Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017 - Reservasi Travel Blog

Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

Travel Destinations5K
Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017 Sahat Sibarani / Shutterstock.com

Agustus – Festival Budaya Lembah Baliem, Papua (8 – 10 Agustus 2017)

Festival Lembah Baliem Papua (Ulet Ifansasti/Getty Images)
Festival Lembah Baliem Papua (Ulet Ifansasti/Getty Images)

Bisa dibilang inilah salah satu festival paling eksotis yang ada di Indonesia. Kapan lagi Anda bisa melihat ratusan pria suku asli Papua berperang di depan mata? Lengkap dengan koteka, hiasan kepala, serta lukisan di wajah. Ya, Festival Budaya Lembah Baliem-lah tempatnya.

Selama tiga hari, Anda dapat melihat atraksi perang suku dan budaya penduduk asli wilayah pegunungan tengah Papua yang sudah lama ditinggalkan. Anda akan melihat tombak dan panah beterbangan di udara. Sorak sorai penonton pun akan bergemuruh seiring meningkatnya intensitas perang.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah duduk, menikmati pemandangan ini, dan mengabadikannya dengan kamera Anda. Ada kurang lebih sekitar 40 suku yang berpartisipasi dalam festival ini. Anda dapat melihat Suku Dani, Lani, Yali, dan suku-suku lainnya mengenakan pakaian tradisional mereka yang eksotis.
Festival Budaya Lembah Baliem juga menjadi kesempatan satu-satunya bagi Anda untuk memotret orang-orang suku Dani secara gratis. Suku Dani sudah terkenal akan kebiasaannya meminta uang kepada wisatawan yang memotret mereka. Tapi khusus di festival ini, Anda tak perlu khawatir karena gratis biaya berfoto.

Selain atraksi perang suku, Anda juga dapat melihat berbagai atraksi tari-tarian, karapan anak babi, permainan musik tradisional Pikon dan Witawo, permainan remaja yang disebut Sikoko dan Puradan, peragaan memasak cara tradisional (bakar batu), atraksi pembuatan Noken (tas rajut wanita Papua), dan berbagai pameran hasil kerajinan tangan masyarakat setempat lainnya.

Jangan lupa juga untuk ikut dalam lomba panahan dan lempar tombak (sege) yang diadakan untuk turis. Ada hadiah langsung dan pastinya ini sekaligus akan menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan. Festival Budaya Lembah Baliem tahun 2016 tidak mematok biaya tiket alias gratis. Bisa jadi, tahun depan (2017) kebijakan yang sama akan kembali diterapkan.

Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin menyaksikan festival ini. Hal yang perlu disiapkan hanyalah budget untuk tiket pesawat dan penginapan. Untuk menuju Lembah Baliem, Anda dapat menggunakan berbagai maskapai penerbangan dari Jakarta, Makassar atau Bali menuju Jayapura.

Setibanya di bandara Sentani, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan pesawat kecil ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Jika ingin lihat harga dan pesan tiket pesawat ke Jayapura, langsung saja cek Reservasi.com.
(*) : tanggal perkiraan berdasarkan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

9 thoughts on “Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

  1. festival takabonerate sulsel min, 25-29 oktober 2017. disubsidi sama pemda setempat. (atol ke 3 terbesar di dunia.)

    1. silakan inbox informasinya ke sosial media kami di facebook. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *