Hindari 5 Makanan ini Saat Travelling - Reservasi Travel Blog

Hindari 5 Makanan ini Saat Travelling

Travel Tips314
Hindari 5 Makanan ini Saat Travelling

Travel Blog Reservasi – Saat travelling, selain pengaturan budget yang baik, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah kesehatanmu! Tentunya kamu tidak mau jika tidak bisa menikmati liburanmu karena harus menahan sakit atau dalam kondisi yang tidak fit. Bukan hanya saat bekerja, saat bersenang-senang pun kesehatanmu harus optimal. Sayangnya, kadang saat travelling kita jarang memperhatikan asupan tubuh dan baru menyesal ketika liburan terganggu karena kondisi tubuh yang tidak oke. Nah, karenanya yuk lebih perhatikan kesehatanmu. Jika kamu sedang travelling, pastikan hindari beberapa makanan di bawah ini, agar tetap nyaman dan bisa menikmati liburanmu.

1. Es Krim

ice-cream

Duhh.. iyah, siapa sih yang bisa menolak godaan manisnya eskrim yang lumer di mulut. Makanan yang satu ini memang tempting banget, apalagi jika cuaca sedang panas. Tapi sebaiknya saat travelling, tahan diri untuk tidak makan eskrim sementara waktu. Menurut Dr. Wilson-Howarth, makanan atau minuman beku seperti es krim saat meleleh dan membeku kembali ternyata menghasilkan banyak bakteria berbahaya. Hal ini juga berlaku sama pada es batu dan produk beku lainnya. Jika kamu memang ingin mengkonsumsi sesuatu yang segar dan manis seperti es krim, pilihan terbaik adalah jus dingin atau sorbet yang mengandung acid, karena pada produk yang mengandung acid, bakteri akan sulit bertahan.

2. Sayuran Mentah

sayuran

Jika pernah berpergian ke daerah Jawa Barat, pasti sudah tidak asing dengan lalapan alisan sayuran mentah yang menjadi padanan sambal dan lauk-pauk. Raw food atau sayuran mentah sebetulnya memang tergolong dalam makanan sehat, tapi hati-hati, karena saat berpergian, kamu tidak tahu kebersihan air yang digunakan untuk membersihkan sayuran. Belum lagi polusi udara di tempat singgahanmu yang bisa mencemari sayuran.
Adanya kemungkinan bahwa airnya ternyata tidak cukup bersih beresiko pada kesehatanmu. Karenanya ketika travelling, sebaiknya memilih menu makanan dengan sayuran yang telah dimasak dan lebih bagus lagi jika masih panas saat dikonsumsi. Paling tidak jika airnya tidak bersih, bakteri telah mati karena suhu panas ketika dimasak.

3. Strawberry

strawberry

Tidak ada yang salah dengan strawberry sebetulnya. Selain strawberry, pada buah-buahan lain yang tidak memiliki kulit seperti anggur dan apel, kamu tidak bisa memastikan kebersihannya. Polusi udara atau bakteri pada air yang digunakan untuk mencuci buah, dapat melekat pada buah yang akan kamu makan. Sehingga akan lebih aman memilih buah yang tertutup kulit seperti pisang dan mangga. Selain itu, pilihlah buah-buahan lokal, karena jarak panen dan waktu makan lebih singkat dibandingkan buah-buahan impor. Kesegaran buah yang kamu makan jadi lebih terjamin, maanfaat buah yang kamu dapatkan pun lebih maksimal.

4. Minuman Bersoda

minuman-bersoda

Saat cuaca panas, minuman bersoda yang ampuh menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh seketika memang sangat menggoda. Tapi tahukah, bahwa jenis minuman ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh mudah berkembang. Ketika travelling, biasanya energi tubuh banyak terkuras, tubuh pun perlu melakukan adaptasi ketika berada di tempat dengan suhu atau cuaca yang berbeda. Karenanya jangan tambah beban tubuhmu dengan konsumsi minuman bersoda yah.

5. Susu

susu

Satu lagi jenis makanan yang perlu kamu hindari saat travelling. Susu sangat mudah sekali didiami bakteri yang bisa menimbulkan disentri, sembelit kronis dan beberapa penyebab alergi lainnya. Jika ingin sekali minum susu, sebaiknya pilih susu yang sudah mengalami pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, dan khamir. Proses ini mampu membunuh jasad-jasad renik yang dapat membahayakan kesehatan.

Meskipun beberapa jenis makanan diatas sebaiknya kamu hindari, namun bukan berarti kamu jadi tidak bisa mencoba makanan khas destinasi liburanmu yang mengandung beberapa makanan di atas. Yang terpenting pastikan makananan dan juga alat makanmu (termasuk tangan, tentu saja) sudah cukup bersih untuk terhindar dari penyakit yang menyebalkan seperti sakit perut atau diare. Makan secara tidak berlebihan juga merupakan cara ampuh menjaga liburanmu tetap nyaman. Terakhir, pastikan kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi yah, karena ketika cairan tubuh berkurang, selain menyebabkan hilangnya konsentrasi, daya tubuhmu juga akan menurun. Selamat liburan!

Penulis:  Ulfa Sekar Langit, @ulfasekar

*Disclaimer, semua isi konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *