7 Tips Merencanakan Liburan Murah Tahun Baru 2019 - Reservasi Travel Blog

7 Tips Merencanakan Liburan Murah Tahun Baru 2019

Travel Tips282
7 Tips Merencanakan Liburan Murah Tahun Baru 2019 shutterstock

Travel Blog ReservasiLiburan tahun baru 2019 selalu berbarengan dengan liburan semester anak-anak sekolah. Jadi, rasanya agak susah jika mau mencari tiket pesawat murah apalagi hotel promo saat awal tahun baru 2019.

Baca Wajib Dicatat, Ini Kalender Lengkap Libur dan Cuti di Tahun 2019

Nah, orang tua biasanya sudah punya rencana untuk mengambil cuti dari jauh-jauh hari. Liburan tahun baru 2019 biasanya cukup panjang karena disambung hingga libur natal. Otomatis dari tanggal 25 Desember hingga 1 Januari, semua hotel dan penerbangan sudah pasti akan penuh.

Sebab itulah ada beberapa tips untuk merencanakan liburan tahun baru 2019 keluarga agar bisa lebih memberikan kesan yang tak terlupakan.

1. Ajak Anggota Keluarga Tentukan Destinasi Bersama

Jika sudah memiliki anak, ajak anak-anak untuk berdiskusi untuk menentukan tujuan liburan. Jika orang tua yang mengajak, berikan opsi untuk memilih tujuan wisata. Tujuan wisata favorit orang tua dan anak-anak biasanya berbeda. Carilah jalan tengahnya dengan menyusun itenary bersama-sama. Pasti akan menjadi perencanaan yang menyenangkan bukan?

2. Jangan Menunda Booking

Hal yang paling krusial saat liburan adalah biaya transportasi dan akomodasi misalnya menginap di hotel. Untuk urusan kuliner bisa belakangan tetapi bukan berarti tidak penting.

Pilih transportasi yang paling murah dan menyenangkan, misalnya seperti kereta api untuk keberangkatan. Untuk pulang, disarankan memilih pesawat demi menghemat energi karena setelah liburan biasanya stamina terkuras.

gambar pesawat unik dan menarik
Alaska Airlines

Lebih sederhana jika pulang menggunakan pesawat. Pesan jauh-jauh hari dan jangan menunda agar bisa mendapatkan harga yang sepadan.

Pastikan juga transportasi di tempat tujuan tidak terhambat. Menyewa kendaraan
bisa jadi alternatif jika tidak ingin menggunakan kendaraan umum atau lebih banyak berjalan
kaki.

3. Bujet, Bujet, Bujet

Meskipun libur keluarga tidak seperti libur kantor yang membutuhkan estimasi dana dalam sebuah proposal, namun perencanaan tetaplah penting. Perencanaan akan membuat pengeluaran lebih terkendali.

Pastikan harga untuk anggaran transportasi dan akomodasi mendapatkan alokasi paling besar. Karena liburan tahun baru 2019 merupakan peak season yang pasti banyak sekali keluarga lain yang juga merencanakan liburan. Solusinya supaya hemat, jangan malas untuk mencari info promo baik itu promo hotel maupun penerbangan.

Membawa kendaraan sendiri memang murah, namun butuh stamina lebih karena tidak ada yang bisa meramalkan kondisi lalu lintas saat musim liburan.

4. Siapkan Aktifitas Menarik Selama di Perjalanan

Jika kalian menggunakan kendaraan sendiri. Pastikan kalian punya kegiatan untuk mengisi perjalanan kalian agar lebih menyenangkan. Jika jarak tempuh misalnya lebih dari 400 km.

anak rewel selama mudik

Cobalah untuk menjelajahi tempat wisata disepanjang rute perjalanan. Dengan begitu jauhnya perjalanan tidak akan terlalu terasa bosan. Jangan malas untuk mencari informasi tempat wisata menarik apa saja yang bakal kalian lewati ketika menempuh rute perjalanan
tersebut.

5. Membawa Bekal Makanan Kering

Untuk menekan biaya pengeluaran, wajib membawa makanan sendiri. Lauk pauk yang bisa disiapkan bisa berupa makanan kering atau makanan yang tahan disimpan dalam waktulama.

Misalnya seperti dendeng kering, kering tempe, rendang pakis kering, abon,surundeng dan lain sebagainya. Percayalah bahwa indomie bukan pilihan yang tepat untuk liburan. Perlu dipersiapkan makanan yang sederhana namun istimewa bagi keluarga.

6. Siapkan Kondisi Fisik dan Jiwa

Liburan memang saatnya bersantai dan berleha-leha. Namun, jika jalan bersama keluarga tentu akan banyak juga destinasi wisata yang dikunjungi. Jadi, siapkan fisik sejak dini. Tidak perlu terlalu berat, misalnya jogging tiap pagi/sore selama 10 menit saja sudah cukup.

Tujuannya agar tubuh tetap bugar selepas liburan yang melelahkan namun menyenangkan. Berkomitmenlah diawal untuk menyelesaikan segala perselisihan ketika terjadi ditengah perjalanan saat berlibur.

olahraga saat puasa
shutterstock

Misalnya dengan dadu, siapa yang harus mengalah saat itu. Ingat, perjalanan tidak akan menyenangkan jika masing-masing masih tidak mau mengalah.

Hindari perselisihan dengan merencanakan itenary dengan jelas dan disepakati bersama sejak dari rumah.

7. Menabung Sejak Ide Liburan Bersama Muncul

Liburan selalu membutuhkan biaya tambahan dari biasanya. Jangan sampai kondisi keuangan jebol gara-gara terlalu banyak menggunakan kartu kredit. Tabunglah pendapatan misalnya 10% di awal bulan.

Atau bisa menggunakan metode lain yang lebih efektif agar setelah pulang liburan bukan menjadi bencana karena terlalu banyak pengeluaran.

Nah, mudah bukan untuk merencanakan liburan tahun baru 2019 bersama keluarga. Semoga liburannya menyenangkan dan memberikan kesan berharga bagi seluruh anggota keluarga.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

2 thoughts on “7 Tips Merencanakan Liburan Murah Tahun Baru 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *