10 Fakta LRT Palembang untuk Sambut Asian Games 2018 - Reservasi Travel Blog

10 Fakta LRT Palembang untuk Sambut Asian Games 2018

Travel News213
10 Fakta LRT Palembang untuk Sambut Asian Games 2018 Foto Kemenhub

Travel Blog Reservasi – Light Rail Transit atau LRT Palembang yang sedianya dibangun untuk menyambut acara Asian Games 2018 sudah siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada pertengahan Juli 2018 mendatang.

Buat kamu yang belum pernah ke luar negeri untuk mencoba LRT maupun MRT, rasanya gak bakal rugi lho untuk mencobanya saat sudah diluncurkan nanti. Apalagi banyak tempat wisata menarik di Palembang yang bisa kamu kunjungi seperti dihimpun oleh Reservasi.com (28/6)

Baca

1. LRT Palembang ini memiliki panjang lintasan sekitar 23,4 km yang menyambungkan Depo Jakabaring hingga stasiun Palembang Icon. Nantinya LRT akan melintasi total sekitar 13 stasiun dan memiliki 1 depo.

2. LRT Palembang didesain menggunakan konstruksi jalur layang atau yang disebut dengan elevated track dengan lebar 1067 mm yang dilengkapi dengan third rail sebagai power supply.

3. LRT Palembang menggunakan tenaga listrik yang diperkirakan akan menelan biaya sekitar 9 miliar per bulannya. LRT Palembang disupport oleh 9 gardu listrik. Tenaga listrik dipilih karena dianggap lebih efisien, lebih mudah dalam perawatan dan juga lebih ramah lingkungan.

4. Proyek ini Untuk 2 tahun pertama akan mendapatkan subsidi dari pemerintah supaya masyarakat bisa beralih dari kendaraan pribadi ke LRT Palembang.

5. Dengan beroperasinya LRT Palembang, diperkirakan akan terjadi perpindahan pengguna jalan sekitar 50 persen.

6. Hadirnya LRT Palembang ini dapat memangkas waktu serta jarak tempuh perjalanan dari bandara sampai dengan Jakabaring Sport Center. Normalnya jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam sampai dengan 2 jam, tetapi dengan menggunakan LRT ini jarak tersebut bisa dipangkas hingga menjadi 30 sampai 40 menit perjalanan saja.

7. Hingga artikel ini ditulis pembangunannya sudah mencapai 95 persen, LRT Palembang direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 15 Juli 2018 sekaligus dioperasikan untuk menyambut peralatan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di dua kota, Jakarta dan Palembang.

tempat wisata di Palembang
shutterstock

8. Dengan Pembangunan selesainya pembangunan LRT Palembang, akan menjadi salah satu ikon di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia sebagai LRT pertama di tanah air.

9. Pembangunan LRT Palembang dimulai sejak Oktober 2016 dan dapat diselesaikan pada Juli 2018 dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

10. Proyek LRT Palembang semula diperkirakan memakan biaya sekitar Rp 12 triliun. tetapi, setelah dilakukan beberapa tinjauan ulang, biaya pembangunannya dapat ditekan menjadi Rp 10,9 triliun rupiah.

Beberapa fakta tentang LRT Palembang yang akan menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan pada peralatan Asian Games 2018. Selain warga Palembang, warga Jakarta pun kini tengah menunggu diluncurkannya LRT dan MRT yang rencananya juga akan digunakan untuk mengurangi kemacetan pada tahun 2019.

Kedua moda transportasi ini sudah menjadi tulang punggung transportasi umum di beberapa negara tetangga seperti di Singapura, Malaysia dan Thailand. Pembangunan infrastruktur ini diharapkan bisa mengurai kemacetan dan membuat warga beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang lebih nyaman dan lebih murah jika dibandingkan dengan ongkos kendaraan pribadi.

Selain itu juga dengan selesainya LRT Palembang akan menjadi salah satu moda transportasi contoh bagi daerah lainnya sehingga bisa dirasakan perbedaan antara kota yang memiliki LRT dan juga belum memiliki LRT. LRT tidak bisa dimungkiri akan menjadi moda transportasi masa depan yang dibutuhkan untuk menjadi salah satu solusi kemacetan di kota-kota metropolitan seperti Jakarta dan kota besar seperti Palembang.

Sumber:Liputan6.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *