

Setelah membaca ulasan di atas, kalian pasti pada penasaran kan sama cita rasa dari oleh-oleh khas Solo? Daripada penasaran terus, lebih baik dicoba langsung ya saat kalian berkunjung ke Kota Solo.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *