5 Tips Aman Mendaki ke Kawah Ijen - Reservasi Travel Blog

5 Tips Aman Mendaki ke Kawah Ijen

Travel Tips75
5 Tips Aman Mendaki ke Kawah Ijen shutterstock

Travel Blog Reservasi – Siapapun rasanya pasti terpukau saat melihat pemandangan dari puncak Kawah Ijen. Kawahnya yang begitu fenomenal dihiasi warna api biru menjadi sesuatu yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Menikmati momen sunrise dan sunset dari Kawah Ijen pasti jadi momen yang terlupakan.

Baca juga: Komik Indonesia Ini Memamerkan Keindahan Kawah Ijen, Banyuwangi

Berniat ke Kawah Ijen untuk pertama kalinya? Simak tips mendaki ke Kawah Ijen berikut.

1. Istirahat yang cukup

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Kawah Ijen kurang lebih 2 jam dengan pendakian sejauh 3,8 km. Kondisi jalan pendakian kilometer pertama masih smooth, tapi kilometer berikutnya mulai curam dan melelahkan. Pastikan kamu beristirahat yang cukup sehari sebelum pergi mendaki agar tubuh tetap fit.

2. Hindari minuman beralkohol

Nggak mau tiba-tiba tumbang saat mendaki, kan? Untuk itu hindari konsumsi minuman beralkohol sehari sebelum mendaki. Alkohol hanya akan bikin pusing dan ngantuk. Sebaiknya konsumsi kopi agar mata tetap melek, sehingga kamu tetap fokus saat mendaki.

3. Jangan lupa minum antimo

Bagi kamu yang mabuk daratan, sebaiknya minum antimo sebelum berangkat. Antimo dapat menghilangkan rasa pusing, mual dan muntah akibat jarak tempuh yang jauh. Konsumsi satu buah antimo saja, jangan dua atau tiga agar kamu tidak mengantuk saat mendaki Kawah Ijen nanti.

4. Bawa makanan dan minuman

Kalau yang satu ini fix jangan sampai lupa. Waktu tempuh ke puncak Kawah Ijen sekitar 2 jam dengan trek pendakian yang tidak mulus. Lagi pula mendaki membutuhkan tenaga yang sangat besar. Ketika kamu merasa lelah dan lapar, kamu bisa makan dan minum sebentar saja untuk memulihkan tenaga. Dengan cara ini, kamu dapat melanjutkan perjalanan sampai ke atas kawah.

5. Bawa perlengkapan pendakian

Bagi kamu yang ingin menyaksikan sunrise, mendaki dilakukan saat dini hari. Perlengkapan pribadi seperti senter, jaket, sarung tangan dan masker wajib ada di dalam tas. Pakailah semua perlengkapan sebelum mulai mendaki. Berhubung karena belerang di Kawah Ijen sangat banyak, bawa masker lebih dari 1 sehingga kamu bisa mengganti masker saat turun nanti.

6. Pakai pemandu berpengalaman

Buat yang pertama kali mendaki Kawah Ijen, sebaiknya sewalah pemandu yang berpengalaman. Pemandu ini akan menolong kamu untuk memilih trek dakian yang tidak terlalu ekstrem. Biaya sewa guide atau pemandu cukup murah kok cuma Rp10.000 saja per orang.

Itu dia tips mendaki ke Kawah Ijen yang bisa kamu praktekkan. Kalau kamu punya tips mendaki ke Kawah Ijen, jangan lupa share di sini ya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *