Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017 - Reservasi Travel Blog

Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

Travel Destinations5K
Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017 Sahat Sibarani / Shutterstock.com

Juli – Upacara Adat Tengger “Yadnya Kasada”, Gunung Bromo (9 – 10 Juli 2017)

Kasada (malang.merdeka.com)
Kasada (malang.merdeka.com)

Yadnya Kasada atau Kesodo merupakan salah satu ritual tahunan terbesar suku asli Tengger di Bromo. Setiap tahunnya, pada hari ke-14 bulan Kasada, umat Hindu Tengger akan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, hewan ternak, hingga uang dijadikan persembahan kepada Sang Hyang Widhi. Semuanya itu merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih atas kesejahteraan yang dianggap telah diberikan Gunung Bromo sepanjang tahun kepada masyarakat sekitar.

Asal muasal ritual Yadnya Kasada adalah legenda Roro Anteng dan Joko Seger yang tidak kunjung dikaruniai anak meski sudah bertahun-tahun menikah. Setelah bertapa sekian lama di puncak Gunung Bromo, akhirnya permohonan mereka dikabulkan oleh Sang Hyang Widhi.
Pasangan Roro Anteng dan Joko Seger dikaruniai 24 anak sekaligus. Namun, semua itu memiliki syarat yaitu anak mereka yang ke-25 harus dilempar ke kawah Gunung Bromo sebagai persembahan. Roro Anteng dan Joko Seger tidak memenuhi syarat tersebut sehingga membuat Sang Hyang Widhi marah.

Langit pun menjadi gelap dan kawah Gunung Bromo pun mengeluarkan api. Oleh karena itu, agar kehidupan di Bromo kembali aman dan sejahtera, mereka harus memberi sesaji setiap hari ke-14 bulan Kasada. Ritual ini pun terus dilakukan turun temurun sebagai wujud janji umat Hindu Tengger terhadap Gunung Bromo.

Ritual Yadnya Kasada terbuka untuk umum dan biasa dilakukan setelah matahari terbit. Sebelumnya, masyarakat Tengger akan sembahyang terlebih dahulu di Pura Luhur Poten yang berada di lautan pasir kaki Gunung Bromo. Upacara ini berlangsung pada dini hari. Setelah itu, barulah masyarakat mendaki Gunung Bromo untuk melempar sesajinya.

Dengan mengikuti upacara Yadnya Kasada, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keunikan tradisi suku Tengger tapi juga bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dari Gunung Bromo. Namun yang paling penting, siapkan kondisi fisik karena Anda harus mendaki ke puncak Gunung Bromo yang berada di ketinggian 2.329 mdpl dan sekaligus berhadapan dengan suhu 5 – 10 derajat Celcius.

Untuk tahun depan, diperkirakan Yadnya Kasada akan jatuh pada tanggal 9 – 10 Juli 2017. Anda sudah bisa merencanakan perjalanan ke Gunung Bromo dari sekarang. Coba saja lihat-lihat dulu harga tiket pesawat ke Surabaya atau Malang yang ada di Reservasi.com. Untuk penginapan, Anda bisa bermalam di sekitar Gunung Bromo maupun di Kota Malang. Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

9 thoughts on “Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

  1. festival takabonerate sulsel min, 25-29 oktober 2017. disubsidi sama pemda setempat. (atol ke 3 terbesar di dunia.)

    1. silakan inbox informasinya ke sosial media kami di facebook. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *