Daftar 7 Makanan Khas Sumatra Barat Ini Wajib Kalian Coba - Reservasi Travel Blog

Daftar 7 Makanan Khas Sumatra Barat Ini Wajib Kalian Coba

Travel Destinations153
Daftar 7 Makanan Khas Sumatra Barat Ini Wajib Kalian Coba

Travel Blog Reservasi – Indonesia memang terkenal dengan budayanya yang beragam, mulai dari adat istiadat, bahasa, hingga kuliner. Hampir seluruh kuliner khas Indonesia memiliki keunikan tersendiri dan rasanya juga lezat. Salah satunya adalah makanan khas Sumatra Barat, kuliner yang berkembang di Provinsi Sumatra Barat ini terdapat berbagai macam jenis.

Baca Dari Ujung Utara ke Selatan, Ini 9 Tempat Wisata di Sumatra yang Wajib Dikunjungi

Ciri khas dari Kuliner Sumatra Barat ini adalah terletak pada rasanya. Biasanya Kuliner Sumatra Barat didominasi dengan cita rasa pedas dan bersatu padu dengan gurihnya santan.

Sebagian besar orang Sumatra sendiri menyebut kuliner khas Sumatra Barat ini dengan sebutan Kuliner Minangkabau. Cita rasa yang kuat dari Kuliner Minangkabau ini terdapat pada bumbu dan bahan dasarnya. Karena biasanya bumbu Kuliner Minangkabau ini menggunakan rempah-rempah yang tidak sedikit.

Bagi kalian yang ingin jelajahi tempat wisata Sumatera Barat, tak lengkap rasanya jika kalian traveling tapi tidak mencoba beragam makanan khas Minangkabau ini.

Wajib bagi kalian hukumnya mencicipi makanan khas Sumatra Barat sebelum pulang ke kota asal. Jangan mau kalah dengan orang-orang asing yang mencintai kuliner ini. Pasalnya, salah satu Kuliner Minangkabau memang sudah melejit namanya di penjuru dunia.

Apalagi kalau bukan Rendang? Rendang adalah makanan yang sangat identik dengan Sumatra Barat, kenikmatannya sudah tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu jangan heran ya, jika kalian menemukan kuliner Sumatra Barat ini tersebar hingga ke luar negeri.

Sebetulnya makanan khas Sumatra Barat tak hanya rendang saja, ada lebih dari satu kuliner yang wajib kalian coba. Jadi, jika kalian berencana travelling ke Sumatra Barat jangan sampai melewatkan mencicipi kulinernya ya.

Baca Bulan Madu Murah Bukan Cuma Impian! Ini 5 Rekomendasi Tempatnya

Rendang

makanan khas sumatra barat
shutterstock

Rendang, makanan khas Sumatra barat yang rasanya sudah mendunia. Bahkan tak segan-segan banyak orang asing yang suka dengan makanan yang satu ini. Dibalik ketenaran rendang tahukah kalian apa yang membuat rendang begitu lezat?

Rendang adalah masakan yang berbahan dasar daging. Biasanya menggunakan bahan daging sapi segar kemudian dimasak dengan campuran dari berbagai macam rempah serta bumbu khas Minang. Rendang menggunakan campuran santan kelapa, dan dimasak berjam-jam lamanya hingga berubah warna menjadi cokelat pekat dan kering. Bukan berarti rendang dimasak sampai gosong ya.

Tujuannya dimasak hingga berjam-jam lamanya adalah, agar rendang ini awet hingga berminggu-minggu. Untuk rasa jangan diragukan lagi! Rendang memang terkenal lezat, membayangkannya saja mungkin kalian akan merasa lapar. Rendang paling cocok dimakan dengan nasi yang hangat dan sambal hijau.

Baca Nendang Abis! Makanan Khas Sumatra yang Bikin Kamu Sulit Move On

Nasi Kapau

Nasi kapau, adalah nasi rames yang berasal dari Nagari Kapau, Sumatra Barat. Biasanya nasi kapau ini terdiri dari nasi, sambal, lauk pauk khas Kapau seperti gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai babat, gulai cincang dan dilengkapi dengan lalap daun singkong yang sudah direbus.

Sekilas nasi kapau memang mirip dengan nasi padang, dari lauk pauk dan pelengkap lainnya memang terlihat sama. Tetapi tahukah kalian? Ternyata nasi kapau dan nasi padang berbeda. Walaupun perbedaannya hanya sebagian orang saja yang tahu, khususnya orang Sumatra Barat aslinya saja.

Salah satu perbedaannya terletak pada bumbu ternyata. Bagi penjual nasi kapau biasanya mereka menggunakan kelapa sebagai bahan campuran gulai lebih banyak dari gulai yang ada di nasi padang. Kemudian sayuran yang biasa kalian makan di dalam nasi padang memang sengaja dipotong-potong kecil.

Sedangkan sayuran yang terdapat didalam gulai sebagai pelengkap nasi kapau disajikan dengan potongan besar. Seperti halnya kol, disajikan dalam bentuk satu lembar, dan kacang panjang hanya dipotong menjadi tiga bagian.
Perbedaan selanjutnya adalah penyajian nasi kapau. Jika kalian masuk kedalam kedai nasi kapau, kalian akan melihat kuali-kuali besar berjajar diatas meja. Tata letaknya persis seperti di warteg, namun yang berbeda adalah makanannya.

Kalian hanya tinggal memilih ingin makan dengan lauk apa saja, dan kemudian pelayan dari kedai nasi kapau akan menyendokan lauknya ke piring kalian menggunakan sendok sayur yang panjang. Sekilas memang nampak sama, tetapi jika kalian perhatikan seksama ternyata berbeda.

Nah, bagi kalian yang ingin pergi ke Sumatra Barat jangan sampai melewatkan kuliner nasi kapau ya. Kalau kalian penasaran kalian bisa langsung mencobanya ketika sampai di Sumatra Barat. Selamat mencoba!

Sate Padang

sate padang enak dan murah

Jangan pernah memandang sebelah mata makanan khas Sumatra Barat. Pasalnya, Sumatra Barat adalah salah satu destinasi surganya kuliner pedas nan lezat, salah satunya sate padang. Sate padang berbeda dengan sate berbumbu kacang pada umumnya yang sering kita temui di jalan-jalan. Apa yang membuatnya berbeda?

Bahan dasar yang digunakan dalam sate padang bukanlah daging ayam atau kambing, melainkan daging sapi atau daging kerbau yang memiliki tekstur agak keras. Tak jarang pula bahan dasar yang digunakan dalam sate padang adalah lidah sapi, paru ataupun usus.

Yang membuat sate padang lezat, terletak pada bumbunya yang sangat khas. Bumbu sate padang terbuat dari rebusan tepung beras, dan dibumbui beragam rempah-rempah seperti cabai, serai, jinten, jahe, ketumbar, kunyit lada dan lainnya. Tak heran mengapa bumbu sate padang kental sekilas seperti bubur.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin mencoba lezatnya sate padang, kalian bisa menemukannya di warung-warung kaki lima. Tetapi belum puas rasanya jika hanya mencobanya di warung pinggir jalan. Cobalah travelling ke Sumatra Barat dan cicipi sate padang langsung di tempat asalnya.

Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek? Namanya memang masih asing di telinga jika kalian bukan asli orang Padang. Tetapi jika kalian melihat bentuknya, mungkin sudah tidak asing lagi. Kerupuk jangek adalah kerupuk kulit yang berbentuk kubus kecil dan memiliki rongga yang besar di dalamnya.

Kerupuk jangek terbuat dari kulit sapi ataupun kerbau. Umumnya pembuat kerupuk jangek membuatnya dari kulit kerbau. Kerupuk ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, jika kalian sedang berpergian, kalian akan sering menjumpai pedagang kerupuk jangek di pinggir jalan.

Di daerah Sumatra Barat, kerupuk jangek menjadi makanan favorit pelengkap dari gulai. Nah, jika kalian pergi ke Sumatra Barat, kalian bisa membeli kerupuk jangek sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat kerja kalian. Rasanya yang renyah dan gurih cocok menjadi camilan ataupun pelengkap makanan berat.

Pangek

Pangek merupakan masakan asli Sumatra Barat, pangek sendiri ada berbagai macam jenis. Ada pangek padeh, pangek masin, dan pangek cubadak. Pangek biasanya berbahan dasar ikan, cumi, ikan tongkol, ikan kembung, dan juga daging sapi. Kemudian dimasak dengan kuah seperti gulai. Namun perbedaan pangek dengan gulai adalah pangek tidak menggunakan santan.

Biasanya kuah pangek terdiri dari air yang direbus dengan bumbu-bumbu khas Sumatra Barat dan dicampur dengan cabai. Pangek yang menggunakan campuran cabai disebut dengan pangek padeh, kuahnya berwarna merah pekat. Makanan ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin mencoba kuliner khas Sumatra Barat namun memiliki kolestrol yang tinggi.

Selain pangek padeh ada juga pangek masin. Berbeda dengan pangek padeh, pangek masin memiliki kuah berwarna kuning dan banyak menggunakan kunyit. Agar tetap memberikan citarasa pedas, kuah pangek masin diberikan cabai rawit hijau.

Terakhir adalah pangek cubadak. Pangek cubadak adalah masakan khas Sumtara Barat yang bahan utamanya menggunakan nangka muda. Nangka muda dimasak dengan bumbu gulai hingga kering. Waktu yang digunakan untuk membuat pangek cubadak cukup lama. Karena kalian harus mengaduk pangek cubadak hingga kental dan kering.

Jika kalian pergi ke daerah Sumatra Barat, wajib hukumnya untuk mencoba kuliner yang satu ini. Walaupun kalian sering menemukan menu ini di rumah makan padang, tapi jika kalian mencobanya langsung di daerah Sumatra Barat akan terasa bedanya. Jika kalian bingung mencari tiket murah ke Sumatra Barat, kalian bisa cek disini.

Lamang

kuliner sumatra barat
Lamang/shutterstock

Lamang merupakan makanan khas Sumatra Barat yang berasal dari beras ketan dan dimasak dalam sebuah bambu yang sebelumnya ketan tersebut sudah digulung dengan daun pisang. Cara memasak lamang ialah dengan membakar bambu tersebut diatas tungku.

Memasak lamang memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh waktu sekitar satu sampai tiga jam lamanya hingga lamang matang. Lamang tidak semata-mata menjadi makanan khas Sumatra Barat, namun tradisi membuat lamang pun sudah dilestarikan secara turun-temurun.

Di Sumatra Barat, membuat lamang merupakan tradisi yang sering dilaksanakan tatkala ada acara penting seperti lebaran, pernikahan, Maulid Nabi, dan acara besar lainnya.Lamang biasa disajikan dengan tapai sipuluik yang terbuat dari beras ketan hitam yang sudah di fermentasi.

Jika musim durian tiba lamang biasa disajikan bersama buah durian. Jangan tanya lagi kelezatan citarasa lemang. Bahkan tak sedikit orang yang rela mengantri lama untuk membeli kudapan khas Sumatra Barat ini.

Nah, jika kalian ke Sumatra Barat jangan sampai melewatkan waktu untuk mencicipi lamang. Karena lamang sendiri tergolong masih jarang dijual di Pulau Jawa. Jadi, ketika sampai Sumatra Barat, kuliner pertama yang harus kalian coba adalah lamang.

Baca Pantai Iboih, Sepotong Surga di Ujung Barat Indonesia

Dadiah

Dadiah atau dadih adalah makanan khas Sumatra Barat yang saat ini sudah sulit ditemukan. Dadiah adalah sejenis yogurt tradisional khas Sumatra Barat yang terbuat dari susu kerbau. Dadiah di fermentasi menggunakan batang bambu yang atasnya ditutup dengan daun pisang.

Awalnya masyarakat Sumatra Barat memakan dadiah dengan bawang merah dan mentimun. Namun, kini mereka memakan dadiah dicampur dengan emping serta gula merah. Dadiah biasa dikonsumsi sebagai santapan untuk sarapan pagi.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan dadiah baik untuk kesehatan karena mengandung bakteri baik yaitu asam laktat. Asam laktat mampu mencegah bakteri patogen masuk kedalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta mencegah kanker usus.

Selain lezat dadiah pun sehat untuk dikonsumsi. Namun, sayangnya pembuat dadiah sudah sangat jarang. Jadi jika kalian ingin mencicipi seperti apa rasa dadiah, kalian hanya bisa mencobanya ketika berada di Sumatra Barat. Itupun jika kalian beruntung bertemu langsung dengan pembuat dadiah.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *