Nggak Hanya Bika Ambon, Kuliner Khas Medan Ini Juga Patut Dicoba - Reservasi Travel Blog

Nggak Hanya Bika Ambon, Kuliner Khas Medan Ini Juga Patut Dicoba

Travel Destinations58
Nggak Hanya Bika Ambon, Kuliner Khas Medan Ini Juga Patut Dicoba

Travel Blog Reservasi – Bicara soal kuliner, Medan juga tak mau kalah saing dengan kota lain. Ada banyak kuliner khas Medan yang siap bikin nagih. Nggak heran kalau masyarakat lokal dan para wisatawan selalu kangen dengan masakan Medan.

Baca juga: 5 Hotel Romantis Terbaik di Medan untuk Libur Bulan Madu Kamu

Campuran bumbu menjadi kunci kelezatan kuliner khas Medan. Daripada makin penasaran, yuk baca terus ulasan di bawah ini.

1. Naniura

Nggak kebayang kan gimana rasanya makan ikan mentah. Kedengarannya memang sedikit ngeri, tapi saat makanan ini masuk ke mulut, dijamin deh bakal kepincut. Siraman bumbu halus berwarna kuning sukses mengubah ikan mentah menjadi ikan matang super lezat.

Hidangan naniura bisa kamu temukan di Daerah Tapanuli. Proses pembuatannya cukup lama, butuh waktu berjam-jam agar bumbu-bumbu meresap ke dalam daging ikan mas.

2. Ayam Napinadar

Dalam Bahasa Batak sering disebut sebagai manuk napinadar. Ayam yang sudah dipotong-potong dimasak menggunakan darah dan bumbu khas Batak Toba seperti andaliman, cabai, serai dan lengkuas.

Bagi kamu yang suka makanan pedas, cocok banget untuk icip-icip makanan yang satu ini kalau liburan ke Medan.

3. Lappet

Merupakan kue tradisional Suku Batak. Lappet terbuat dari adonan tepung beras atau tepung ketan, lalu didalamnya diberi isi gula merah, gula putih atau kelapa parut. Makanan ini sering ditemui saat acara-acara adat, seperti pesta pernikahan.

Tapi sekarang lappet sudah bisa kamu temukan dibeberapa warung sarapan pagi, khususnya di Daerah Tapanuli. Hidangkan lappet dengan kopi panas atau teh manis. Nikmat!

4. Lemang

Lemang sudah tidak asing lagi di telinga. Makanan khas Suku Melayu ini cukup gurih dan nikmat saat masuk ke mulut. Lemang terbuat dari beras ketan dan santan kelapa, lalu dimasak menggunakan bambu.

Makanan ini biasanya ditemui di pesta-pesta. Tetapi sekarang sudah banyak dijual di pasar atau di warung untuk menu sarapan.

5. Lontong

Sekilas, lontong ini nggak memiliki keistimewaan apapun. Bentuknya sama seperti lontong pada umumnya. Perbedaannya baru terasa jelas ketika kamu mencicipinya.

Potongan lontong yang empuk lengkap dengan kacang, kerupuk, telur rebus dan siraman kuah kentalnya bikin kamu susah move on.

6. Mi gomak

Sering disebut sebagai spaghetti asal Batak Toba karena bentuknya sekilas mirip spaghetti. Untuk kuahnya terbuat dari santan kelapa yang sudah dicampurkan dengan berbagai bumbu dapur, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kincung dan lain sebagainya.

Cita rasanya gurih, sedikit asin dan sedikit pedas. Hidangkan dengan kerupuk dan teh manis supaya rasanya semakin komplit lagi.

7. Daun ubi tumbuk

Daun ubi tumbuk atau daun singkong tumbuk merupakan kuliner khas di Medan yang bisa kamu temukan di daerah Mandailing. Sebelum dimasak, daun ubi ditumbuk terlebih dahulu sampai halus. Masukkan bawang putih, bawang merah, jahe, kincung dan lain-lain selama proses penumbukan.

Daun ubi tumbuk dimasak menggunakan santan kelapa. Rasanya lezat dan segar. Makanan ini cocok bila dihidangkan bersama ikan teri campur kacang sambel.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *