Jet Lag? Obati dengan 8 Cara Alami Berikut - Reservasi Travel Blog

Jet Lag? Obati dengan 8 Cara Alami Berikut

Travel Tips111
Jet Lag? Obati dengan 8 Cara Alami Berikut shutterstock

Travel Blog Reservasi – Pelancong yang sering terbang jauh, ke luar negeri misalnya, pasti sering berhadapan dengan namanya jet lag. Perbedaan zona waktu antara negara asal dan negara tujuan membuat tubuh kehilangan konsentrasi, mengantuk, dan mengalami nyeri otot karena tubuh tidak mampu beradaptasi cepat dengan suasana lingkungan yang baru.

Pernah mengalami jet lag? Reservasi.com punya tips ampuh untuk mengobati jet lag yang sering kamu alami, diantaranya:

Baca Tips Naik Pesawat Agar Tidak Stress dalam Penerbangan

1. Minum pil tidur

Orang yang sulit tidur biasanya akan menenggak pil tidur, sehingga mata akan mengantuk dan akhirnya tertidur. Lakukan hal yang sama dikala jet lag menyerang. Tapi batasi jumlah pil tidur yang dikonsumsi. Menurut anjuran dokter, pil tidur hanya baik dikonsumsi dalam waktu maksimal 3 hari saja. Lebih dari itu, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi karena akan menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala, hidung berlendir, dan diare.

2. Olahraga ringan

Jet lag yang bertambah parah ternyata dapat menimbulkan stres. Sebelum hal buruk menimpa, luangkan waktu untuk mengikuti olahraga ringan, seperti yoga, pilates, atau sekedar jogging di pagi hari supaya tubuh kembali rileks.

olahraga saat puasa
shutterstock

3. Terapi cahaya

Saat bepergian ke tempat yang berbeda zona waktu, ritme sirkadian akan berubah sehingga tubuhmu perlu beradaptasi ke waktu terbit dan tenggelamnya matahari di tempat baru.

Proses adaptasi ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, tapi kamu bisa mempersingkatnya dengan cara mengikuti terapi cahaya, di mana cahaya matahari buatan nantinya akan disorotkan ke mata selama beberapa waktu. Setelah itu, tubuhmu akan terbebas dari jet lag.

4. Hindari kafein dan alkohol

Bagi kamu yang suka minum kafein atau alkohol, sebaiknya tidak mengonsumsi keduanya saat jet lag menyerang. Sebab kafein dan alkohol dapat meningkatkan risiko dehidrasi, sehingga jet lag yang kamu rasakan sulit hilang dan bertambah parah.

5. Minum air putih

Berada di ruangan ber-AC dalam kurun waktu yang cukup lama dapat menghilangkan kelembaban kulit. Kalau tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, tubuh akan mengalami dehidrasi dan kulit kering.

Mulai dari titik keberangkatan sampai tujuan nanti, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi, kulit pun akan senantiasa lembab selama perjalanan panjang.

6. Mandi supaya segar

Ketika tubuh sudah lelah akibat serangan jet lag, siapapun pasti ingin langsung merebahkan tubuh di kasur yang empuk. Sayangnya, keinginan ini harus ditunda dulu. Alangkah baiknya jika kamu pergi mandi supaya tubuh lebih segar. Tambahkan minyak aromaterapi ke dalam bath up untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

tempat duduk yang perlu dihindari di pesawat
shutterstock

7. Hindari kebisingan

Saat jet lag menyerang, tingkat emosional berubah tak menentu sehingga kamu jadi gampang marah, tertawa, maupun sedih. Kondisi ini akan bertambah parah lagi saat kamu berada di ruangan yang bising.

Jadi, sebaiknya pergilah mengasingkan diri ke tempat yang sunyi dan tenang agar kamu dapat menenangkan diri dengan cepat, sehingga efek jet lag perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya.

8. Perbanyak asupan melatonin

Pada saat jet lag, melatonin di dalam tubuh mengalami penurunan yang cukup signifikan sehingga tubuh sulit tertidur. Konsumsi makanan yang mengandung melatonin tinggi, seperti buah cherry, pisang, roti tawar, oatmeal, atau susu hangat untuk menyeimbangkan kadar melatonin. Alhasil kamu dapat tidur dengan nyenyak, sehingga tubuhmu jadi lebih segar saat bangun di esok hari.

Jet lag menyerang? Tidak perlu khawatir! Sekarang kamu bisa obati jet lag dengan 8 cara alami di atas. Semoga suasana mudik dan liburanmu tahun ini lebih menyenangkan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *