Menjelajah Tempat Wisata Kartini di Jepara Jawa Tengah

Menjelajahi Tempat Wisata Menarik di Kota Kelahiran R.A. Kartini

Travel Destinations423
Menjelajahi Tempat Wisata Menarik di Kota Kelahiran R.A. Kartini Museum Kartini Jepara (edyraguapodotblogspotdotcodotid)

Travel Blog Reservasi – Siapa sih yang tidak kenal dengan Raden Ajeng Kartini, atau yang sering disebut juga dengan Ibu Kita Kartini. Merupakan salah satu sosok wanita kelahiran Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879 yang lalu. Beliau sudah dikenal sebagai seorang tokoh Jawa dan sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia yang menjadi pelopor kebangkitan para perempuan di Indonesia.

Sosoknya yang selalu dikenang sampai saat ini, ternyata memiliki beberapa peninggalan-peninggalan yang wajib kamu ketahui. Nah, buat kamu yang sudah berencana untuk berlibur di Jawa Tengah nanti, terutama mengunjungi Jepara dan Rembang, kamu wajib datang ke beberapa tempat yang akan mengingatkan kamu tentang sosok Raden Ajeng Kartini. Yuk, mari kita simak bersama ulasannya.

1. Pendopo Kabupaten Jepara

Tempat Wisata Kartini
Pendopo Kabupaten Jepara (mapiodotnet)

Raden Ajeng Kartini sempat tinggal dan menetap di Pendopo Kabupaten Jepara semasa ia remaja. Tempat yang bersejarah ini tak boleh kamu lewati tentunya, apalagi demi menyambut Hari Kartini pada tanggal 21 April mendatang.

Banyak dari pengunjung dan beberapa ahli sejarah telah menyebutkan, kalau banyaknya kenangan-kenangan dan buah pikiran R.A Kartini dan ide-ide cemerlang yang bermunculan di tempat ini. Selain itu, Kartini memang dibesarkan di tempat ini oleh sang ayah, yang juga menjabat sebagai Bupati Jepara pada saat itu. Berlokasi di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara, Jawa Tengah, tempat ini bisa kamu kunjungi secara gratis lho.

2. Museum Kartini Jepara

Tempat Wisata Kartini
Museum Kartini Jepara (wisata-tamanairdotcom)

Museum yang terletak di Jalan Alun-alun No.1 Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Jawa Tengah ini masih berada dekat dengan Pendopo Kabupaten Jepara. Museum yang telah didirikan sejak tanggal 30 Maret 1975 yang lalu ini ternyata baru diresmimkan 2 tahun berikutnya, yakni pada tahun 1977 silam oleh Bupati Soedikto.

Dalam Museum RA Kartini ini, terdiri dari 3 buah gedung yang sudah dibangun di atas area tanah seluas kurang lebih 5.210m2. Hal unik yang perlu kamu ketahui, nama gedung yang berada di tempat ini berinisial Gedung K, Gedung T dan Gedung N yang berarti Kartini.

Tak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam koleksi-koleksi yang akan disajikan pada 4 ruangan berbeda pada setiap gedung yang ada di Museum RA Kartini ini. Terbagi dalam 4 ruangan, kamu wajib menjelajah di semua ruang dan melihat isi dari peninggalan yang sangat bersejarah dan koleksi-koleksi lainnya ya.

Buat yang tertarik untuk berkunjung, Museum ini kamu wajib tahu terlebih dahulu jadwal dan harga tiket masuknya.

Jam Operasional:

  • Senin – Sabtu akan buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Sedangkan hari Minggu akan buka mulai dari pulul 09.00 hingga 17.00 WIB

Biaya untuk masuk ke tempat ini pun terbilang sangat murah. Untuk para dewasa akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000 dan anak-anak akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 saja.

3. Pantai Kartini

Tempat Wisata Kartini
Pantai Kartini Jepara (matajatimdotcom)

Berada di Jepara, jaraknya tak terlalu jauh dengan Pendopo Kabupaten Jepara. Pantai ini juga sangat bersejarah, demi menyambut Hari Kartini pada tanggal 21 April mendatang. Pada masa kecil, ia kerap bermain di pantai ini.

Kini, tempat ini sangat terkenal dikalangan para wisatawan. Pantai yang telah menjadi wisata keluarga dan edukasi di Jepara ini hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Terletak di Bulu, Jepara, Jawa Tengah, pantai ini bisa kamu kunjungi dengan hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kamu temui di Pantai Kartini ini, salah satunya adalah Kura-kura ocean park yang tak boleh terlewatkan.

4. Museum Kamar Pengabadian Kartini Rembang

Tempat Wisata Kartini
Museum Kamar Pengabdian Kartini (swarajeparadotnet)

Berada di Jalan Gatot Subroto, Jepara, Jawa Tengah. Lokasi yang keempat ini merupakan salah satu tempat RA Kartini yang juga dijadikan tempat ia menulis surat mengenai para perempuan untuk seorang sahabatnya. Yang mana, kumpulan surat-surat ini sendiri pun sudah dikumpulkan dalam sebuah buku legendaris yang berjudul “Habis Gelap, Terbitlah Terang.”

Selain kamar yang ia jadikan sebagai tempat menulis surat, Kartini pun juga melahirkan anak tunggalnya di tempat ini. Kini, kamar yang bersejarah ini dijadikan sebuah tempat bersejarah yang dinamai Museum Kamar Pengabdian Kartini Rembang.

Nah, buat para pengunjung yang datang ke tempat ini, kamu bisa menikmati aneka perkakas yang pernah digunakan oleh RA Kartini, sampai koleksi lukisan-lukisan hasil karyanya. Tempatnya yang masih berlokasi di komplek Museum RA Kartini ini tak boleh kamu lewatkan!

5. Makam RA Kartini Jepara

Jika sudah berkunjung ke-4 tempat wisata bersejarah yang berada di Jepara, kini saatnya kamu berkunjung ke Makam RA Kartini. Biasanya, banyak juga dari para pengunjung di dalam maupun luar Jepara yang tak segan untuk berziarah dan melihat makam sang pahlawan, RA Kartini.

Salah satu tempat wisata religi yang berada di Rembang. Sosok Kartini yang telah wafat pada tahun 1904 yang lalu, ia telah dikenal sebagai sosok wanita yang dinobatkan sebagai Pahlawan Pejuang emansipasi Wanita Indonesia. Tak hanya makam RA Kartini saja, di sini juga terdapat makam sang suami dan putra tunggalnya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *