3 Event dan Festival Keren Khusus November 2016 - Reservasi Travel Blog

3 Event dan Festival Keren Khusus November 2016

Travel News224
3 Event dan Festival Keren Khusus November 2016

Travel Blog Reservasi – Catat tanggal kamu untuk datang ke event, festival keren yang ada di bulan November ini, karena event dan festival ini hanya datang sekali dan khusus di bulan November:

Festival Pesona Gili Indah

Tinggal menghitung beberapa hari lagi untuk merayakan Festival Pesona Gili Indah 2016. Festival Pesona Gili Indah ini akan digelar di tiga Gili Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air pada tanggal 5 – 7 November 2016.

Hal istimewa dalam perayaan Festival Pesona Gili Indah tahun 2016 ini adalah bertaburnya 1.000 bunga flamboyan.

Dalam festival seni budaya ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pemerintah Kabupaten Lombok meminta penduduk dan pengunjung untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan di tiga kawan Gili itu.

Sejumlah kegiatan menarik sudah disiapkan untuk memeriahkan Festival Pesona Gili 2016, beberapa di antaranya ialah penanaman 1.000 bibit pohon bunga flamboyan, pelepasan anak penyu ke lepas pantai dan lomba lari Gili Coast Trail Color Run 10 K, traditional performance, penayangan film dokumenter, sail pass, dan konser reggae on the beach yang menjadi ajang pemanasan sebelum Lombok Marathon 2016.

Tak hanya tersedia berbagai acara yang mengagumkan. Di festival ini kamu juga akan menampilkan ritual budaya warga Lombok Utara yang disebut menyia atau menggarami. Ritual ini mengisahkan tentang kearifan lokal warga Lombok Utara ketika mengetahui manfaat garam di Danau Gili Meno.

Menurut Kepada Dinas Pariwisata NTB yang dikutip dari tempo.co, penanaman bibit pohon akan disebar di tiga Gili, yang akan melibatkan seluruh orang di sana.

Festival Pesona Gili Indah sebelumnya bernama Gili Begawe. Pesta tahunan warga pesisir Lombok Utara kali ini dijamin lebih berwarna dan lebih terkonsep. Selain akan digelar bersih-bersih pantai, gawe bareng ini akan diwarnai mural fiesta. Bukan itu saja, perhelatan tersebut juga akan dimeriahkan kehadiran ratusan atlet 10 kilometer pada Gili Coast Trail Color Run 10 KM.

Festival Pesona Gili Indah ini akan digelar di tiga Gili Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air pada tanggal 5 – 7 November 2016.

(Baca juga: 5 Event Besar Menarik di Indonesia Ini Wajib Kamu Datangi)

Banten Beach Festival 2016

Setelah sukses di tahun 2015, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten kembali menggelar acara tahunan Banten Beach Festival 2016 pada 25-27 November.

Tahun ini festival tersebut akan diselenggarakan di Pantai Wirton, Karang Suraga, Cinangka, Banten.

(Baca juga: Menyelami Kehidupan Suku Baduy di Festival Baduy 2016)

A photo posted by BANTEN (@explorebanten) on

Pantai Wirton terpilih menjadi lokasi Banten Beach Festival 2016 karena memiliki garis pantai yang luas dan menyajikan pemandangan Selat Sunda yang indah. Ombak di pantai ini juga tergolong ideal dan tidak berbahaya.

Di seberang Pantai Wirton, kamu bisa lihat indahnya Gunung Krakatau. Pantai Wirton merupakan destinasi yang unik karena memiliki pemandangan Karang Bolong. Pantai Wirton dikenal sebagai arena wisata keluarga. Selain karena pemandangannya yang indah, pantai ini memiliki pasir halus dan aman untuk dijadikan tempat bermain anak-anak.

Banten Beach Festival 2016 pada 25-27 November. Festival ini akan diselenggarakan di Pantai Wirton, Karang Suraga, Cinangka, Banten.

Jogja International Heritage Walk

Jogja International Heritage Walk tahun ini akan digelar tanggal 19 hingga 20 November 2016. Tahun ini sudah jadi kegiatan ke delapan berlangsungnya Jogja International Heritage Walk.

Jogja International Heritage merupakan event tahunan berskala Internasional yang diadakan oleh Jogja Walking Association yang mendukung penuh kegiatan berjalan kaki.

Jogja Walking Association akan membawa nuansa baru dengan motto : “Walk for Green and Community.”

Selama kegiatan berlangsung peserta diharapkan dapat menikmati keindahan dan keeksotisan pemandangan serta berinteraksi langsung dengan penduduk lokal.

Melalui kegiatan ini, Jogja Walking Association mengundang seluruh orang di seluruh dunia untuk datang dan mengikuti kegiatan berjalan kaki bersama sekaligus dapat berinteraksi dengan berdiskusi atau sharing tentang budaya asal mereka yang akan memberikan suasana nyaman dan menyenangkan dengan motto andalan “Let’s Walk Together”.

(Baca juga: 10 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Jogja)

Kegiatan tahunan ini  akan berlangsung di dua tempat yang berbeda, yakni Candi Prambanan dan Desa Heritage Imogiri.

Di hari pertama, kamu akan diajak berkeliling Candi Prambanan sambil menikmati pemandangan dan merasakan keramahan warga lokal.

Informasi sedikit tentang Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dengan keunikannya yaitu arca dan patung. Selain itu, pada tahun 1991 Candi Prambanan dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Di hari kedua, kamu akan diajak berjalan mengelilingi Desa Imogiri. Kamu dapat menemukan keunikan dari penduduknya yang masih menjaga budaya tradisional.

Peserta juga dapat berinteraksi langsung dengan kegiatan sehari-hari mereka seperti bertani di sawah atau mengajar di sekolah.

Jogja International Heritage Walk tahun ini akan digelar tanggal 19 hingga 20 November 2016. Kegiatan tahunan ini  akan berlangsung di dua tempat yang berbeda, yakni Candi Prambanan dan Desa Heritage Imogiri.

Jadi, event dan festival mana yang ingin kamu datangi?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *