71 Persen Traveler Gunakan Sumber Informasi Wisata Secara Online! - Reservasi Travel Blog

71 Persen Traveler Gunakan Sumber Informasi Wisata Secara Online!

Travel News231
71 Persen Traveler Gunakan Sumber Informasi Wisata Secara Online!

Travel Blog Reservasi – Agoda adalah merupakan situs booking hotel terdepan di Asia dan bagian dari Priceline Group yang terdaftar di bursa saham Nasdaq (Nasdaq: PCLN), mengumumkan hasil survey Travel Smart terkini nya yang menunjukkan bahwa traveler sekarang lebih mempercayai situs daring semacam forum dan blog sebagai acuan dalam merencanakan perjalanan nya.

Survey ini dilakukan di bulan April dan Mei 2015 yang melibatkan lebih dari 5,500 responden yang juga pelanggan Agoda.com dari seluruh dunia. Topiknya adalah nara sumber mana yang dijadikan panduan yang terpercaya saat mereka hendak melakukan perjalanan. Hasilnya, forum online adalah yang terpopuler dengan persentasi jawaban sebesar 34%.

Peringkat kedua terbanyak ditempati oleh blog dan situs perjalanan pribadi/independen dengan persentasi 28%. Bila digabungkan sumber panduan secara online yang didalam nya termasuk forum, blog dan aplikasi (mobile apps) menjadi total 71% dari seluruh hasil survey yang dijawab oleh responden.

“Tidak mengherankan apabila para pelaku perjalanan sekarang lebih banyak menggunakan panduan wisata online. Di saat mereka mengeksplorasi internet dan mendapatkan beragam sumber informasi, mereka bisa mencari informasi apapun yang diperlukan dan belajar dari pengalaman para traveler lain yang dibagikan di internet dalam waktu cepat, beda dari masa sebelumnya,” ucap John Brown, Kepala Pelaksana Operasional Agoda.com.

online-sources-for-traveller-hd3

Sumber Panduan Wisata Terbaik Sebelum Traveling?

  • Forum online : 34%
  • Blog dan situs perjalanan Independen (pribadi) Seperti blog.reservasi.com : 28%
  • Masukan dari penduduk setempat : 13%
  • Buku panduan wisata cetak : 12%
  • Aplikasi Perjalanan (apps) : 9%
  • Lain-lain : 4%

Yang menarik adalah, hanya 12% responden yang menggunakan buku panduan wisata versi cetak. Ini berarti dominasi media online semakin berkembang pesat semenjak penetrasi internet semakin merata di Indonesia dan di seluruh dunia!

Selanjutnya, untuk topik berbagi pengalaman wisata dengan publik, 79% responden menyatakan mereka mem-posting ulasan, komentar di blog ataupun media sosial untuk berbagi kisah dan pengalaman nya kepada para pengikut dan pembaca situs-situs perjalanan atauun pribadi.

petualangan-seru-tanpa-di-bagi-pasti-kurang-rasanya

Apakah Teman – Teman Traveler Berbagi Cerita Pengalaman Perjalanan?

  • Tidak  : 21%
  • Ya, Saya melakukan ulasan online : 38%
  • Ya, Saya berbagi di media sosial : 25%
  • Ya, saya berkomentar di blog dan forum  : 16%

Dapat disimpulkan, dengan semakin majunya teknologi dan semakin mudahnya berbagi cerita. Sebagian besar pejalan pasti berbagi tentang pengalaman perjalanannya di dunia online. Baik melalui blog, atau berbagai social media lainnya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *