Wow, Hong Kong Punya Eskalator Terpanjang di Dunia, Lho!

Eskalator Sepanjang 800 Meter Berada di Hong Kong

Travel News755
Eskalator Sepanjang 800 Meter Berada di Hong Kong

Travel Blog Reservasi – Kamu pasti sudah tidak asing kalau mendenger eskalator. Tangga berjalan ini selalu memudahkan kita untuk naik ke tempat yang lebih tinggi. Tapi tahukah kamu? kalau ternyata di Hong Kong ada eskalator yang luar biasa, tentunya akan sangat berbeda dengan eskalator yang sering kita lihat dan gunakan sebelumnya.

Hong Kong memiliki eskalator terpanjang di Dunia lho! Hong Kong adalah pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki eskalator outdoor sepanjang 800 meter!

Baca juga Begini wujud jembatan kaca terpanjang di dunia

Picture by: vistanature.com
Picture by: vistanature.com

Eskalator outdoor terpanjang di dunia ini bernama Central-Mid-Levels-Escalator. Eskalator yang menghubungkan antara Central District dan Western District, ini keduanya terletak di kota Hong Kong. Tingginya yang mencapai 135 meter sudah dihitung mulai dari bawah sampai atas.

Eskalator yang dibangun pada tahun 1993, sengaja dibuat agar lebih memudahkan mobilitas untuk para warga setempat dan para wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong. Tidak hanya itu saja nih, tetapi eskalator ini juga sudah menjadi pusat perhatian banyak wisatawan karena wujudnya yang sangat berbeda dan panjangnya yang tidak lumrah.

Picture by: evanchakroff.com
Picture by: evanchakroff.com

Central-Mid-Levels Escalator yang terbagi menjadi 20 eskalator dan 3 moving walkway, sudah terhubung satu sama lain. Sepanjang jalurnya, eskalator ini memiliki 14 pintu masuk dan keluar yang bisa dipakai wisatawan. Saking panjangnya eskalator ini, butuh waktu 20 menit untuk para traveler menuntaskan eskalator dari bawah sampai bagian paling atasnya.

Pintu masuk eskalator yang paling bawah terletak di 100 Queen’s Road Central. Pada setiap harinya, eskalator ini dipakai sekitar 6.000 pengguna. Eskalator ini juga sangat berguna untuk para turis yang berdatangan ke Hong Kong, karena menghubungkan Central District yang penuh tempat wisata dengan Western District yang mempunyai atmosfer lebih tenang, dan memudahkan para wisatawan jika berada di Hong Kong.

Picture by:runaway.juno
Picture by:runaway.juno

Eskalator ini berakhir di Conduit Road, bagian paling atas yang masuk dalam Western District. Ternyata eskalator ini tidak hanya satu arah, melainkan memiliki dua arah yang berbeda, yang menuju dari atas dan sampai kebawah.

Pada pukul 06.00-10.00 waktu setempat, setiap harinya eskalator ini akan bergerak turun pada saat warga setempat bergegas untuk ke kantor mereka di wilayah Central. Sebaliknya, mulai pukul 10.15 waktu setempat, eskalator akan bergerak naik ke arah berlawanan sampai tengah malam. Jadi memudahkan para penduduk setempat dalam melakukan aktivitasnya, Lho! Seru ya?

sumber: tripadvisor

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

One thought on “Eskalator Sepanjang 800 Meter Berada di Hong Kong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *