Bersiap Memborong, Ini 7 Oleh-oleh Khas Aceh yang Wajib Diburu

Bersiap Memborong, Ini Oleh-oleh Khas Aceh yang Wajib Diburu

Travel Destinations282
Bersiap Memborong, Ini Oleh-oleh Khas Aceh yang Wajib Diburu shutterstock

Travel Blog Reservasi – Terletak di ujung Barat Indonesia, Aceh menyimpan kekayaan dan keindahan alam yang menarik untuk dieksplor. Pasca diserang keganasan tsunami tahun 2004, Aceh sudah berbenah menjadi daerah tujuan wisata yang diminati banyak pengunjung. Ada banyak oleh-oleh khas Aceh yang diminati wisatawan.

Nggak cuma wisata alam, budaya, dan sejarah, kamu juga bisa berburu oleh-oleh khas Aceh untuk dibawa pulang. Reservasi.com merangkum tujuh makanan di bawah ini untuk kamu masukkan dalam daftar perburuan. Simak yuk!

Baca juga Indahnya Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh yang Mirip Masjid Nabawi

Bakpia Sabang

Diawali dengan bakpia, info penting buat kamu nih bahwa makanan yang satu ini nggak cuma ada di Yogyakarta saja. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki bakpia versi masing-masing, salah satunya Aceh. Bakpia Aceh berasal dari pulau kecil di ujung barat Indonesia yaitu Sabang. Maka lebih dikenal sebagai Bakpia Sabang, atau kue kacang hijau.

Bentuknya sama seperti bakpia Yogyakarta, kulit luarnya garing dengan isian yang melimpah di dalam. Awalnya hanya tersedia dalam rasa kacang hijau, tapi kini varian rasa pandan mulai banyak diminati pembeli lho!

Kue Bhoi

Masih membahas camilan manis, ada kue bhoi atau kadang disebut sebagai kue ikan. Bukan terbuat dari daging ikan, tapi kue ini dicetak dengan bentuk seperti ikan. Tekstur luarnya garing seperti wafel, sedang bagian dalamnya selembut bolu. Kue ini biasanya dijadikan hantaran atau suguhan saat pesta pernikahan.

Kue Adee

Aceh memang kaya akan kudapan manis. Setelah bakpia dan kue bhoi, ada kue adee yang bentuknya sekilas mirip Bika Ambon. Kue adee juga sering disebut sebagai Bingkang Singkong. Bagian atasnya berminyak dengan warna kecoklatan, terbuat dari campuran singkong, tepung terigu, gula dan telur. Bedanya dengan Bika Ambon, bagian tengah kue adee padat dan tidak berrongga.

Kue adee yang paling populer di Aceh adalah Kue Adee Meureudu dan Kue Adee Kak Nah. Keunikan kue ini adalah aroma dan cita rasa bawang goreng yang ada di dalamnya. Tertarik mencoba?

Kue Timphan

Mencicipi kue tradisional dari tiap-tiap daerah di Indonesia nggak pernah membosankan. Seperti oleh-oleh khas Aceh yang satu ini, namanya kue timphan. Dibuat dari campuran ketan dan pisang raja, lalu diisi dengan parutan kelapa atau selai sarikaya. Dibungkus daun pisang, rasanya makin manis dan legit.

Karena dibuat dengan cara tradisional, kue timphan hanya tahan 3 hari saja. Jadi kalau ingin membawa pulang oleh-oleh khas Aceh ini harus memperkirakan waktu tempuh ya.

Kue Keukarah

Ada satu lagi kue tradisional khas Aceh yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berbentuk seperti jaring-jaring melingkar, makanan ini bernama kue keukarah. Rasanya manis dengan tekstur garing renyah. Bahan bakunya adalah tepung beras dan gula, biasanya disajikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Kue keukarah punya beberapa bentuk berbeda, seperti bulan sabit di kawasan Aceh Utara, dan berbentuk segitiga di bagian Aceh Barat. Meski begitu rasanya tetap sama, dan cukup tahan lama. Cocok nih dijadikan oleh-oleh untuk perjalanan jauh.

Dendeng Rusa

Setelah lima rekomendasi kudapan manis, oleh-oleh khas Aceh ada juga yang bisa dijadikan lauk. Berbeda dengan dendeng pada umumnya yang terbuat dari daging sapi, dendeng khas Aceh dibuat dari daging rusa. Namun tetap tersedia dendeng daging sapi untuk kamu yang ragu-ragu menjajal dendeng rusa.

Tersedia beberapa varian rasa dendeng seperti manis gurih, asin, pedas, dan kari. Makanan ini cukup tahan lama, bisa mencapai 3 bulan. Jadi nggak perlu khawatir membawanya dalam perjalanan jauh.

Kopi Gayo, Oleh-oleh khas Aceh Wajib Beli

Sebagai penutup, jangan lupa membawa pulang kopi Gayo. Biji kopi Gayo termasuk dalam jajaran kopi paling berkualitas di Indonesia. Bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara bersama biji kopi Flores, Wamena, Sidikalang dan Kintamani. Apalagi buat para pecinta kopi, wajib banget membawa pulang oleh-oleh khas Aceh yang satu ini.

Sudah ada agenda berkunjung ke Aceh? Jangan lupa masukkan tujuh oleh-oleh di atas ke dalam daftar belanja ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *