Misteri Tersembunyi Dibalik Keindahan Ranu Kumbolo, Seram! - Reservasi Travel Blog

Misteri Tersembunyi Dibalik Keindahan Ranu Kumbolo, Seram!

Travel Story65
Misteri Tersembunyi Dibalik Keindahan Ranu Kumbolo, Seram!

Travel Blog Reservasi – Danau yang menjadi tempat pemberhentian para pendaki yang bertengger di atas Gunung Semeru. Dialah Ranu Kumbolo. Rasa lelah saat mendaki gunung rasanya hilang dalam sekejap ketika view danau ada di depan mata.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Ini Ternyata Pernah Dijadikan Lokasi Syuting Film

Dibalik keindahan tersebut, Ranu Kumbolo menyimpan berbagai misteri yang sampai saat ini masih dipercaya oleh beberapa pendaki.

Selengkapnya mengenai misteri Ranu Kumbolo akan dibahas di bawah ini.

1. Sosok ikan mas

Di dalam Ranu Kumbolo terdapat berbagai macam spesies ikan. Salah satunya adalah ikan mas. Masyarakat setempat melarang para pendaki untuk memancing di Ranu Kumbolo. Tujuannya supaya tidak ada satu pun ikan mas yang tertangkap atau dibawa pulang. Konon katanya ikan mas tersebut adalah para dayang yang selalu mendampingi Dewi Ranu Kumbolo.

2. Dua patung gaib

Patung gaib ini bisa ditemukan di Kawasan Arcopodo, kawasan yang sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan setelah mendaki. Kedua patung gaib ini hanya bisa dilihat oleh seseorang yang memiliki mata batin. Patung ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan ukurannya kecil, sedang, besar bahkan menyerupai raksasa.

3. Sosok dewi penunggu

Ranu Kumbolo memiliki area pinggiran yang sangat luas. Area inilah yang sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan, camping, atau bahkan berfoto ria. Beberapa orang yang pernah mendaki ke Ranu Kumbolo pernah melihat sosok dewi berkebaya kuning di sekitar pinggir danau. Sosok ini disebut sebagai dewi penunggu yang muncul saat bulan purnama tiba.

4. Air danau yang suci

Air yang terdapat di Ranu Kumbolo dianggap suci oleh masyarakat setempat. Wajar saja jika air danau sering digunakan sebagai pelengkap dalam ritual keagamaan. Itulah alasan kenapa para pendaki dilarang mandi di dalam danau. Dibalik itu, tujuannya juga agar air danau tetap bersih.

5. Zona blank 75

Merupakan area yang pasti dilewati saat mendaki ataupun turun dari puncak gunung. Pendaki perlu berhati-hati saat berada di zona ini karena memiliki jurang yang curam. Jika sampai terpeleset atau jatuh ke dalam zona blank 75, jasad korban sulit ditemukan. Atau dengan kata lain menghilang entah ke mana.

6. Misteri tanjakan cinta

Di sebelah barat Ranu Kumbolo terdapat sebuah tanjakan ke puncak gunung. Pendaki yang selalu memikirkan pasangannya saat mendaki tanpa sekalipun melihat ke belakang dikabarkan akan memiliki kisah cinta yang bahagia.

Percaya atau tidak pada misteri Ranu Kumbolo di atas, semuanya balik lagi kepada diri kita masing-masing. Intinya tetap jaga kesopanan dan kebersihan Ranu Kumbolo agar pesonanya masih bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *