Duh Malu Banget, Influencer Ini Ketahuan Pakai Stock Foto Orang Lain - Reservasi Travel Blog

Duh Malu Banget, Influencer Ini Ketahuan Pakai Stock Foto Orang Lain

Travel News145
Duh Malu Banget, Influencer Ini Ketahuan Pakai Stock Foto Orang Lain Ink Drop/Shutterstock

Travel Blog Reservasi – “Instagram dapat membunuhmu!” Ungkapan itu sepertinya kini tengah relevan dan ramai dibicarakan. Ternyata banyak sekali drama yang ada di Instagram. Ada cerita menarik dibalik ribuan followers dan likes termasuk Influencer asal Singapura yang ketahuan menggunakan foto-foto dari situs penyedia foto secara daring.

Daryl Alden Yow bukan hanya dikenal sebagai social media influencer tapi juga dikenal sebagai seorang fotografer di Singapura. Sebagai seorang fotografer seharusnya dia sudah memahami etika menggunakan foto di sosial media, seperti dilansir dari Petapixel (20/6).

Baca Jalan-Jalan ke Bandung dengan Spot Instagramable? Ini Tempatnya!

Namun, demi memberikan konten terbaik dan konten indah di Instagram, dia ternyata membohongi followenya yang sudah tembus hingga 100 ribuan pengikut setia.

Ulah Daryl menggunakan foto-foto dari situs penyedia foto tersebut akhirnya terendus oleh orang lain. Seperti kata pepatah, sebaik-baiknya menyimpan bangkai akhirnya akan tercium juga.

Begitu juga yang terjadi pada Daryl. Beberapa fotonya ternyata mirip dengan beberapa foto yang ada di situs penyedia stock foto. Daryl sepertinya kurang kreatif dan hanya memberikan sedikit retouch dan cropping minimalis sehingga orang awam pun akan dengan sangat mudah mengenalinya tanpa menggunakan software atau tools canggih sekalipun.

Tak ada yang menyangka jika sosok yang pernah diwawancarai salah satu media daring di Singapura tentang bagaimana membuat feed instagram yang menarik ini justru melacurkan dan menghancurkan namanya sendiri dengan aksi tak terpujinya.

Yang menjadi masalah bukan soal dia membeli foto-foto tersebut secara legal, namun karena ketidakjujurannya menggunakan foto orang lain dan membumbuinya dengan caption-caption Instagram yang serba indah. Siapa yang tak terbuai dengan foto-foto ciamik ditambah dengan caption Instagram putis yang bikin iri setimeline?

Dia bahkan pernah sesumbar jika semua foto-fotonya di Instagram tak pernah menggunakan iPhone alias tak pernah mengunggah hasil foto dari kamera iPhone seperti yang juga banyak dilakukan para travel blogger saat traveling.

Dia merasa bahwa dirinya sudah menjadi seorang fotografer ternama sehingga bukan kelasnya lagi membagikan foto-foto dari iPhone. “I’m perfectionist when it comes to my photos” tuturnya seperti dikutip dari Singapore’s Today.

Salah satu situs daring Mothership.sg yang pertama kali mempertanyakan beberapa foto Daryl karena beberapa fotonya dianggap mirip dengan foto fotografer lainnya.

screenshot-mothership.sg
screenshot-mothership.sg

Tak perlu menunggu lama, akhirnya postingan Mothership.sg yang mempertanyakan salah satu selebgram di negeri Singa itu pun akhirnya menjadi viral di sosial media.

Kebanyakan dari foto-foto yang diunggah memang foto-foto travel dengan latar di luar negeri seperti di Santorini, Yunani, Los Angeles, California, hingga Sakura yang sedang mekar di Jepang.

Setelah selama ini ketahuan menggunakan beberapa foto orang lain dan mengunduh dari penyedia foto online, Daryl pun akhirnya mulai menghapus dan melakukan editing pada caption dari beberapa postingannya.

Aksinya bahkan dianggap sangat keterlaluan karena salah satu postingannya merupakan paid post yang menggandeng salah satu merek kamera ternama yang baru saja meluncurkan produk terbarunya secara global.

Daryl berdalih bahwa dia sudah memiliki bukti bahwa ia membelinya secara legal dan dapat menggunakan beberapa fotonya. Sementara untuk foto orang lain yang diposting ulang, ia beralasan sudah berusaha untuk memberikan tag pada pemilik foto aslinya.

Ia juga menambahkan bahwa semua foto yang digunakannya tidak ia jual kembali untuk keuntungan pribadi.

Ringkasnya Daryl banyak mengunggah foto-foto traveling yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Influencer
Instagram Darylaiden

Belakangan Daryl menghapus semua fotonya dan hanya meninggalkan sebuah postingan berwarna gelap yang berisi caption permintaan maaf. Ia juga telah menanggung akibatnya karena salah satu sponsor kamera yang menjadikannya sebagai brand ambassador telah menarik diri dan melepaskan kerja sama dengannya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *