Daftar Festival Paling Populer di Indonesia yang Cukup Membanggakan - Reservasi Travel Blog

Daftar Festival Paling Populer di Indonesia yang Cukup Membanggakan

Travel Destinations78
Daftar Festival Paling Populer di Indonesia yang Cukup Membanggakan David Evison / shutterstock

Travel Blog Reservasi – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki suku, budaya dan bahasa yang beragam.
Keanekaragaman ini sering pula dijadikan sebagai ajang pergelaran atau festival bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebagai WNI, kita sudah seharusnya bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Baca juga: Dianggap Terlalu Sadis, Larangan Menjual Daging Anjing Saat Festival Yulin Mulai Diberlakukan

Dari sekian banyak festival yang ada di Indonesia, berikut 5 festival paling populer di Indonesia.

1. Festival Lembah Baliem, Papua

Festival ini sudah ada sejak tahun 1989 yang dilaksanakan di Lembah Baliem dekat Pegunungan Jayawijaya. Rangkaian acara festival diisi oleh peperangan antar suku yang ada di Papua. Perang ini sama sekali tidak berbahaya kok, cuma sekedar lambang terima kasih masyarakat Papua terhadap kesuburan dan kesejahteraan.

Festival Lembah Baliem diadakan secara rutin setia tahun yaitu antara Bulan Juni – Agustus. Bagi yang ingin mempelajari kebudayaan Papua bisa ikut bergabung menjadi penonton bersama turis mancanegara.

2. Java Jazz, Jakarta

Java Jazz merupakan festival musik bagi anak kekinian, khususnya anak muda yang tinggal di Jakarta. Festival ini diisi oleh beberapa penyanyi jazz, baik pemula maupun yang sudah profesional. Festival Java Jazz diadakan rutin setiap tahun tepatnya di minggu pertama Bulan Maret.

Bagi yang tahun ini tidak sempat menonton Java Jazz karena sibuk, kamu bisa datang tahun depan. Update terus informasi Java Jazz agar kamu bisa mengatur jadwal dengan baik dan pastinya tidak kehabisan tiket.

3. Festival Rambu Solo, Tana Toraja

Rambu Solo merupakan salah satu upacara kematian yang diadakan di Tana Toraja. Ritual adat ini bertujuan untuk mengantarkan arwah ke dalam roh. Meskipun terdengar sedikit menyeramkan, tetapi ritual ini patut kalian tonton saat liburan ke Toraja.

Puncak Festival Rambu Solo dilaksanakan pada Bulan Juli – Agustus. Pada bulan ini orang-orang Toraja yang tinggal di tanah perantauan akan kembali ke kampung halaman untuk mengikuti sesi ritual. Kembalinya para perantau juga diikuti oleh kedatangan turis yang ingin menyaksikan festival ini.

4. Jember Fashion Carnaval, Jawa Timur

Jember Fashion Carnaval (JFC) pertama kali dirintis oleh pria bernama Dynand Fariz. Dia adalah seorang pendidik sekaligus pencetus utama adanya pelaksanaan karnaval di Indonesia. Acara JFC berlangsung selama 4 hari.  Didalamnya terdapat empat acara inti yaitu festival pakaian adat, anak- anak, pameran dan acara fashion.

Perayaan JFC setiap tahunnya sangat ramai dikunjungi, baik oleh masyarakat setempat, wisatawan luar kota maupun mancanegara. Festival JFC membutuhkan area seluas 3 km setiap tahunnya.

5. Festival Lompat Batu, Nias

Pernah lihat uang pecahan Rp1.000 yang lama? Dalam uang kertas tersebut terdapat gambar seseorang yang sedang melompati batu. Gambar ini merupakan kesenian tradisional masyarakat di Nias sebagai lambang kedewasaan seorang laki-laki.

Kesenian ini terbuka bagi laki-laki usia 10 tahun ke atas. Semakin tinggi lompatannya, maka semakin tinggi tanggung jawabnya. Selain sebagai lambang kedewasaan, lompat batu juga dijadikan sebagai festival yang sayang untuk dilewatkan. Festival ini biasanya dilaksanakan di Desa Bawomataluo, Nias Selatan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *