Gua Suci, Cahaya Surga dari Tuban yang Bikin Jatuh Hati - Reservasi Travel Blog

Gua Suci, Cahaya Surga dari Tuban yang Bikin Jatuh Hati

Travel Destinations566
Gua Suci, Cahaya Surga dari Tuban yang Bikin Jatuh Hati Gua Suci, Sumber gambar: instagram @bendottetapsemangat

Travel Blog Reservasi  – Tuban yang mendapat julukan kota seribu gua ini memang punya banyak gua yang mempesona. Sebut saja Gua Nyerong yang memiliki keunikan dengan kehadiran ribuan kelelawar yang bergantung di atap gua dan Gua Akbar yang terkenal dengan keindahan  staklatit dan staklamit-nya, serta gua-gua lainnya. Salah satu gua yang tak boleh terlewatkan adalah Gua Suci.

Gua Suci berada di Tuban, tepatnya di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Alasan lokasilah yang membuat gua ini dinamakan Gua Suci.

Gua yang berstruktur batuan kapur ini bukanlah gua alam, melainkan buatan manusia pada masa Kerajaan Majapahit. Hal itu diperkuat dengan pahatan angka tahun di salah satu dinding gua menggunakan angka Jawa kuno yang menyebut tahun 1026.

(Baca juga: Bukit Kapur Rengel Tempat “Ngehits” di Tuban, Jawa Timur)

Keistimewaan yang ada di Gua Suci adalah terdapat warna dinding gua, pahatan-pahatan kuno, serta Ray of Light dari celah atap dan mulut gua yang sangat indah.

Gua ini memiliki kedalaman sekitar 14 meter, dengan atap kerucut dan berlubang dengan dinding gua yang berundak-undak. Halaman sekitar gua juga cukup luas dan menarik untuk diabadikan dalam foto dan di-posting di instagram. Tak hanya bagian luarnya saja yang indah, tapi di bagian dalam gua juga tak boleh ketinggalan.

Lokasi Gua Suci

Secara administratif Gua Suci terletak di Tuban, tepatnya di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Akses Menuju Gua Suci

A photo posted by @bendottetapsemangat on

Jika kamu dari pusat kota Tuban, maka langsung saja ke arah timur menuju kecamatan Palang, jaraknya sekitar 12 km. Selanjutnya sampai timur pasar Ngaglik kecamatan Palang, sebelum tugu perbatasan antar kabupaten Tuban-Lamongan, maka belok kanan kamu akan melewati jalan kampung yang menghubungkan kecamatan Palang dengan kecamatan Widang.

Jarak antara pasar dengan desa Wangun, yang merupakan lokasi Gua Suci sekitar kurang lebih 15 menit. Selanjutnya kamu akan menemui papan petunjuk menuju lokasi Gua Suci, ikuti saja arah penunjuk tersebut.

Apabila kamu dari kecamatan Widang yaitu Pasar Babat. Kamu bisa menuju SPBU Compreng, dari SPBU Compreng kamu bisa ke arah utara. Selanjutnya melewati dua desa yaitu desa Mrutuk dan desa Mlangi. Untuk perjalanan menuju lokasi Gua Suci memakan waktu sekitar setengah jam.

Saat berkunjung ke sini, kamu bisa bertanya dengan warga sekitar karena dari papan penanda “Situs Gua Suci” tak  ada jalan resmi menuju gua, jadi kamu harus melewati halaman rumah penduduk dan jalan setapak persawahan. Tidak ada biaya tiket masuk maupun parkir untuk berkunjung ke Gua Suci.

(Baca juga:Indahnya Air Terjun Sisi Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur)

A photo posted by JUNAEDI (@itsjunaedi) on

**Tips:

  1. Sebaiknya bawa lotion anti nyamuk atau memakai baju lengan panjang.
  2. Hati-hati saat menuruni tangga karena kondisinya sedikit rapuh.
  3. Jika kamu ingin ke Gua Suci, maka sebaiknya di siang hari saat cuaca sedang cerah, karena saat siang hari kamu bisa melihat pancaran sinar matahari dari lorong gua yang memberikan pancaran sinar nan indah. Saat kamu berkunjung ke Gua Suci pada jam 9 pagi, maka kamu bisa melihat pancaran dari samping gua, namun saat jam 12 siang maka pancaran sinar tepat berada di atas gua.

(Baca juga: Glow Worms, Cacing Cantik dari Gua Waitomo Ruakuri, New Zealand)

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *