Mau Bikin Paspor Online? Begini Tipsnya - Reservasi Travel Blog

Mau Bikin Paspor Online? Begini Tipsnya

Travel Tips215
Mau Bikin Paspor Online? Begini Tipsnya Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Belum punya paspor tapi berencana pergi ke luar negeri? Tenang saja, Reservasi.com akan bahas tips membuat paspor yang paling mudah. Nggak perlu meminta bantuan keluarga, teman, pacar atau tetangga untuk mengurus paspor, kalian bisa mengurusnya sendiri lewat internet.

Baca Mau Mengurus Paspor Beda Domisili? Perhatikan Syarat Ini!

Yang perlu kalian tahu, ada beberapa jenis paspor. Diantaranya adalah paspor biasa dan paspor elektronik. Jika ingin traveling ke Jepang, sebaiknya kamu mengurus paspor elektronik agar bisa mendapatkan bebas visa.

Jadi sebelum membuat paspor, pastikan destinasi liburan kalian supaya mengurus paspor jadi lebih mudah. Untuk tips membuat paspor online, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Persiapkan semua berkas yang diperlukan

Di era yang modern seperti sekarang, kalian nggak perlu mengurus pindaian dokumen pribadi untuk membuat paspor. Kalian cukup menyiapkan dokumen yang nantinya akan dibawa ke kantor imigrasi.

Adapun dokumen yang diperlukan seperti:

  • e-KTP atau surat keterangan dari dukcapil jika belum ada e-KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran / ijazah / buku nikah
  • Paspor lama (untuk perpanjangan paspor)

Sedangkan untuk mengurus paspor anak, dokumen yang diperlukan seperti:

  • KTP orang tua
  • Akta Lahir Anak
  • Kartu Keluarga
  • Buku nikah orang tua
  • Paspor orang tua

2. Kunjungi website imigrasi, lalu isi formulirnya

Setelah semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap, sekarang saatnya untuk mengunjungi website resmi dari pihak imigrasi. Websitenya dapat kalian akses di www.imigrasi.go.id.

Di halaman utama, pilihlah menu ‘Layanan Paspor Online’ lalu klik ‘Pra Permohonan Personal’. Setelah itu, kalian bisa mengisi seluruh data-data pribadi seperti yang diminta oleh website. Kemudian klik ‘Lanjut’ untuk beralih ke tahap berikutnya.

3. Membayar paspor dan konfirmasi pembayaran

Setelah semua data pribadi terisi dengan benar, kalian perlu membayar biaya pembuatan paspor online yang tertera di website. Tarif ini ditentukan langsung oleh pihak imigrasi sesuai dengan destinasi tujuan kalian.

Adapun biaya yang harus dibayar meliputi biaya pembuatan paspor, biaya biometrik dan biaya transfer antar bank (apabila bank yang digunakan berbeda). Setelah bayar, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran di website imigrasi.

4. Datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal

Setelah semua proses pembuatan paspor online beres, tibalah saatnya untuk datang ke kantor imigrasi. Informasi mengenai waktu kedatangan sudah diberitahukan sebelumnya. Usahakan datang sesuai jadwal yang ditentukan.

Jangan lupa untuk menjaga penampilan kalian ya! Berpakaian lah yang rapi dan sopan, lalu bawa seluruh dokumen yang sudah disiapkan di awal. Jangan lupa mengambil nomor antrian sesampainya kalian di kantor imigrasi nanti.

5. Ikuti sesi foto, biometrik dan wawancara

Saat nomor antrian kalian dipanggil, segera datangi konter yang sudah ditentukan. Pada poin ini, kalian harus mengikuti sesi foto, data biometrik (sidik jari) dan mengikuti wawancara.

Tidak perlu khawatir, wawancara di kantor imigrasi ini tidak sulit kok. Pertanyaannya juga sangat mudah yaitu seputar tujuan pembuatan paspor dan destinasi liburan yang akan kalian kunjungi nanti.

6. Paspor selesai!

Setelah proses pada poin nomor 5 selesai, kalian sudah bisa mengambil paspor tersebut. Pengambilan paspor bisa dilakukan 3-4 hari kerja setelah proses wawancara selesai. Untuk memastikan apakah paspor sudah selesai atau belum, kalian bisa langsung mengeceknya ke situs imigrasi.

Apabila status permohonan dinyatakan selesai, datanglah ke kantor imigrasi untuk kedua kalinya sesuai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan. Selesai! Sekarang kalian bisa liburan ke luar negeri.

Pastikan kalian punya data internet yang super duper cepat agar proses pembuatan paspor online ini berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Baca 10 Pertanyaan Seputar Perpanjang Paspor yang Perlu Kamu Ketahui

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *