Kamu Seorang Workaholic? Ini 5 Tips Agar Tetap Bisa Traveling - Reservasi Travel Blog

Kamu Seorang Workaholic? Ini 5 Tips Agar Tetap Bisa Traveling

Travel Tips105
Kamu Seorang Workaholic? Ini 5 Tips Agar Tetap Bisa Traveling shutterstock

Travel Blog Reservasi – Digempur pekerjaan dari Senin hingga Jumat pasti bikin jenuh. Bahkan ada yang masuk kerja 6 hari dalam seminggu, wah nggak kebayang betapa penatnya menghadapi rutinitas yang sama setiap hari. Tapi gimana mau piknik kalau cuma punya libur singkat di akhir pekan?

Baca 8 Tips Traveling Ini Berguna Untuk Kalian Para Pencari Cinta

Tenang, workaholic tetap bisa traveling kok dengan menerapkan 5 tips di bawah ini. Liburan itu penting banget buat para pekerja, untuk menjaga kesehatan mental agar performa kerja tetap prima. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Pilih wisata singkat dan dekat

Karena waktu liburmu amat singkat, kumpulkan daftar tujuan wisata yang berjarak dekat dengan tempat tinggal. Pertimbangkan jarak tempuh perjalanan agar nggak makan banyak waktu dan tenaga.

Manfaatkan waktu di sela-sela istirahat untuk merangkum lokasi wisata terdekat. Tentukan dulu sebelumnya, jenis wisata seperti apa yang kamu inginkan. Lebih baik lagi membuat itinerari sekaligus, jadi kamu bisa lebih memaksimalkan kegiatan selama berlibur.

Atur pengambilan cuti dalam jangka waktu tertentu

Pekerja biasanya punya jumlah cuti tertentu dalam setahun. Aturan perusahaan yang membedakan, ada yang memperbolehkan ambil cuti panjang sekaligus atau harus dibagi dalam beberapa rentang waktu.

Sebaiknya jangan mengambil terlalu banyak libur sekaligus. Atur agar jatah cuti tahunan bisa diambil tiap jangka waktu tertentu. Kamu butuh liburan nggak cuma sekali saja kan?

Mengatur pengambilan cuti ini penting untuk menjaga performa kerjamu. Misal kamu punya jatah cuti 12 hari dalam setahun di luar ketetapan libur pemerintah. Bagi menjadi 4, jadi setiap empat bulan sekali kamu bisa pergi liburan selama 3 hari. Sudah cukup untuk kembali menyegarkan tubuh dan pikiran kan?

Ikut rombongan trip

Kini banyak jasa penyedia layanan perjalanan yang bisa kamu manfaatkan. Mereka berperan seperti event organizer, mengatur liburanmu mulai dari transportasi, penginapan, tiket masuk bahkan sampai menyediakan pemandu wisata.

Layanan yang ditawarkan pun beragam, ada yang privat hanya untuk berdua sampai rombongan berjumlah besar. Tiap wisatawan hanya perlu membayar sejumlah tertentu dan menyiapkan diri saja, sisanya sudah mereka urus.

Selain dipandang sebagai bisnis yang menjanjikan, keberadaan jasa tur dan travel ini memberimu kesempatan menjelajahi tempat baru dengan harga terjangkau. Apalagi jika jumlah rombongan yang kamu pilih relatif besar, biaya akomodasi jadi lebih murah.

Ada satu lagi nih kelebihan menggunakan jasa tur dan travel. Lewat kegiatan ini bisa mempertemukanmu dengan orang-orang baru. Biasanya peluang bertemu sesama pekerja lebih besar. Mereka juga sama, memanfaatkan waktu libur singkat di akhir pekan.

Disiplin waktu, agar liburan singkat tetap terasa maksimal

Kalau rencana dan persiapan liburan sudah selesai dibuat, poin penting yang nggak boleh kamu langgar adalah disiplin terhadap waktu. Maksimalkan waktu libur singkat yang ada dengan baik.

Selalu tetapkan estimasti waktu di tiap kegiatan. Jangan terlalu banyak memberi kelonggaran pada diri sendiri. Masih asyik di tempat wisata misalnya, sampai menunda keberangkatan pulang.

Hal ini bisa berdampak buruk pada kondisi tubuhmu. Pulang telat dari tempat wisata dan tetap harus bekerja di pagi hari. Tubuh masih dalam kondisi lelah dan belum mendapat istirahat yang cukup.

Bawa baju kerja cadangan saat liburan

Tips terakhir ini agak ekstrem, tapi tetap saja masih banyak terjadi di kalangan wisatawan workaholic. Kadang demi tetap bisa liburan, mereka rela berangkat dari kantor dan langsung ngantor kembali sepulang piknik.

Kalau kamu ingin menganut cara berlibur yang seperti ini, jangan lupa memasukkan baju kerja cadangan dalam tas. Buat jaga-jaga kalau waktu perjalanan ternyata molor dan kamu harus langsung ke kantor setibanya di titik keberangkatan.

Jangan lupa piknik wahai para workaholic! Sesekali menjauhlah dari rutinitas bekerja untuk menenangkan diri.

Baca Jangan Sampai Kurang Piknik! Berikut 5 Alasan Kenapa Traveling itu Penting!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *