9 Makanan Khas Kalimantan Barat, Komplit dari Camilan Hingga Makanan Berat - Reservasi Travel Blog

9 Makanan Khas Kalimantan Barat, Komplit dari Camilan Hingga Makanan Berat

Travel Destinations149
9 Makanan Khas Kalimantan Barat, Komplit dari Camilan Hingga Makanan Berat shutterstock

Travel Blog ReservasiKalimantan Barat dilalui oleh garis khatulistiwa yang menjadikan Indonesia beriklim tropis. Selain dikenal lewat tempat wisata dan sumber daya alamnya, provinsi ini juga menyimpan kekayaan kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Cara Jitu Dapatkan Hotel Murah di Kalimantan Barat

Jika ada kesempatan mampir ke sana, cobain deh 9 kuliner khas Kalimantan Barat berikut ini. Komplit lho, mulai dari camilan sampai makanan berat untuk mengisi perut setelah lelah berwisata. Catat daftarnya yuk!

Kerupuk basah

Meski namanya unik, kerupuk basah bukanlah kerupuk renyah yang disajikan dengan kuah. Makanan ini mirip pempek, adonan kerupuk ikan yang masih berbentuk lonjong utuh setelah dikukus.

Camilan khas Kapuas Hulu ini makin mantap disantap dengan cocolan saus kacang. Bahan bakunya adalah ikan belida, bisa dimakan langsung atau digoreng sebentar sampai bagian luarnya garing.

Chai Kwe

Pernah mendengar kuliner perpaduan budaya Tionghoa dengan Melayu bernama Choipan? Bentuknya mirip dim sum, kulit pangsit berisi potongan talas, bengkoang, ebi dan daun kucai yang dikukus dalam panci bambu.

Di Kalimantan Barat, Choipan juga disebut sebagai chai kwe. Makanan ini pas banget dijadikan camilan pengganjal perut sebelum makan berat.

Bubur pedas

Keraton Sambas Kalimantan Barat meninggalkan kuliner khas yang terus populer hingga kini. Bubur pedas namanya, tapi jangan diartikan sebagai bubur biasa yang disajikan dengan lauk pedas ya.

Cara pembuatannya unik, beras sebagai bahan baku ditumbuk halus lalu ditumis bersama aneka macam sayur dan bumbu pedas. Kalau masih mengikuti resep aslinya, macam sayur yang ditambahkan bisa mencapai 30 jenis lho!

Mie sagu

Sagu adalah bahan makanan yang populer di Indonesia timur. Tapi ternyata ada satu olahan sagu yang menjadi makanan khas Kalimantan Barat berupa mie. Bentuk dan tekstur mie sagu beda dengan mie pada umumnya.

Ukurannya lebih besar dan tebal, dengan warna coklat kehitaman yang kusam. Mie sagu dimasak dengan campuran kecambah, daun kucai, bumbu dan potongan daging. Biasanya disajikan dengan sedikit kuah kental hasil tumisan.

Kwetiaw/mie tiaw

Terkenal sebagai salah satu chinese food, kwetiauw atau mie tiauw ternyata juga menjadi makaan kesukaan orang Kalimantan Barat lho. Selain bangsa Melayu, leluhur masyarakat di wilayah ini juga banyak yang keturunan Tionghoa. Nggak heran beberapa kulinernya mengadaptasi dari sana.

Sama seperti yang banyak dijual di restoran dan pedagang kaki lima, kwetiauw bisa diolah kering atau goreng dan basah berkuah. Kamu lebih suka yang mana nih?

Asam pedas tempoyak

Ternyata nggak cuma Sumatera bagian selatan yang memfermentasi durian menjadi tempoyak. Di Ketapang, Kalimantan Barat juga ada kuliner khas yang menggunakan tempoyak sebagai bahan baku utama.

Asam pedas tempoyak mantap banget disandingkan dengan nasi putih hangat untuk santap siang. Makanan ini terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu pedas dan sedikit bercita rasa asam. Penambahan tempoyak bikin aromanya makin sedap menggugah selera.

Bingka

Sudah puas makan berat, saatnya menjajal kudapan manis pencuci mulut. Kalau berkunjung ke Kalimantan Barat wajib banget mencoba kue bingka yang sekilas tampilannya mirip cheese tart kekinian.

Kue manis nan legit ini dibuat dari campuran tepung terigu, telur dan santan dengan proses pemasakan seperti membuat kue lumpur.

Pengkang

Selain bingka, ada lagi camilan khas Kalimantan Barat yang nggak kalah lezat. Makanan ini bernama pengkang, olahan beras ketan dengan isian ebi yang punya cita rasa gurih. Adonan dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar, menghasilkan aroma lezat yang bikin lapar.

Ale-ale

Terakhir, kurang lengkap rasanya pelesiran ke Kalimantan Barat tanpa mencicipi hasil olahan lautnya. Ale-ale bisa menjadi pilihan nih, kerang berwarna putih bening yang biasanya diolah dengan bumbu pedas dan segar.

Makanan ini mudah ditemui di daerah Ketapang, bisa disantap sebagai camilan atau teman makan nasi hangat dengan cocolan sambal kecap.

Nampak lezat banget kan sederet kuliner khas Kalimantan Barat di atas? Cobain langsung ke sana, yuk!

Baca 10 Foto Alam Liar Terbaik 2016, Orang Utan Kalimantan Ini Juaranya

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *