Museum Musik Indonesia Hadir Pertama Kali di Malang - Reservasi Travel Blog

Museum Musik Indonesia Hadir Pertama Kali di Malang

Travel News489
Museum Musik Indonesia Hadir Pertama Kali di Malang Sumber gambar: portalmusikmalang.com

Travel Blog Reservasi – Museum musik pertama dan satu-satunya di Indonesia resmi dibuka di Malang, tepatnya di Gedung Kesenian Gajayana.

Awalnya museum ini bernama Galeri Malang Bernyanyi (GMB). Galeri Malang Bernyanyi berdiri pada tahun 2009 dengan koleksi awal sebanyak 200 kaset dan piringan hitam.

Lalu pada tahun 2015, GMB bertransformasi menjadi MMI. Nama Museum Musik Indonesia (MMI)  sebelumnya sudah ada dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Kemudian oleh pemilik hak cipta, Eddy Herwani nama Museum Musik Indonesia tersebut diberikan kepada pengelola GBM untuk memakai nama MMI.

   Baca juga:

Museum Musik Indonesia
Koleksi Museum Musik Indonesia, sumber gambar: merdeka.com

Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Hari Sungkari berharap, dengan adanya museum tersebut setiap generasi bisa memahami dan mengenang musik terdahulu.

Menurut Hari Sungkari berdasarkan berita yang dikutip dari kompas.com, dia berharap mudah-mudahan apa yang dilakukan bisa berguna untuk kita semua. Dalam artian musik lama dengan penyanyi yang lama yang mungkin generasi kita lupakan, dengan museum ini kita kenang lagi. Dari generasi ke generasi bisa mengenang musik.

Sumber gambar: flickr.com
Sumber gambar: flickr.com

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengaku bangga karena museum musik pertama di Indonesia ada di Malang dan berharap museum tersebut menjadi magnet wisata baru di Kota Malang sehingga kunjungan wisatawan ke kota bunga itu semakin meningkat.

(Baca juga: Selamat! Malang Terpilih Jadi Kota Udara Terbersih di Asia)

Dalam peresmian Museum Musik Indonesia hadir penyanyi legendaris seperti Sylvia Saartje, Berlian Hutauruk dan Grace Simon.

Sumber: kompas.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

2 thoughts on “Museum Musik Indonesia Hadir Pertama Kali di Malang

  1. Dulu museum indentik dengan tempat yang angker dan kuno, tapi sekarang lebih keren dan juga dijadikan sebagai tempat berineraksi bermacam kegiatan didalamnya dan diantaranya adalah diskusi tentang kebudayaan, sejarah dan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *