Candi Borobudur di Magelang Indonesia, Ini Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Panduan Wisata Sehari di Magelang, dari Candi Borobudur Hingga Kulineran

Travel Destinations172
Panduan Wisata Sehari di Magelang, dari Candi Borobudur Hingga Kulineran shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sudah pernah berkunjung ke Magelang Indonesia? Kota kecil di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dikelilingi beberapa gunung dan perbukitan yang membuat suasananya sejuk dan asri. Magelang dikenal masyarakat luas karena keberadaan Candi Borobudur dan lokasinya dekat dengan Gunung Merapi.

Baca Eloknya Sunrise di Puthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

Nggak butuh waktu panjang untuk menikmati keindahan kota kecil ini. Kamu bisa merangkumnya dalam sehari saja, sudah termasuk mengunjungi spot wisata dan kulineran. Reservasi.com punya panduan berwisata seharian di Magelang berikut ini. Menarik buat disimak nih!

Awali dengan menyantap seporsi Sup Senerek Bu Atmo untuk menu sarapan pagi

Liburan ke Magelang paling pas dimulai dari pagi hari. Kamu bisa berangkat dini hari atau memilih tiba pada malam sebelumnya dan menyewa penginapan. Sayang banget kalau sampai melewatkan suasana pagi di Magelang. Udara sejuk dan segarnya bikin nyaman!

Sebelum mulai berwisata, isi perut dulu dengan mengunjungi kedai sarapan legendaris di kota ini. Cobain Sup Senerek Bu Atmo yang terletak di dekat bekas Kantor Karisidenan Kedu. Sup Senerek adalah nama lain untuk sup kacang merah, disajikan dengan potongan sayur dan tetelan daging berkuah segar.

Harganya sangat ramah di kantong lho, dengan membayar Rp 16.000,00 saja sudah mendapat seporsi sup senerek plus segelas teh hangat.

Berburu Getuk Gondok di Pasar Rejowinangun

Getuk adalah oleh-oleh khas kota Magelang. Camilan manis ini terbuat dari singkong kukus yang dihaluskan lalu dicampur dengan gula pasir. Ada beberapa jenis getuk di Magelang, salah satunya adalah Getuk Gondok yang bisa kamu beli di Pasar Rejowinangun.

Nama ‘gondok’ diambil dari kondisi sang pembuat pertama gethuk ini. Beliau menderita penyakit gondok dan berjualan dengan kondisi leher yang membengkak. Sejak saat itulah nama getuk gondok menjadi populer dan terus bertahan hingga kini.

Belum ke Magelang namanya kalau nggak mengunjungi Candi Borobudur

Indonesia menyumbang 1 dari 7 keajaiban dunia yang terletak di Magelang. Candi Borobudur peninggalan dinasti Syailendra terletak di Kecamatan Borobudur, masuk dalam kawasan Kabupaten Magelang.

Tempat wisata ini selalu ramai setiap hari dan banyak dikunjungi wisatawan asing. Sampai-sampai muncul lelucon, bahwa wisatawan domestik yang berkunjung ke Borobudur nggak cuma ingin melihat candi tapi juga bertemu bule.

Ingin melihat Gunung Merapi dari dekat? Sempatkan mampir ke Ketep Pass

Nggak jauh dari Candi Borobudur, kamu bisa mampir ke gardu pandang Ketep Pass untuk menyaksikan kegagahan Gunung Merapi dari dekat. Dalam perjalanan pulang dari Candi Borobudur menuju ke tengah kota Magelang, perhatikan penunjuk arah menuju Ketep Pass yang terletak di sebelah kanan.

Lokasinya ada di dataran tinggi, cuacanya dingin sejuk dengan hamparan pemandangan hijau. Di Ketep Pass terdapat Volcano Theatre, sebuah mini bioskop yang menayangkan video erupsi Merapi untuk menambah pengetahuan pengunjung.

Cobain juga lezatnya Tahu Kupat Pak Pangat

Sepulang dari Borobudur dan Ketep Pass, jangan lupa cobain Tahu Kupat khas Magelang. Makanan berat ini berisi potongan ketupat, tahu goreng, bakwan, kubis dan kecambah lalu disiram kuah kacang dan kecap.

Ada beberapa pilihan kedai tahu kupat dengan 2 versi kuah berbeda. Bisa cobain tahu kupat Blabak yang letaknya nggak jauh dari Ketep Pass. Versi ini kuahnya lebih encer dan manis.

Kalau di tengah kota, ada tahu kupat Pak Pangat yang terletak di Jalan Panembahan Senopati. Versi yang satu ini kuah kacangnya lebih kental dan gurih. Tinggal sesuaikan saja nih sama seleramu, lebih suka yang manis atau gurih?

Menikmati taman bermain Kyai Langgeng di sore hari

Di seberang kedai tahu kupat Pak Pangat, kamu akan menemukan pintu masuk menuju taman bermain Kyai Langgeng. Cocok nih buat wisata sore! Taman ini menggabungkan konsep arena bermain dan edukasi. Ada beberapa tumbuhan dan satwa langka yang dirawat dengan baik di dalamnya.

Kyai Langgeng cocok banget buat wisata keluarga. Ada aneka wahana permainan, tempat bersantai dan kereta wisata untuk mengelilingi seluruh area taman.

Akhiri wisata dengan menyantap sepiring Nasi Goreng Jawa legendaris di Magelang

Hari mulai gelap, saatnya mencari menu makan malam lezat khas Magelang. Seporsi nasi goreng Jawa sepertinya cocok untuk mengakhiri wisata seharian di kota ini. Ada beberapa kedai yang bisa kamu pilih, salah satunya yang legendaris adalah Nasi Goreng Pak Yatno.

Terletak di Jalan Mayjend. Bambang Soegeng, kedai Pak Yatno nggak pernah sepi pengunjung. Antreannya selalu ramai, bahkan sampai diberikan nomor urut untuk setiap pelanggan yang baru datang.

Nasi goreng Jawa khas Magelang terbilang unik. Pembuatannya dicampur dengan mi, potongan kubis dan daging ayam. Terlihat agak berantakan saat disajikan, tapi kelezatannya nggak perlu diragukan lagi. Dijamin bikin kamu ingin mampir lagi!

Sudah siap berwisata seharian di Magelang? Simpan panduan ini baik-baik ya, selamat berlibur!

Baca Wisata ke Air Terjun Grenjengan Kembar, Surga Tersembunyi di Magelang

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *