Di Balik Indahnya Danau Toba Tersimpan 6 Kisah Mistis Ini - Reservasi Travel Blog

Di Balik Indahnya Danau Toba Tersimpan 6 Kisah Mistis Ini

Travel Destinations281
Di Balik Indahnya Danau Toba Tersimpan 6 Kisah Mistis Ini shutterstock

Travel Blog Reservasi – Dari sekian banyak danau di Indonesia, Danau Toba di Sumatera Utara adalah yang paling tersohor. Dinobatkan sebagai danau terbesar, yang menarik dari Danau Toba gak cuma soal keindahan alamnya saja. Ada sederet kisah mistis dan mitos lawas yang seru untuk disimak.

Apalagi pasca tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun pada pertengahan Juni lalu, mitos tentang ikan mas raksasa penunggu Danau Toba kembali muncul ke permukaan. Selain mitos ikan mas, ada 5 kisah mistis lain yang gak kalah menarik. Mau tahu cerita selengkapnya? Yuk, simak kisahnya seperti dirangkum Reservasi.com dari berbagai sumber (18/7)!

Baca Go Digital, Jurus Pemerintah Mempromosikan Danau Toba

Mitos ikan mas raksasa

Asal mula terbentuknya Danau Toba bisa ditinjau dari penelitian ilmiah dan kisah mitologi. Jika merujuk pada hasil riset para peneliti, danau sedalam 505 meter ini terbentuk dari letusan gunung berapi supermasif yang terjadi sekitar 70.000 tahun lalu.

Tapi menurut mitos, Danau Toba tercipta akibat seorang laki-laki nggak menepati janjinya pada sang istri. Dahulu kala seorang laki-laki bernama Toba memancing di sungai sambil menggumam, ingin memiliki istri dan anak agar hidupnya nggak lagi sendirian.

Tiba-tiba kail pancingnya disambar ikan mas besar yang gemuk. Toba langsung berhenti memancing dan membawa pulang ikan itu untuk dimasak. Sesampainya di rumah, ikan mas tadi berubah menjadi sesosok perempuan cantik. Rupanya ia dikutuk oleh ayahnya karena menolak perjodohan.

Singkat cerita mereka menikah dan memiliki seorang anak laki-laki bernama Samosir. Pada suatu hari Samosir melahap habis jatah makan siang ayahnya. Toba yang kelaparan marah besar sambil mengatainya “Dasar anak ikan!”.

Mengetahui ucapan suaminya, sang istri marah besar lalu mendatangkan petir dan hujan badai. Seluruh desa tenggelam dan jadilah Danau Toba. Sang istri kembali menjelma jadi ikan mas raksasa yang diyakini keberadaannya hingga kini.

wisata danau toba
shutterstock

Asal-usul Pulau Samosir

Pada kisah asal-usul Danau Toba, anak laki-laki Toba yang bernama Samosir diperintahkan lari ke atas bukit oleh sang ibu. Jadi ketika desa ditenggelamkan, Samosir selamat karena air hanya menyentuh lereng bukitnya saja.
Dataran tinggi tempat Samosir menyelamatkan diri berada di tengah Danau Toba, yang kini dikenal sebagai Pulau Samosir. Menurut para tetua di sekitar Danau Toba, sosok Samosir juga menjelma jadi penunggu danau yang sesekali menampakkan diri.

Salam wajib Santabi Oppung

Rute tanjakan berliku harus ditempuh para wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba. Kabarnya, tanjakan ini menyembunyikan gua di bawah permukaan tanah yang dihuni para makhuk gaib penunggu jalan.

Warga setempat percaya mengucapkan salam “Santabi oppung” adalah bentuk penghormatan kepada para penunggu tersebut. Mitos ini terus lestari turun-temurun hingga sekarang.

Penunggu gubuk pengasingan Bung Karno

Di tepian Danau Toba berdiri sebuah wisma megah yang difungsikan untuk singgah para tamu kehormatan pemerintah provinsi Sumatera Utara. Nggak banyak yang tahu bahwa sebuah gubug reyot pernah berdiri di tempat yang sama, sebagai cikal bakal wisma megah ini.

Gubug itu dijadikan tempat istirahat Bung Karno selama 22 hari pengasingan. Lalu dibiarkan terbengkalai selama puluhan tahun, dan baru direnovasi oleh pemerintah di tahun 2000-an.

Karena jarang dihuni, wisma ini dijaga seorang penunggu yang dipercaya warga bersemayam di ruang pertemuan. Kadang terdengar langkah kaki bersepatu dan suara aneh. Di ruang inilah lokasi berdirinya gubug Bung Karno sebelum renovasi.

Mitos Begu Ganjang

Ada sosok menakutkan dari mitos Danau Toba, Begu Ganjang namanya. Makhluk gaib ini masih dipercaya keberadaannya oleh warga hingga saat ini. Begu Ganjang dikenal sebagai sosok pencabut nyawa berambut panjang.

Nggak semua orang bisa melihat Begu Ganjang. Tapi jika ada yang berhasil melihat sosok tinggi besar dengan rambut panjang di kepalanya, hati-hati jangan sampai terlena. Bisa-bisa ia terkena penyakit bahkan sampai meninggal dunia.

danau toba
shutterstock

Sosok naga penjaga danau

Selain keberadaan ikan mas raksasa, saat tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun pada pertengahan Juni lalu juga beredar cerita soal naga penunggu danau. Warga dan tetua sekitar mempercayai sosok naga itu sebagai perwujudan Samosir, anak Toba yang selamat saat desa tenggelam.

Beberapa nelayan yang biasa menjala ikan di danau sering melihat sosok hewan panjang seperti ular. Badannya besar dan gemuk dengan tubuh dipenuhi sisik. Tapi nggak satu pun dari mereka mampu membuktikkan keberadaan naga itu hingga kini.

Apakah kamu mempercayai mitos-mitos seperti ini? Terlepas dari beberapa kisah mistisnya, Danau Toba tetaplah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Yuk, piknik!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *