Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017 - Reservasi Travel Blog

Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

Travel Destinations5K
Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017 Sahat Sibarani / Shutterstock.com

November – Festival Mahakam (1 – 5 November 2017)

Festival Mahakam (youtube.com)
Festival Mahakam (youtube.com)

Festival Mahakam adalah festival tahunan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda pada bulan November. Tujuan diadakannya festival ini antara lain adalah untuk memperkenalkan pariwisata dan budaya Kota Samarinda dan juga Kalimantan Timur sekaligus untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Ada sekitar kurang lebih 30 jenis kegiatan yang disuguhkan dalam festival ini. Misalnya saja, kegiatan yang diadakan di perairan Sungai Mahakam yaitu di antaranya adalah lomba menyeberangi sungai, perahu ces, lomba jet ski, flying board, balap perahu klotok, dan balap power boating. Sementara itu, di sepanjang tepi Sungai Mahakam digelar juga beragam kegiatan yang berkaitan dengan musik dan kearifan lokal masyarakat setempat seperti festival band, lomba kirab drumband, pentas musik dangdut, pawai budaya, pameran UKM, pameran batu mulia, dan lomba kuliner.

Suguhan menarik nan istimewa juga ditawarkan dalam festival ini yaitu Mahakam Sampe Music Festival yang menampilkan performa berbagai macam aliran musik dengan menggunakan alat musik tradisional Suku Dayak yang bernama Sampe atau Sape. Musisi-musisi yang terlibat dalam festival musik ini berasal dari wilayah Kalimantan. Selain musik, Anda juga bisa menikmati kegiatan lainnya seperti lomba tari kreasi daerah pedalaman, Parade Seribu Penari Hudoq yaitu tari tradisional Suku Dayak, Seni Budaya Tajong Samarinda, Mahakam Sunset Gowes, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Desember – Festival Kora-kora (9 – 10 Desember)

Festival Kora Kora Ternate Maluku Utara (bayuwinata.wordpress.com)
Festival Kora Kora Ternate Maluku Utara (bayuwinata.wordpress.com)

Ternate, Maluku Utara, tak pernah ketinggalan dengan ajang festival tahunan daerahnya, yaitu salah satunya adalah Festival Kora-kora yang rutin diadakan setiap awal hingga pertengahan Desember untuk memperingati hari jadi Kota Ternate.

Festival Kora-kora menampilkan beraneka ragam kebudayaan Maluku Utara mulai dari keseniannya yaitu seni tari, musik, hingga sajian kuliner. Festival ini juga diisi dengan berbagai aktivitas bahari atau aktivitas yang berkaitan dengan kelautan. Ada lomba perahu tradisional Kora-kora yang menjadi daya tarik pengunjung wisatawan, lomba memancing, lomba foto bawah laut, lomba dayung perahu Kora-kora, hingga lomba pawai perahu hias.

Kora-kora sendiri adalah jenis perahu tradisional besar bertiang tiga yang digerakkan dengan menggunakan dayung dan layar. Kapasitas perahu ini bisa memuat sekitar 40 hingga 100 orang termasuk para pendayungnya. Nama “Kora-kora” itu sendiri diambil dari bahasa Spanyol yaitu kata “Carraca”. Konon, pada masa pemerintahan Sultan Babullah, sekitar tahun 1570, perahu Kora-kora menjadi kendaraan armada perang dalam melawan Portugis yang sekaligus juga untuk memperluas wilayah kekuasaan Ternate. Kini, perahu Kora-kora digunakan secara simbolik untuk mengenang masa kejayaan Ternate di waktu lampau. Festival ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebaharian kepada generasi muda, khususnya generasi muda masyarakat Ternate.

Festival ini berpusat di Pantai Ternate yang memang memiliki kekayaan bahari, ekologi, sejarah, hingga keragaman kuliner. Di sini, para wisatawan juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata di Ternate lainnya seperti benteng peninggalan masa kolonial, Danau Tolire, dan Pantai Sulamadaha yang menawarkan keindahan terumbu karang dan biota laut.

Catat Kalender Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

Kalender Festival Budaya 2017 Reservasi.com

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

9 thoughts on “Catat 12 Festival Budaya di Indonesia Tahun 2017

  1. festival takabonerate sulsel min, 25-29 oktober 2017. disubsidi sama pemda setempat. (atol ke 3 terbesar di dunia.)

    1. silakan inbox informasinya ke sosial media kami di facebook. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *