6 Makanan Khas Bali Ini Dijamin Menggoyang Lidah - Reservasi Travel Blog

6 Makanan Khas Bali Ini Dijamin Menggoyang Lidah

Travel Destinations118
6 Makanan Khas Bali Ini Dijamin Menggoyang Lidah sambal matah/shutterstock

Travel Blog ReservasiBali, seakan tidak ada habisnya jika membahas tentang Pulau Dewata yang namanya sudah mendunia ini. Mulai dari tempat wisata Bali seperti pantai, budayanya, hingga wisata kulinernya.

Baca 5 Tempat Wisata di Bali yang Hits Sekaligus Instagramable!

Banyak yang telah mengakui bahwa Bali adalah potongan surga dunia yang terletak di Indonesia. Bahkan tak sedikit pula yang rela jauh-jauh datang untuk berlibur ke Bali. Oleh karena itu tak heran jika Bali tak pernah sepi dikunjungi turis dari mancanegara.

Faktanya Pulau Bali memang mendapat predikat sebagai pulau wisata terbaik kedua di dunia pada tahun 2015 setelah Kepulauan Galapagos di Ekuador. Sedangkan di Asia, Bali mendapat peringkat pertama mengalahkan Maldives dan Phuket di Thailand.

Hal ini memang didukung oleh berbagai aspek, mulai dari keindahan alamnya hingga keramahan penduduknya.
Kali ini yang dibahas bukanlah keindahan alamnya ataupun keramahan penduduk Pulau Bali. Melainkan beragam jenis kuliner khasnya lah yang membuat banyak orang semakin jatuh cinta dengan pulau ini.

Bali memang memiliki beragam jenis makanan khas. Selain itu makanan khas Bali adalah termasuk masakan yang cukup kompleks. Kenapa? Karena makanan khas Bali menggunakan banyak variasi rempah-rempah pada bumbunya. Jika kalian perhatikan, Bali memiliki kuliner khas yang agak berbeda dengan daerah- daerah yang berada di Indonesia.

Sate Lilit

sate lilit bali
shutterstock

Untuk kalian yang sering bepergian ke Bali mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Kalian bisa dengan mudah menemukannya disetiap tempat yang kalian lewati. Kuliner ini bernama sate lilit, mungkin sekilas penampilannya nampak sama dengan sate pada umumnya.

Tetapi jika kalian melihatnya secara seksama, kalian bisa melihat jelas perbedaannya. Sate yang biasa kalian makan pada umumnya berupa daging yang sudah dipotong kemudian ditusuk menggunakan sebatang kayu kecil.

Nah, sate lilit berbeda, sate lilit terlihat lebih unik karena hanya berupa gumpalan adonan daging yang ditusuk pada sebatang kayu. Kayu yang digunakan pun terlihat lebih besar dari tusuk sate yang biasa kalian lihat. Jangan tanya rasanya, tak kalah lezat dengan sate yang biasa kalian santap.

Sate lilit merupakan makanan berbahan dasar daging yang sudah dihaluskan bersama bumbu- bumbu khas, kemudian dibentuk dengan cara dikepal di sebuah batang kayu yang cukup besar ataupun batang serai. Setelah itu daging yang sudah melekat di batang kayu, dibakar diatas bara api hingga mengeluarkan aroma yang wangi dan lezat.

Untuk menikmati kuliner yang satu ini, kalian tidak perlu repot menambahkan bumbu ataupun sambal lagi. Kaarena rasa dari sate lilit pun sudah sangat lezat dan kaya akan rasa. Jika kalian berencana pergi ke Bali, jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini dan carilah tiket murah ke Bali disini.

Ayam Betutu

ayam betutu Bali
shutterstock

Ayam Betutu, begitulah masyarakat Bali menyebutnya. Betutu sendiri adalah sebuah lauk yang berbahan dasar ayam atau bebek utuh yang diisi oleh bumbu rempah-rempah kemudian dipanggang dalam api sekam. Kuliner ini memang sangat terkenal di Bali, bahkan ayam betutu menjadi masakan yang wajib disediakan ketika upacara keagamaan.

Salah satu daerah yang terkenal mempopulerkan ayam betutu adalah daerah Melinggih, Payangan, Gianyar, Bali. Bermula dari daerah itulah ayam betutu kini dikenal hingga ke mancanegara. Kini ayam betutu bisa kalian nikmati dan temukan dimana saja, bahkan hotel-hotel berbintang pun selalu menyediakan menu ini.

Jika kalian berlibur ke Bali, Jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner khas Bali yang satu ini ya. Kenapa? Kalian bisa merasakan kelezatan ayam betutu langsung dari tempat asalnya. Nah, bagi kalian yang tak kuat dengan rasa pedas tetapi penasaran dengan ayam betutu, siapkan perut kalian ya!

Garang asem

garang asem
shutterstock

Garang asem sebenarnya merupakan tradisional khas Jawa Tengah, tetapi kuliner ini sangat populer di Pulau Dewata, Bali. Masih sama dengan kuliner sebelumnya, garang asem juga menggunakan bahan dasar ayam.

Namun yang berbeda adalah ayam yang diolah menjadi garang asem dimasak dengan kuah santan. Sebelumnya ayam dibungkus terlebih dahulu menggunakan daun pisang dan dilengkapi dengan cabai rawit, tomat hijau dan belimbing wuluh.

Tetapi tahukah kalian, kuliner garang asem ternyata memiliki perbedaan disetiap daerahnya. Di Jawa timur garang asem terbuat dari ikan yang dibumbui pedas gurih. Lain hal di Jawa Tengah dan di Jawa Timur.

Garang asem khas Bali tetap menggunakan bahan dasar ayam, tetapi dibumbui dengan cara yang berbeda. Dahulu untuk memasak garang asem masyarakat Bali menggunakan bahan dasar ayam jago yang kalah dalam aduan atau biasa disebut dengan ayam cundang.

Karena daging ayam jago berotot, maka diperlukan waktu yang lama untuk memasaknya hingga menjadi lunak. Sekarang, jika masih menggunakan ayam cundang untuk masak garang asem tentulah tidak akan cukup.

Sedangkan permintaan terus bertambah, jadi kini untuk membuat garang asem menggunakan bahan dasar ayam biasa. Nah, bagi yang ingin mencoba langsung lezatnya garang asem khas Bali,ketika kalian berkunjung ke Pulau Dewata jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipinya.

Masih bingung mencari tiket murah ke Bali? Kalian juga bisa mencarinya dengan mudah disini. Jangan sampai melewatkan kesempatan berharga untuk menjelajah dan mencicipi kuliner khas Pulau Dewata, Bali ya.

Sambal Matah

Be pasih sambal matah atau dalam Bahasa Indonesianya adalah ikan laut dengan sambal mentah.Sambal matah adalah sambal yang sangat terkenal di Bali. Konon siapapun yang mencoba sambal yang satu ini pasti akan ketagihan.

Sambal Matah terbuat dari bahan-bahan yang masih segar dan belum dimasak alias mentah. Bahan dasar dari sambal matah terdiri dari bawang merah, cabai rawit, serai, terasi bakar, minyak kelapa dan perasan air jeruk nipis.

Berbeda dengan sambal yang biasa kalian temui, sambal matah tidak dihaluskan melainkan bahan-bahanya hanya diiris tipis-tipis dan dicampur dengan cara diremas. Jangan tanya lagi rasanya seperti apa, kalian sudah bisa membayangkannya sendiri.

Sambal matah memang paling cocok jika disandingkan dengan ikan segar yang sudah dibakar.nApalagi disantap bersama nasi dan plecing kangkung, sangat pas sekali. Jika kalian penasaran, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Tetapi jika kalian ingin mencobanya langsung, saat kalian liburan ke Pulau Bali adalah waktu yang tepat untuk mencicipinya. Tentunya kalian juga bisa sambal berwisata kuliner disana. Tak hanya sambal matah, kalian juga bisa mencoba kuliner khas Bali Lainnya.

Lawar

lawar bali
shutterstock

Lawar adalah makanan khas Bali yang cukup ekstrim. Sebenarnya lawar adalah makanan tradisional khas Bali yang awal mulanya berbahan dasar dari daging babi dan darah babi yang masih segar. Makanan khas Bali yang satu ini awalnya merupakan sesajen.

Namun, seiring berjalannya waktu, kini lawar pun sudah bisa kalian nikmati di warung-warung pinggir jalan serta hotel-hotel berbintang di Bali.

Lawar juga kini tak hanya menggunakan bahan dasar darah dan daging babi segar. Kini tersedia lawar yang berbahan dasar dari tumisa daging ayam. Rasanya pun tak kalah enak dari lawar yang berbahan dasar daging dan darah babi.

Ada berbagai macam jenis lawar di Bali, ada lawar babi, lawar nangka, lawar merah, lawar putih, dan lawar padamare. Dari keseluruhan jenis lawar, yang membedakan hanya isi dari lawar tersebut saja. Seperti lawar nangka, lawar yang berbahan dasar dari olahan nangka.

Lawar termasuk makanan yang tidak tahan lama sampai berhari-hari. Lawar hanya kuat bertahan hingga setengah hari. Mungkin ini Karen bahan dan penyajiannya tersebut yang membuat lawar tidak tahan lama. Jadi jika kalian penasaran ingin mencoba lawar, kalian harus menyantapnya langsung jangan ditunda-tunda.

Nah,lawar hanya bisa kalian temukan di warung-warung yang berada di Pulau Bali. Kalian tidak bisa mencobanya selain di Pulau Bali terkecuali kalian menemukan Restoran khsusus menjual kuliner khas Bali dan menyediakan masakan ini. Jika kalian masih bingung mencari tiket murah ke Bali, kalian bisa mencarinya disini!

Nasi Tepeng

Salah satu kuliner khas Bali yang terkenal lagi adalah nasi Tepeng. Nasi tepeng adalah kulinertradisinonal khas Gianyar, Bali. Nasi ini terdiri dari campuran lengkap rempah-rempah dan rasanya cukup pedas.

Nasi tepeng biasanya disajikan dengan sayur-sayuran seperti kacang merah, kacang panjang, nagka muda, daun kelor, terong dan kelapa parut. Sekilas penampilanya memang mirip dengan nasi urap. Karena nasi tepeng sendiri disajikan menggunakan daun pisang yang sudah dibentuk sepertimangkok.

Di Bali, nasi tepeng merupakan santapan wajib ketika sarapan. Nah, Jika kalian pergi berlibur keBali, jangan sampai tidak mencoba sarapan dengan nasi tepeng ini. Pergi berlibur ke Bali belum pas jika tidak menjelajah dan mencicipi seluruh kulinernya yang unik dan lezat. Bingung mencari tiket pesawat online? Yuk, cek di sini!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *