Masa Depan Teknologi dalam Dunia Traveling - Reservasi Travel Blog

Masa Depan Teknologi dalam Dunia Traveling

Travel News183
Masa Depan Teknologi dalam Dunia Traveling Ilustrasi Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Teknologi tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk salah satunya dalam dunia traveling.

Kini dengan kemudahan teknologi, traveling pun tidak luput dari sentuhan teknologi, Bahkan mungkin secara tidak sadar, kamu sudah menggunakan salah satu teknologi masa depan yang akan digunakan dalam dunia traveling, seperti dilansir dari Yahoo Finance (1/4)

Baca Beda dengan Negara Lain, Begini Cara Warga Korea Utara Memanfaatkan Alat Teknologi

Data Biometrik

Data-data biometrik seperti scanning sidik jari memang memudahkan saat melewati imigrasi. Bahkan di beberapa bandara di negara-negara maju sudah disediakan auto-gate yang tinggal memindai data biometrik kamu sehingga proses pemeriksaan jadi lebih cepat dari biasanya.

Data biometrik didapatkan saat penumpang mengurus paspor berdasarkan negaranya masing-masing. Data biometrik juga malah sudah menjadi salah satu modal untuk dijadikan syarat bebas visa seperti ke Jepang dengan menggunakan paspor elektronik yang menyimpan data dalam sebuah chip khusus.

Pemindai Wajah

Selain data biometrik, alat pemindai wajah di beberapa bandara Internasional kini mulai dikenalkan.

Tidak berbeda jauh seperti data biometrik, pemindai wajah bahkan sudah digunakan dalam sosial media seperti facebook.

Salah satu contohnya ketika ada foto diunggah di Facebook, teknologi pengenal wajah akan langsung memberikan label pemilik wajah tersebut terutama jika sudah berteman dengan salah satunya.

Teknologi pemindai wajah bukan tidak mungkin bakal diterapkan juga dalam pemeriksaan di bandara sehingga prosesnya akan lebih cepat dan cukup akurat.

Salah satu bandara yang sudah menerapkan pemindai wajah adalah LAX di Los Angeles khusus untuk warga negara Amerika.

Dengan teknologi pemindai wajah ini, proses pemeriksaan keamanan jadi tiga kali lebih cepat daripada pemeriksaan manual biasa. Namun salah satu syaratnya tentu saja paspornya sudah harus menyimpan data biometrik sehingga komputer secara otomatis akan mencocokkan pemilik paspor dengan wajah aslinya.

perbedaan e-paspor dengan paspor biasa
shutterstock

Perintah Suara

Perkembangan kecerdasan artifisial benar-benar dimanfaatkan dalam berbagai lini bisnis termasuk dalam dunia traveling.

Seolah memiliki seorang sekretaris pribadi, kamu bisa menggali informasi tentang wisata perjalanan kamu hanya menggunakan Google Assistant dengan perintah suara saja.

Bus Tanpa Awak

Lambat laun, bus tanpa awak atau tanpa supir akan mulai diuji coba dan diaplikasikan di jalan raya.

Seperti sebuah skytrain yang mulai dijalankan secara jarak jauh, bus tanpa awak ini secara bertahap akan dikendalikan secara jarak jauh untuk kemudian bisa melayani semua penumpang sendiri.

Saat ini, teknologi bus tanpa awak sudah diuji coba di Bandara Gatwick London. Ke depan jika uji coba berhasil, kemungkinan tidak akan ada awak lagi yang mengantarkan kamu dari terminal ke terminal atau menuju ke pesawat selain bus-bus cerdas tanpa awak.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *