Museum Bahari Resmi Dibuka Setelah Kebakaran - Reservasi Travel Blog

Museum Bahari Resmi Dibuka Hari Ini Usai Dilanda Kebakaran

Travel News333
Museum Bahari Resmi Dibuka Hari Ini Usai Dilanda Kebakaran

Travel Blog Reservasi – Usai dilanda kebakaran beberapa waktu lalu, Museum Bahari akhirnya resmi dibuka kembali tanggal Selasa, 23 Januari 2018.

Kamu sudah bisa mengunjungi museum yang terletak di Jalan Pasar Ikan, Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara ini mulai hari ini. Namun sayangnya kondisi museum masih belum pulih 100 persen.

Menurut Kepala Museum Bahari Husnison Nizar yang dilansir dari berbagai sumber (23/01), diambilnya kebijakan museum dibuka untuk umum karena situasi pasca kebakaran sudah dinilai kondusif. Sehingga masyarakat dipastikan aman untuk melihat-lihat koleksi yang tersisa.

Meski museum yang sarat sejarah kemaritiman Nusantara, mulai era tradisional berbagai suku di Indonesia, hingga modern ini sudah dibuka untuk umum. Pengunjung tetap tidak boleh mendekati lokasi kebakaran. Pasalnya hal tersebut dikhawatirkan bakal membahayakan jiwa pengunjung.

Untuk sekedar informasi, Museum Bahari mengalami kebakaran 16 Januari 2018 kemarin.

Akibat kebakaran tersebut Gedung A dan Gedung C hangus terbakar dan menyebabkan koleksi yang ada di dalamnya tidak bisa diselamatkan, kurang lebih 150 koleksi museum turut terbakar.

Memang sebelumnya tanggal 19 Januari 2017 Museum Bahari sempat dibuka untuk umum, namun akhirnya diputuskan untuk ditutup kembali karena masih ada persoalan yang harus diselesaikan.

Sesuai namanya, Museum Bahari menyimpan begitu banyak jejak-jejak kejayaan bahari Indonesia. Di Museum ini ada sekitar 800 koleksi kebaharian Indonesia, mulai dari lukisan perahu tradisional hingga sejarah pelabuhan besar di Indonesia.

Di Museum Bahari pula kamu bisa melihat dan mempelajari kemaritiman, serta armada pertahanan laut Indonesia tempo dulu. Koleksinya mulai dari jangkar kapal laut, meriam, navigasi perkapalan, teropong, serta miniatur-miniatur kapal nelayan.

Museum bahari
Shutterstock.com

Hari ini kamu bisa mengunjungi kawasan selatan, timur, dan barat. Seperti yang sudah diulas di atas kamu belum bisa datang ke tempat yang terkena yang terkena musibah kebakaran, juga belum bisa menyaksikan kondisi koleksi yang ikut terbakar.

Lokasi dan Tiket Masuk Museum Bahari

Lokasi Museum Bahari : Jl. Pasar Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120

Untuk tiket masuk museum, masih tetap sama seperti sebelumnya Rp5.000 untuk satu orang.

Akses Menuju Museum Bahari dengan Angkutan Umum Transjakarta;

  • Kamu bisa naik bus transjakarta tujuan Kota, lalu turun di Halte Kota, kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu dengan naik Mikrolet No. 15, atau Kopami No. 2, atau bisa juga naik angkutan online.

Informasi selengkapnya tentang dunia traveling, baca di sini.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *